Cari Laptop Baru? Ini 10 Laptop Terbaik ASUS 2017, Harga Mulai 3 Jutaan

10 Laptop ASUS Terbaik 2017 Versi Planetyar.com - Awal tahun selalu menjadi momentum yang baik untuk memetakan resolusi yang ingin kita capai setahun ke depan. Apapun yang ingin kamu capai tahun ini - selama itu baik, saya turut mendoakan resolusi itu tercapai, satu demi satu.

Jika salah satu keinginan kamu di tahun 2018 ini adalah untuk memiliki laptop baru, maka cara yang paling baik untuk mencari adalah melihat jajaran laptop terbaik di tahun 2017.

KENAPA ASUS
ASUS adalah Brand Notebook No. 1 di Indonesia berdasarkan data dari IDC. Gelar ini sebenarnya sudah cukup untuk menjawab pertanyaan, "Kenapa ASUS"? Tapi agar kamu lebih yakin lagi, ini adalah dua alasan yang paling umum saya merekomendasikan laptop ASUS:

1. Garansi Dua Tahun Global - Sparepart dan Servis
Banyak yang tidak sadar bahwa saat kita membeli laptop, yang kita bayar bukan cuma harga barang tetapi juga layanan garansinya. Saya merekomendasikan ASUS karena hanya ASUS yang berani menawarkan layanan GARANSI DUA TAHUN GLOBAL untuk perangkat notebooknya. Bukan cuma biaya servis yang ditanggung ya, tetapi juga sparepart-nya selama dua tahun*.

*masa garansi ASUS:
Notebook: 2 tahun global (baterai dan adaptor bergaransi 1 tahun)
Eee PC: 1 tahun garansi global (adaptor bergaransi 1 tahun, baterai bergaransi 6 bulan)
selengkapnya tentang garansi dan service center ASUS bisa kalian baca di sini.
 
2. Sekarang dengan Windows 10 Original Pre-Installed
Per 23 November 2017, semua laptop ASUS yang dilepas ke pasaran sudah ter-install Sistem Operasi Windows 10. Tentunya ini adalah kabar baik karena begitu beli laptop, kita sudah bisa langsung menggunakannya tanpa harus repot menginstall Sistem Operasi terlebih dahulu. Dan lagi, Windows 10 yang terinstall ini adalah original yang akan terus mendapat update dari segi keamanan dan fitur-fitur baru secara berkala.
***
Sebelum kita mulai, saya ingin clear-kan satu hal dulu. Pemilihan 10 Laptop ini adalah perbandingan antara kegunaan, spesifikasi, dan harga/bukan hasil review. Ada satu dua yang pernah saya pegang tapi sisanya adalah murni perbandingan antara ketiga aspek tersebut.

KATEGORI STARTER


Laptop yang terbaik tidak harus mahal. Meskipun laptop yang ingin kamu beli itu harganya cuma 3 jutaan, tapi sudah mampu memenuhi kebutuhanmu - maka itulah laptop yang terbaik.

Kategori Starter ini berisikan laptop di rentang harga 3 jutaan untuk memenuhi kebutuhan dasar dalam berkomputer. Cocok untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti menyimpan file, mengetik, browsing internet, Facebook-an, mendengar musik, dan menonton film.

Kelebihan pada kategori starter laptop adalah harganya yang lebih murah. Kekurangannya tentu saja keterbatasan dalam menjalankan aplikasi.

#1 ASUS EeeBook E203NAH - Teman yang Easy Going


ASUS EeeBook E203NAH ini adalah jodoh bagi mereka yang ingin perangkat laptop yang tidak muluk-muluk. Performanya sendiri cukup seperti yang diharapkan dari kelasnya. Nyaman untuk mengetik terutama bagi kaum hawa yang jarinya lebih mungil. Layarnya fleksible mendukung sudut pandang yang luas membuatnya cukup nyaman digunakan di manapun. Untuk menyimpan tugas, pekerjaan, dan koleksi film, laptop ini memiliki ruang penyimpanan yang cukup lega: 500GB.

