6 Alasan VivoBook S14 S433 Paling Cocok untuk Generasi Muda

6 Alasan VivoBook S14 S433 Paling Cocok untuk Generasi Muda

Beberapa bulan yang lalu, laptop teman saya tewas lantaran ketumpahan cairan pembersih lantai. Perihal bagaimana cairan pembersih lantai yang seharusnya berada di lantai dan laptop yang seharusnya berada di atas meja bisa bertemu sayapun tidak mengerti. Laptopnya masih bisa menyala, tetapi fungsi seperti keyboard dan colokan USB tidak dapat berfungi.

Setelah dibongkar, terlihatlah bekas-bekas cairan pembersih lantai yang berhasil mengupas beberapa bagian dalam laptop. Parah sekali ternyata efek cairan pembersih lantai ini. Untung saja hard disk-nya tidak terkena sehingga data-data penting bisa diselamatkan.

Operasi penyelamatan hard disk berlangsung sukses
Sore itu juga kami langsung berangkat ke salah satu mall perbelanjaan elektronik di Jakarta untuk membeli laptop baru. Sebetulnya memang dia dalam waktu dekat ini sudah berencana mengganti laptopnya yang sudah berumur empat tahun lebih itu. Dana juga sudah disiapkan. Insiden ketumpahan cairan pembersih lantai ini mempercepat semua rencana.

Pilihan jatuh pada ASUS Vivobook
Rekomendasi laptop untuk kawula muda
Di tulisan kali ini  saya ingin merekomendasikan laptop yang cocok untuk kawula muda yang aktif, kreatif, dan dinamis. Sebuah laptop yang selain performanya tinggi, juga tetap ringan dan nyaman dibawa ke mana-mana. Baterainya tahan lama, dan yang pasti punya desain berbalut warna-warni yang kece. Ini dia ASUS VivoBook S14 S433.

VivoBook S14 S433
Sekilas VivoBook S14 S433
Sebetulnya nama VivoBook bukanlah nama baru di jajaran laptop ASUS. Di seri terbarunya ini, ASUS ingin menunjukkan keseriusannya dalam mengembangkan laptop di segmen mainstream, seperti ROG di segmen gaming dan ZenBook di segmen premiumnya. VivoBook S14 S433 ini bisa dibilang laptop yang komprehensif alias multiguna untuk berbagai keperluan mulai dari keperluan kerja, hiburan, hingga kreasi konten. Apa saja kelebihan ASUS VivoBook S14 S433 ini? Ayo kita bahas lebih mendalam.

1. Desain Keren dengan Warna Cantik
ASUS VivoBook S14 S433 Warna Gaia Green
Hal pertama yang menunjukkan keseriusan ASUS di seri terbaru VivoBook ini adalah penulisan mereknya seperti pada gambar di atas. ASUS tidak lagi menuliskan logo ASUS di bagian tengah tetapi menggantinya dengan tulisan ASUS VivoBook di bagian kanan tengah. Ini memberikan kesan yang ringkas dan minimalis.

Sisa ruang kosong yang luas atau populer dikatakan negative space ini juga memberikan kesempatan bagi yang suka melakukan personalisasi seperti menempelkan stiker. Jadi kita bisa menempelkan stiker tanpa menutupi logo yang biasanya ada di tengah.

Ngomong-ngomong soal stiker, ASUS memberikan stiker hasil kolaborasi dengan Muchlis Fachri (Muklay) dalam paket pembelian VivoBook S14 S433.

Stiker kolaborasi ASUS dengan Muklay
Selain stiker, ASUS juga menyediakan T-shirt eksklusif kolaborasi dengan Billionaire’s Project, T-shirt ini dijual melalui channel online yang hasilnya akan digunakan untuk membantu yang terkena dampak COVID-19. Warna-warni T-Shirt ini senada dengan empat pilihan warna VivoBook S14 S433 yaitu Gaia Green, Resolute Red, Dreamy Silver, Indie Black.

4 Warna ASUS VivoBook S14 S433
T-Shirt kolaborasi ASUS dengan Billionaire’s Project
Kalau saya sih paling suka yang Dreamy White karena kelihatan lebih clean dan elegan. Selain warna-warni yang cantik, desain ASUS VivoBook S14 S433 ini menurut saya sangat elegan dibandingkan dengan laptop-laptop pada umumnya. Bentuknya juga terlihat lebih tipis, ringkas dan elegan.

2. Portabilitas: Ringan dan Ringkas
VivoBook S14 S433 laptop yang ringan dan ringkas
Di awal tadi, saya bilang ASUS VivoBook S14 S433 ini cocok untuk kawula muda yang dinamis. Generasi muda yang cenderung banyak menghabiskan waktu di luar rumah seperti mahasiwa, content creator, atau pekerja kantoran yang butuh laptop yang ringan dibawa ke mana-mana.VivoBook S14 S433 ini memiliki bodi yang sangat tipis dan ringan dibandingkan dengan laptop-laptop di kelasnya. Bobotnya sendiri hanya 1,4 kilogram dengan ketebalan tidak lebih dari 15,9mm. Bobot dan dimensi yang ringan dan kecil membuat laptop ini nyaman dibawa bepergian ke mana-mana.

