Ini Dia Ponsel untuk Main dan Bikin Konten Paling Serius

Ini Dia Ponsel untuk Main dan Bikin Konten Paling Serius


Jika kamu adalah seorang gamer yang sedang mencari ponsel untuk main game kompetitif, atau seorang content creator yang mencari senjata utama untuk bikin konten dengan cepat, atau mungkin hanya sedang mencari ponsel yang anti lemot dan bisa tahan sepanjang hari, kamu mungkin sedang mencari fitur-fitur di ASUS ROG Phone 6.

***

 

 

Jajaran produk ROG tidak pernah main-main soal performa, tidak terkecuali ASUS ROG Phone 6 Series ini. Jika kamu membutuhkan handphone untuk main game kasual atau kompetitif,  ROG Phone 6 akan memenuhi keinginanmu - mungkin melewatinya.

 

 

Pasalnya ROG Phone 6 ini menggunakan kombinasi prosesor terbaru Snapdragon® 8+ Gen 1 Mobile Platform dengan GPU Adreno 730. Sementara untuk RAM, ROG Phone 6 menggunakan LPDDR5 hingga 18GB. Ini gila.

 

Jika performa dan grafis adalah hal yang kamu cari dari handphone, ROG Phone 6 jawabannya.

 

 

Jujur-jujuran aja deh! Yang suka banget main game berat di hape, pasti lama-lama jadi tidak nyaman karena panas yang dihasilkan. Utamanya di daerah telapak tangan. Ini tentu sangat mengganggu apalagi pas seru-serunya.

 


ROG Phone 6 paham betul soal ini dengan menghadirkan GameCool 6 Cooling System yang merupakan salah satu pembaruan terbesar dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Pembuangan panas diklaim lebih efisien berkat struktur dan metode ekslusif serta senyawa termal khusus.

 

Dari pengujian internal, sistem ini mampu menghasilkan kinerja pendinginan dengan penurunan hingga 10°C. 


 

Tidak cukup sampai di situ, ASUS ROG Phone 6 Series juga dilengkapi dengan aksesoris tambahan AeroActive Cooler 6 terbaru dengan Thermoelectric AI Cooling System yang terintegrasi, berbasis chip pendingin Peltier yang diklaim mampu menurunkan temperatur permukaan dekat CPU sampai 25°C.

 

 

Selain jeroan yang mendukung performa dari dalam, display memegang peranan yang sebetulnya sangat penting untuk bermain game. ASUS ROG Phone 6 Series memakai layar AMOLED HDR10+ dengan luas 6,78 inci dari Samsung yang disetel khusus oleh ROG.

 


ROG Phone 6 Series juga diklaim sebagai yang tercepat dan tertajam saat ini. Dengan refresh rate hingga 165Hz dan touch-sampling rate hingga 720Hz serta latensi sentuh 23 ms membuat ASUS ROG Phone 6 series jadi senjata yang sangat mematikan untuk kompetisi e-sports sekalipun.


Soal ketangguhan, layar ini diproteksi Corning® Gorilla® Glass Victus™ yang sangat kuat.

 

 

Lagi serunya mabar malah harus pamit duluan untuk ngecas karena lowbat. Itu menyebalkan sih. Makanya ASUS merancang ROG Phone 6 Series dengan desain yang sangat unik, karena terdiri dari dua baterai. Ya, Anda tidak salah baca - saya juga heran. Dua baterai 3000 mAh.

 


Desain baterai dua sel ini memungkinkan ASUS untuk merancang posisi jeroan sedemikian rupa sehingga baterainya selain kuat dan memungkinkan pengisian daya yang sangat cepat, ROG Phone 6 Series juga mampu menanamkan solusi pendinginan yang unggul.

 

Dengan pengisian daya 65W, ROG Phone 6 bisa terisi penuh hanya dalam waktu pengecasan 42 menit. 10 menit lebih cepat dibandingkan dengan ROG Phone 5.

 

Dari pengujian internal yang dilakukan ASUS, ROG Phone 6 menjajal skenario berat seperti gaming, memotret, mengirimkan pesan, memutar video, dan baru lowbat setelah 8 jam penggunaan. Di skenario gaming yang intens seperti main game FPS, pengujian menunjukkan bahwa setelah 37 menit bermain tanpa cooler, daya baterainya menurun sekitar 17% saja. 


 

Hal yang paling saya tidak sukai dari main game dengan handphone adalah kontrolnya. Itu yang membuat saya sangat mengidamkan ROG Phone 6 Series ini. Selain tentu saja karena performa dan keunggulan lainnya, tentu saja karena teknologi AirTrigger 6.

 


Jadi AirTrigger 6 ini memungkinkan kita untuk melakukan mapping sampai 14 touch point di layar secara simultan sesuai kebutuhan game yang kita mainkan. Dan jika dimainkan bersama aksesoris AeroActive Cooler 6, kita bisa menambahkan empat tombol fisik lagi.

 

Main game itu ya, setidaknya menurut saya - tetap paling asik kalau ada tombol fisiknya.


Yang baru di AirTrigger ini juga adalah fitur dengan respon yang berbeda saat kita menekan dan mengangkat jari dari tombol. Kita juga dapat menggunakan giroskop untuk membidik atau mengontrol sudut pandang. Tekan dan tahan tombol ultrasonik terlebih dahulu, lalu arahkan sudut pandang dengan menggerakkan atau memiringkan ponsel.