Spesifikasi Utama
CPU: Intel® Celeron® N3350
RAM: 2GB
Graphics: Intel HD
Display: 11,6" Back-Lit (1366x768px)
Storage: 500GB HDD

Kelebihan
  • Murah
  • Ringan
  • Sudah menggunakan interface USB 3.0
  • Dilengkapi interface USB 3.1 Type C yang masih jarang ditemukan pada laptop lain
  • Kapasitas hardisk cukup besar
  • Baterai irit

Kekurangan
Performa dan multitasking terbatas

Harga
Rp. 3.299.000,-

#2 ASUS MAX X441NA (Versi RAM 4GB) - Laptop 14" 3 Juta-an


Laptop murah kita yang kedua bernama ASUS X441NA. Sekilas spesifikasinya mirip dengan E203NAH, tapi memiliki performa yang lebih baik karena memiliki RAM sebesar 4GB. Keunggulan utamanya adalah mampu menghasilkan dentuman suara yang mantap sehingga sangat cocok untuk penikmat musik. Layar 14" beresolusi HD juga menjadikannya laptop yang cukup nyaman untuk menjalankan aktivitas komputer. Ditambah kualitas audio yang bagus, laptop murah ini adalah salah satu yang terbaik di rentang harga 3 jutaan. 

Spesifikasi Utama
CPU: Intel® Celeron® N3350
RAM: 4GB
Graphics: Intel HD
Display: 14" (1366x768px)
Storage: 500GB HDD

Kelebihan 
  • Kualitas audio bagus dan volume suara keras
  • Multitasking lebih baik dengan 4GB RAM
  • Murah
  • Sudah menggunakan interface USB 3.0
  • Dilengkapi interface USB 3.1 Type C yang masih jarang ditemukan pada laptop lain
  • Baterai irit
Kekurangan
Performa terbatas

Harga
Rp. 3.999.000,-


Ini adalah kategori laptop yang umumnya cocok untuk keperluan sehari-hari. Laptop pada kategori ini memiliki harga berkisar 4 - 6 jutaan rupiah dan memiliki spesifikasi yang cukup handal untuk mengerjakan aktifitas seperti bekerja, menikmati berbagai konten hiburan, hingga bermain game ringan. Sering pula disebut varian laptop value.

#3 ASUS X454YA - Murah Tapi Bertenaga


Personally, ini adalah salah satu keluaran ASUS yang paling menarik. Harganya murah, berada di bawah 4,5 juta rupiah namun memiliki performa yang tidak bisa dianggap remeh. Pasalnya laptop ini sudah menggunakan prosesor empat inti dari AMD A8 - 7410 yang mampu bekerja hingga kecepatan 2.2Ghz.

Kerennya lagi, laptop murah ini juga dibekali dengan GPU Radeon dari kelas R5 plus kapasitas RAM yang cukup besar (4GB) yang menjadikan laptop ini sebagai pilihan paling tepat untuk mengerjakan aktivitas sehari-hari dengan lancar bahkan mampu memainkan video game ringan yang tidak terlalu menuntut spesifikasi tinggi.

Spesifikasi Utama
CPU: AMD Quad Core A8-7410 2.2GHz
RAM: 4GB DDR3
Graphics: Radeon R5
Display: 14" (1366x768px)
Storage: 500GB HDD

Kelebihan 
  • Murah
  • Hardware yang baik untuk kelas harganya
Kekurangan
Desain dan warna agak membosankan

Harga
Rp. 4.499.000,-

#4 ASUS VIVOBOOK MAX X441UA - Suara Jernih Mengisi Udara


Naahh kalau yang ini saya tidak ragu untuk bilang bagus karena saya sendiri yang merekomendasikannya ke Maya, teman sekelas di kampus. Kebetulan doski suka Korea-Korea-an dan cukup addict sama film. Maka, saya memilihkan laptop dari seri VivoBook MAX yang punya audio paling mantap.

VivoBook Max Series laptops dilengkapi dengan speaker 3W dengan ruang suara sebesar 24cc dan jalur transmisi suara yang istimewa untuk memberikan suara yang kaya, dan vokal dan serta yang dalam. Tidak sekedar nyaring.

