6 Hal tentang ROG14 Alan Walker Special Edition: Laptop Gaming Bisa Sekecil Ini?

6 Hal tentang ROG14 Alan Walker Special Edition: Laptop Gaming Bisa Sekecil Ini?

Kesimpulan: Kecil, ringan, keren, dan mumpuni. Rasanya sulit menerima keeempat kata itu di dalam satu kalimat. Namun begitulah adanya, ROG Zephyrus G14 Alan Walker Special Edition ini memiliki kelebihan dari sisi ukuran yang kecil dan bobot yang ringan, tetapi dapat diandalkan untuk bermain video game dan berkreasi konten.

***

1. Laptop gaming bisa sekecil ini?

Kecil sekali. Itu adalah reaksi pertama saya saat melihat laptop gaming ASUS Zephyrus ROG G14 Alan Walker Special Edition ini. Dari ukurannya, sekilas kelihatan seperti laptop 14 inci yang biasa kita gunakan sehari-hari. Saya coba mengangkat dan ya ampun, ringan. Bobotnya hanya 1,7kg yang membuat laptop ini terlalu ringan untuk ukuran laptop gaming. Ketebalannya sendiri hanya 19,9mm. ASUS mengklaim bahwa ROG Zephyrus G14 AW SE merupakan laptop gaming 14 inci paling ringkas dan powerful di kelasnya.

 

ROG Zephyrus G14 AW SE. Foto oleh Adityar

2. Kecil sih, tapi jangan anggap enteng!

Jangan tertipu dengan ukurannya yang mungil karena ROG Zephyrus G14 AW SE ini ternyata mampu menghadirkan performa yang tidak kalah dengan laptop yang lebih bongsor. Ditenagai prosesor AMD Ryzen™ 9 5900HS, laptop ini pastinya mampu menjalankan aktivitas berat. Prosesor AMD Ryzen™ 9 5900HS Mobile Processor ini juga dilengkapi chip grafis terintegrasi AMD Radeon™ yang juga sangat hemat daya dan powerful untuk penggunaan sehari-hari. Prosesor AMD Ryzen™ 9 5900HS Mobile Processor membuat ROG Zephyrus G14 AW SE memiliki daya tahan baterai hingga 13 jam penggunaan.


Sementara pada sisi grafis, ROG Zephyrus G14 AW SE mengandalkan NVIDIA GeForce RTX 3050Ti. Spesifikasi yang terdengar terlalu besar untuk masuk ke dalam sebuah laptop berukuran kecil. tapi ya itulah ROG. Kolaborasi antara CPU dan chip grafis yang mumpuni ini membuat ROG Zephyrus G14 semakin andal tidak hanya untuk bermain game, tetapi juga dapat digunakan sebagai laptop penunjang content creation di mana saja.

 

3. Desain khusus Alan Walker

ROG G14 AW SE dengan desain khusus. Foto oleh Adityar

Desain laptop ini sangat unik. Berkolaborasi langsung bersama Alan Walker, ROG Zephyrus G14 AW SE tampil dengan desain yang tidak dapat ditemukan di laptop lainnya. Bagian LED AniMe Matrix di ROG Zephyrus G14 AW SE hadir dengan aksen warna eksklusif Spectre Blue. AniMe Matrix kini juga hadir dengan fitur baru berupa Virtual Pet bernama Omni. Jika diaktifkan, pengguna ROG Zephyrus G14 dapat berinteraksi dengan Omni di desktop.

 

Aksen warna Spectre Blue juga tampil pada pelat logam di bagian belakang layar yang menampilkan logo ROG beserta Alan Walker. Kalau punya laptop ini, sepertinya saya akan sering pamer ke mana-mana. Kayak, semua orang harus tau kalo gue punya laptop sekeren ini!

 

Selain bentuknya yang menurut saya sudah keren, desain bernuansa Alan Walker yang terdapat di berbagai bagian mulai dari belakang layar, keyboard, hingga panel bawah laptop membuatnya semakin menarik perhatian lagi. Oh iya, ROG Zephyrus G14 AW SE juga menampilkan logo animasi Alan Walker saat booting, serta memiliki wallpaper eksklusif Alan Walker.