 

 

Saya suka foto-foto terutama menggunakan kamera yang beneran kamera yang lensanya bisa diganti-ganti. Pun begitu, ada beberapa situasi yang tidak memungkinkan untuk membawa kamera dan lensa yang besar dan berat. Acap kali juga event yang dihadiri tidak membutuhkan hasil foto yang spesifik, atau mungkin hanya sekadar mager saja bawa kamera.

 

Itulah kenapa kamera menjadi pertimbangan yang cukup penting bagi saya pribadi dan itu juga yang membuat saya sangat ingin mencoba ROG Phone 6 yang punya formasi tiga kamera belakang ini.

 


Kamera utamanya mengandalkan sensor yang terpercaya SONY IMX766 50MP dengan dua mode. Mode utama 12,5MP yang menggunakan filter warna Quad Bayer atau mode asli 50MP. Ukuran atau resolusi pada kamera sebetulnya bukanlah menjadi penentu yang sangat signifikan. Meskipun begitu, saya penasaran karena ROG Phone ini mampu melakukan perbesaran 2x lossless asli dalam kondisi pencahayaan siang hari.

 

Itu berarti kita bisa melakukan zoom/pembesaran digital tanpa mengalami penurunan kualitas yang berarti. Pada kondisi gelap, ROG Phone 6 mengandalkan mode 12,5MP untuk menangkap cahaya yang cukup.

 

Oh iya hampir lupa, kamera depan dengan resolusi 12MP juga dapat digunakan untuk melakukan video streaming secara langsung.

 

 

Menurut saya, selain untuk gaming, ROG Phone 6 ini adalah ponsel yang sangat mendukung untuk pencipataan konten bukan hanya karena kameranya. Sekarang mulai banyak kreator yang mengandalkan ponsel sebagai alat editing, juga mulai banyak aplikasi penciptaan konten yang berbasis atau diadaptasi ke ponsel. Canva, Snapseed, dan VN Editor adalah salah satu contoh aplikasi penciptaan konten yang sangat nyaman digunakan di ponsel.

 


Ponsel saya saat ini, yaitu ZenFone 6 yang sudah saya gunakan selama kurang lebih dua tahun masih sangat mumpuni untuk bikin konten. Apalagi dengan ROG Phone 6. Jika kamu adalah content creator yang banyak mengandalkan ponsel sebagai senjata utama untuk membuat Reels atau Tiktok, kamera dan spesifikasi performa tidak boleh diabaikan.

 

Pasalnya, aplikasi editing memang haus sumber daya. Apalagi konten audio visual. Kita membutuhkan prosesor yang tangguh, layar yang luas dan responsif, RAM yang lega, serta ruang penyimpanan yang lapang untuk mendukung pengolahan media secara optimal.

 

Semua ini, ada di ROG Phone 6.


 

Menggunakan nama Republic of Gamers, handphone ini sejatinya diperuntukkan untuk kalangan pecinta mobile gaming kelas berat. Pun begitu, saya masih akan merekomendasikan handphone ini untuk para content creator bahkan untuk orang dengan penggunaan kasual sekalipun. Begini alasannya.



Performa yang jangan ditanya, layar yang imersif untuk menikmati konten audio visual, kamera yang lebih dari cukup untuk mendokumentasikan hidup atau event, dan tentu saja baterai badak dengan kapasitas 6.000 mAh dengan pengisian ulang yang sangat cepat. Beberapa poin ini menjadikan ROG Phone 6 juga menjadi pilihan yang sangat cocok jika kamu adalah orang dengan mobilitas tinggi dan sering berada di luar ruangan.

 

Atau sesederhana membutuhkan handphone yang bisa dipercaya untuk menemani sepanjang hari.

***

Jika kamu tertarik, ROG Phone 6 Series sudah tersedia di Indonesia dengan beberapa pilihan.

  1. ROG Phone 6 Pro hadir dengan RAM 18 GB dan penyimpanan 512 GB.
  2. ROG Phone 6 standar memiliki dua pilihan konfigurasi: RAM 8 GB/256 GB dan RAM 12 GB/256 GB.

Buat kalian yang mau beli ROG Phone 6 PRO, kalian juga udah mulai bisa pre-order di tanggal 24 Oktober - 10 November 2022. Untuk pemesanan awal ini, kalian akan mendapatkan banyak promo menarik antara lain Free Aero Active Cooler 6 + Devil Case + Exclusive Backpack ROGXONIC Esports selama persediaan masih ada, dengan total keuntungan hingga Rp.2.000.000.

 

Untuk ROG Phone 6 PRO ini bisa kalian dapetin dengan harga Rp 18,999,000 eksklusif hanya di Erafone, Urban Republic, ROG Store, ASUS Online Store, ASUS Exclusive Store, Eraspace dan Tokopedia.  Info selengkapnya kamu bisa cek disini ya: https://rog.asus.com/id/phones/rog-phone-6-model/.

 

Nah, kalau buat ROG Phone 6 sekarang udah tersedia  di partner-partner penjualan ROG Phone 6 yang bisa kalian dapetin langsung di Erafone,Urban Republic, ROG Store, ASUS Online Store, ASUS Exclusive Store, Eraspace, dan  JD.ID langsung dengan harga Rp 10,999,000 untuk variant 8/256GB dan ROG Phone 6 12/256GB dengan harga Rp 13,999,000.

 

So, tunggu apalagi buruan beli sebelum kehabisan!

Ini Dia Ponsel untuk Main dan Bikin Konten Paling Serius
4/ 5
Oleh
Add Comments

Halo! Terima kasih sudah meninggalkan komentar. Mohon maaf untuk sementara, komennya saya moderasi dulu ya karena banyaknya komen spam yang masuk.
EmoticonEmoticon