Salah satu speaker laptop yang terbaik dan ternyaring yang pernah saya dengar

Saya juga pernah meminjamnya untuk menulis satu artikel di blog ini, keyboard nyaman digunakan padahal tulisan saya hari itu cukup panjang.

Spesifikasi Utama
CPU: Intel® Core® i3-6100U
RAM: 4GB DDR4
Graphics: Intel HD
Display: 14" (1366x768px)
Storage: 1TB

Kelebihan 
  • Kualitas audio yang sangat baik
  • Keyboard yang nyaman digunakan
  • Storage yang cukup besar
Kekurangan
Terbilang mahal di kelasnya karena belum dilengkapi dengan Dedicated Graphic Card

Harga
Sekitar Rp. 5.400.000,-

#5 ASUS X555BP - Terjangkau Memukau



Di penghujung tahun 2017, ASUS dan AMD memberikan kejutan bagi mereka yang menginginkan perangkat laptop dengan spesifikasi bagus yang dapat dimahar dengan biaya yang tidak terlalu besar. X555BP adalah perangkat yang sangat baik karena dibekali prosesor AMD APU A9-9620 Dual Core dan kartu grafis Radeon R5 M420. Layar yang diusungnya juga besar, 15,6". Meskipun resolusi yang dimilikinya belum mencapai Full HD, seri pertama dari Laptop untuk Semua ini menjanjikan pengalaman visual dan komputasi yang cukup memuaskan.

Spesifikasi Utama
CPU: AMD A9 9420 Duad Core APU
RAM: 4GB DDR3
Graphics: Radeon R5 M420
Display: 15,6" (1366x768px)
Storage: 1TB

Kelebihan 
  • Prosesor dan kartu grafis yang bagus di harga lima jutaan
  • Layar besar
Kekurangan
Meskipun layarnya besar, sayang sekali resolusi masih HD (dimaklumi di rentang harga segitu).

Harga
Rp. 5.599.000,-


Kategori berikutnya adalah laptop gaming da multimedia. Kategori gaming dan multimedia ini digabung karena dua tujuan ini pada dasarnya memiliki kebutuhan yang sama akan spesifikasi minimum.

#6 ASUS X555QG - Penantang Baru


Gaming adalah salah satu aktivitas berkomputer yang cukup demanding. Maka diperukan jeroan terbaik untuk menjalankan game-game terbaru pula. Oleh karena itu, laptop gaming menjadi mahal harganya. Nah di sini ASUS X555QG hadir dengan membawa spesifikasi yang cukup baik namun dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau. Berbekal prosesor generasi 7 AMD APU A12-9720P (2M cache up to 3,6GHz) dan kartu grafis dari seri premium AMD Radeon™ Radeon R8 M435 DX, laptop ini menawarkan pengalaman gaming yang lancar dengan visual yang memukau.

Spesifikasi Utama
CPU: 7th Gen AMD® APU A12-9720P (2M cache up to 3,6GHz) AMD A10-9620P (2M cache up to 3,4GHz)
RAM: 8GB DDR4 up to 16GB (dual channel)
Graphics: AMD Radeon™ Radeon R8 M435 DX/Radeon R7 + R5 430 Graphics
Display: 15,6"
Storage: 1TB

Kelebihan 
  • Terdapat dua seri yang dapat dipilih sesuai dengan budget
  • Layar besar beresolusi Full HD
Kekurangan
Feel laptop gaming tidak terlalu terasa dari luar karena desain yang biasa saja

Harga
Rp8.199.000/7.649.000

#7 ASUS X550IK - Pelopor Laptop Entry Gaming Terbaik


Baca: ASUS X550IK - Laptop Gaming Untuk Semua
Laptop gaming ASUS terbaik tentu saja ada di jajaran Republic of Gamers. Sayangnya, tidak semua gamer memiliki budget lebih. ASUS X550IK ini hadie sebagai alternatif karena memiliki hardware dengan spesifikasi yang mumpuni namun dibanderol dengan harga yang tidak menyentuh belasan juta. Menggunakan prosesor dari seri terbaik yakni seri FX dan GPU yang sudah diupgrade, laptop ber-display 15,6" ini siap jadi tungganganmu di arena.