 

4. Paket ekslusif ROG x Alan Walker
Saat membeli ROG Zephyrus G14 AW SE, kamu juga akan mendapatkan aksesori eksklusif dalam paketnya. Ada ROG x Alan Walker Baseball Cap, ROG x Alan Walker Socks (betul, se-kaos kaki-kaos kaki-nya), plus satu tahun lisensi premium JOOX (limited quota).

 

Nah yang paling istimewa adalah ROG Remix (bah apa lagi dah itu). Itu adalah perangkat audio remix unik merangkap sebagai tempat menyimpan laptop ROG Zephyrus G14 AW SE. ROG Remix ini dapat dihubungkan dengan kabel USB Type-C yang telah disediakan dan dapat dimainkan melalui software khusus yang juga telah dipasang di ROG Zephyrus G14 AW SE.


5. Untuk hybrid gamers & content creators

Spesifikasi mumpuni mendukung aktivitas berat. Foto oleh Adityar

ROG Zephyrus G14 pertama kali diperkenalkan pada tahun 2020, yang langsung tampil sebagai laptop yang sangat diminati serta memiliki jumlah penghargaan terbanyak di dunia. Melanjutkan kesuksesan pendahulunya, ROG Zephyrus G14 AW SE ini hadir dengan berbagai peningkatan, baik dari sisi hardware, maupun fitur. Rasanya sulit percaya kalau hardware yang dan fitur yang segemuk itu bisa kita temukan di dalam bentuk laptop yang ringkas, ringan, juga penuh gaya.


ROG Zephyrus G14 AW SE sangat cocok untuk bermain video game dan berkreasi konten. Selain didukung prosesor dan chip grafis yang mumpuni, laptop ini memiliki layar beresolusi QHD (2560x1440) yang telah dikalibrasi dan mengantongi sertifikasi PANTONE Validated Display, serta memiliki tingkat reproduksi warna yang tinggi dengan color gamut 100% DCI-P3. Semua spesifikasi ini menjadikannya sangat bisa dipercaya untuk menjadi senjata dalam membuat konten. Apalagi mengingat bentuknya yang kecil dan bobotnya yang ringan. Bisalah dibawa ke mana-mana. Kamu tidak akan malu kalau bawa laptop ini untuk presentasi ke klien.

 

6. Harga ROG Zephyrus G14 Alan Walker Special Edition

ROG Zephyrus G14 Alan Walker Special Edition ini dapat dibeli dengan harga Rp30.999.000. Ada 2 tahun garansi global + 1 Tahun ASUS VIP Perfect Warranty.

***

Spesifikasi teknis ROG Zephyrus G14 Alan Walker

Main Spec.
ROG Zephyrus G14 Alan Walker Special Edition

CPU
AMD Ryzen™ 9 5900HS Mobile Processor Processor 3.1 GHz (16M Cache, up to 4.5 GHz)

Operating System
Windows 10 with Office Home & Student 2019 Pre-Installed

Memory
2x8GB DDR4 3200MHz RAM (Dual Channel)

Storage
1TB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD

Display
14" (16:9) IPS-Level QHD (2560x1440), 100% DCI-P3 120Hz, 3ms, Adaptive Sync, PANTONE Validated Display, AniMe Matrix

Graphics
NVIDIA GeForce RTX 3050Ti

Input/Output
1x 3.5mm Combo Audio Jack, 1x HDMI 2.0b, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-C, 2x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-C support DisplayPort and power delivery

Connectivity
Wi-Fi 6 (Gig+) (802.11ax), Bluetooth 5.1 (Dual band) 2*2

Audio
Smart Amp Technology, Audio by Dolby Atmos, AI mic noise-canceling, Built-in array microphone, 2x 0.7W tweeter, 2x 2.5W speaker with Smart Amp Technology

Battery
76WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion

Dimension
32.4 x 22.0 x 1.99 ~ 1.99 cm

Weight
1.7Kg

Colors
Gray

Price
Rp30.999.000

Warranty
2 tahun garansi global + 1 Tahun ASUS VIP Perfect Warranty

6 Hal tentang ROG14 Alan Walker Special Edition: Laptop Gaming Bisa Sekecil Ini?
4/ 5
Oleh
Add Comments


EmoticonEmoticon