Spesifikasi Utama
CPU: 7th Gen AMD APU FX-9830P, clock speed 3.0GHz – 3.7GHz
RAM: 8GB DDR4 2133MHz up to 16GB (Dual Channel Support)
Graphics: AMD Radeon RX 560 (Polaris 21) Graphics with 4GB GDDR5
Display: 15,6" Full HD
Storage: 1TB

Kelebihan 
  • Prosesor dan kartu grafis yang sangat mumpuni
  • Cukup terjangkau dibandingkan dengan teman sekelasnya
Kekurangan
-

Harga
Rp 10.299.000,-

#8 ASUS ZenBook UX410UQ - Ultrabook dengan Grafis Terbaik


ZenBook adalah bahasa lain kesempurnaan.

Dari luar ia nampak terlihat sangat elegan, berkilau, premium, tipis, membalut hardware yang siap berkarya kapan saja dan di mana saja. Yap: berkarya. Dengan reproduksi warna yang akurat dan spesifikasi yang sangat tinggi, proses melahirkan karya akan menjadi lebih cepat dan lebih produktif.

Spesifikasi Utama
CPU: Intel® Core® i7-7500U
RAM: 8GB DDR4
Graphics: Discrete Graphics GT940MX - 2GB
Display: 14" Full HD dengan chasis 13"
Storage: 1TB HDD + 128 SSD

Kelebihan 
  • Baca aja lagi spesifikasinya ihik semuanya lebih
Kekurangan
-

Harga
Rp 15.799.000,-

#9 ZenBook 3 Deluxe UX490 - di atas Kesempurnaan


Rasanya masih sulit percaya bahwa ASUS sudah sampai tahap menciptakan perangkat dengan dimensi seramping 12,9 mm dan bobot hanya 1,1. Powerful dengan komponen termutakhir yang dibungkus dengan desain yang sangat-sangat elegan dan kesempurnaan di tiap komponennya. ZenBook 3 Deluxe menjadi perangkat paling tipis dibandingkan seluruh kompetitornya.

Kebayang ya bawa ZenBook 3 ini ke coffee shop pasti status sosial kita akan meningkat tajam hahahaha.

Spesifikasi Utama
CPU: Intel® Core™ i7 8550U (1.8GHz with Turbo Boost up to 4GHz, 8MB cache)
RAM: 16GB DDR3L 2133MHz SDRAM
Graphics: Intel® HD Graphics 620 (300MHz up to 1.1GHz frequency)
Display: 14” LED-backlit Full HD (1920 by 1080)
Storage: 512GB PCIe *4 M.2 SSD

Kelebihan 
  • Setiap sudut ZenBook 3 Deluxe UX490 ini adalah kelebihan
Kekurangan
-

Harga
Rp 15.799.000,-

#10 MY PICK FOR 2017


Tahun 2017 adalah tahun yang sangat produktif dan membanggakan buat ASUS. Mereka cukup banyak menelurkan produk baru yang kualitasnya makin keren saja. Ribuan penghargaan juga telah disabet.

Nah saya akan menambah jajaran penghargaan itu dengan memberikan PENGHARGAAN LAPTOP TERBAIK ASUS 2017 PILIHAN PLANETYAR.COM

Tolong semua tepuk tangan untuk award paling tidak bergengsi ini :(

Penetapan anugrah Laptop Terbaik ASUS 2017 Pilihan Planetyar.com ini tentu saja atas pilihan pribadi saya sendiri hahaha. Dan laptop Terbaik ASUS 2017 diberikan kepada:

ASUS VIVOBOOK S510UQ
ASUS VivoBook S510UQ menurut saya adalah laptop buatan ASUS yang terbaik tahun 2017. Prosesor Intel® Core™ i5 7200U Processor (3M Cache, up to 3.1GHz) dan Discrete graphics Nvidia GT940MX 2GB VRAM sangat mendukung untuk aktivitas keseharian saya yang cukup akrab dengan aplikasi editing foto, video, dan tentu saja main video game.

Panel layar seluas 15,6" yang dibikin muat di bodi 14" ini sempurna saat harus mobile. Dan yang paling saya suka, saya tidak perlu lagi menambahkan SSD untuk meningkatkan kualitasnya karena sudah memiliki SSD sebesar 128GB dari sononya.

Satu-satunya kekurangan adalah RAM-nya, dan sudah dikonformasi oleh teman saya Mas ArifdoIT yang sudah punya laptop ini duluan - RAMnya bisa diupgrade.

Pilihanmu yang mana?

18 comments

  1. Ruar biasa....laptop 3 jutaan pada bersaing amd sama intel

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Mas Arif. Persaingan cukup ketat haha

      Delete
  2. baru dua hari lalu ada dua orang cewe (mahasiswa Unpad) yang dateng ke konter laptop saat saya lagi nginstal notebook kesayangan nawarin laptop Asusnya, karena konter nggak minat, maka saya yang akhirnya membeli ASUS ZenBook UX410UQ dengan harga 2 jutaan....mau banget dong kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wiihhh seriusan itu, mang? Murah banget keliwatannn

      Delete
  3. Pilihanku jatuh pada mbak-mbak model yang itu aja boleh gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha belum menyerah juga ya ke mba mba model ya, mas

      Delete
  4. Replies
    1. Sekarang di kisaran ~9.5-an om. Cocoklah jadi teman tesis nanti.

      Delete
  5. Kalo nyari kakak2 yg kerudungan coklat itu di mana, Tyar? O_o yang gak terlalu mahal uang panaiknya juga...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahahaha inipun aku belum berani maju gara-gara panaik, Haw -___-

      Delete
  6. Wah, kalau ada dana, pengen beli yang 3 jutaan saja. Standar tak apa soalnya kerja saya cuma ngetik. :)
    Butuh juga ruang penyimpanan besar karena sayang harus buang koleksi film kalau mau simpan hasil sedotan film dari laptop ASUS anak teman dan pacarnya yang jadi bandar film gratisan.
    Eh, jika kita dekat, boleh gak sedot koleksi film Tyar soalnya sinyal di rumah ngos-ngosan sampai. :D
    Sayang kita jauh, haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nahh betul itu, mba. Kalau keperluannya cuma buat penggunaan biasa mah, ga usah yang mahal-mahal. Yang 3 jutaan juga udah cukup kok. Bukankah yang cukup dan tidak berlebihan itulah yang terbaik hehe. Yang 3 jutaan juga udah cukup banget kapasitas hardisknya jadi nyimpen koleksi film hasil kopian laptop ASUS anak temen bisalah tersimpan dengan baik haha.

      Hihi boleh banget, mba. Siapa yang tau jika hari ini jauh, besok bisa dekat hoho.

      Delete
  7. asus X555QQG ,, masih berusaha menabung untuk meminang dia, huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, Mas. Kompak kita *toss
      Keren banget emang si X555QG itu

      Delete
  8. Masukin ini dong di daftarnya: ASUS VivoBook Flip 12 TP203NAH | 2-in-1 notebook. Selain ringan, desain compact, hrg range 5 jtan, dan udh kekinian karena udh touchscreen ama udh bs flip sesuai namanya.

    By LP EMO

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahah LP EMO welcome back!

      Betul sekali, bro. ASUS VivoBook Flip 12 TP203NAH sebenarnya termasuk paling keren di kelas dan fiturnya. Cocok banget tuh buat si Flip 12 ini buat yang mau tampil beda dengan 2-in-1 notebook yang kinerjanya juga sangat-sangat mencukupi kebutuha.

      Delete
  9. baru2 sudah beli laptop bru baca ini ,,,, #sedih

    ReplyDelete
  10. iya gan ASUS memang manteb banget, ane pke yang X555QA

    ReplyDelete