Dibandingkan dengan laptop berlayar 14 inci lain, VivoBook S14 S433 ini memiliki ukuran yang lebih mungil. Kok bisa padahal sama-sama 14 inci?

Bezel tipis dengan Nano Edge
Ini menjadi mungkin karena teknologi bernama NanoEdge Display dengan bezel yang sangat tipis. sehingga didapati screen-to-body ratio hingga 85%. Jadi, meskipun ukuran laptop ini lebih kecil dibandingkan dengan laptop lain, ukuran layarnya masih sama besarnya.

Nah satu lagi yang membuat VivoBook S14 S433 ini cocok dibawa sebagai teman jalan adalah performa baterainya yang luar biasa. VivoBook S14 S433 mengadopsi baterai 50Whrs, lebih besar dibandingkan laptop sekelasnya. Dikawinkan dengan prosesor Intel generasi 10 yang hemat daya, ASUS mengklaim bahwa VivoBook S14 S433 ini mampu bertahan selama 12 jam saat diuji menggunakan PCMark 10 Battery pada mode Modern Office.

Hm bisa bertahan selama itu kalau lupa bawa charger saat nongkrong harusnya bukan masalah ya?

3. Display Immersive
Display ASUS VivoBook S14 S433 cocok untuk conten creator
Kabar baik untuk para pengabdi konten. Berukuran mungil tetapi memiliki layar tampak lebih lega juga membuat laptop ini cocok untuk para kreator konten khususnya konten-konten visual seperti para fotografer dan video editor. Layar VivoBook S14 S433 ini memiliki sudut pandang yang lebar yaitu hingga 178 derajat. Lebih kerennya lagi, layar VivoBook S14 S433 ini juga telah mampu mereproduksi warna pada color space sRGB hingga 100 persen.

Nah satu hal lagi yang pasti untuk para content creator nih, kalau bawa laptop keren pas ketemu klien biasanya akan dipandang lebih serius ya ngga? Pastinya makin pede dong kalau mau presentasi karya di depan klien atau sekadar dibawa ngopi di coffee shop kekinian.

4. Konektivitas Lengkap dan Cepat
ASUS VivoBook S14 S433 telah didukung WiFi 6
Yang satu ini sungguhlah tidak kalah keren nan fungsional. Konektivitas ASUS VivoBook S14 S433 ini memiliki konektivitas yang lengkap dan moderen. Salah satu yang paling penting untuk digarisbawahi adalah penggunaan modul WiFi 6 atau WiFi 802.11ax. Astaga apa lagi itu? Sederhananya, WiFi 6 adalah generasi nirkabel yang terbaru. Dalam hal kecepatan, WiFi 6 ini mampu mencapai kecepatan transfer data nirkabel hingga tiga kali lipat dibandingkan generasi sebelumnya. Kapasitas jaringan yang hingga empat kali lipat lebih banyak, dan latency lebih rendah hingga 75 persen.

Pun untuk konektivitas pada fisik VivoBook S14 S433 ini ada beragam port alias colokan yang dapat dilihat pada gambar berikut:

Port ASUS VivoBook S14 S433
Untuk bodinya yang kecil, port yang dibawa oleh ASUS VivoBook S14 S433 ini terbilang lengkap dan moderen, ada di antaranya USB 3.2 (Gen 1) Type-C yang memiliki kecepatan transfer data yang lebih baik dan dapat menghubungkan dengan berbagai perangkat eksternal modern yang kini mulai banyak memanfaatkan USB Type-C.

5. Fitur Premium
ASUS VivoBook S14 S433 dilengkapi fitur premium
Sebagai seri VivoBook tertinggi saat ini, VivoBook S14 S433 dilengkapi fitur-fitur seperti fingerprint atau pembaca sidik jari yang telah terintegrasi dengan fitur Windows Hello di Windows 10. Dengan begitu, kita bisa login dengan lebih cepat dan praktis, tidak perlu lagi repot-repot mengetikkan password untuk masuk ke sistem Windows.

VivoBook S14 S433 telah dilengkapi fingerprint scanner
Pada sisi audio, VivoBook S14 S433 dilengkapi dengan fitur audio premium yang telah bersertifikasi harman/kardon. Fitur ini menjanjikan kualitas audio yang terbaik di kelasnya. Hmm sepertinya ASUS benar-benar memanjakan kawula muda dengan laptop satu ini mengingat generasi muda dan musik adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan.

6. Performa Terbaik
ASUS VivoBook S14 S433 dengan Prosesor Intel Generasi 10
Akhirnya sampailah kita pada bagian akhir sekaligus bagian paling penting: performa. Percuma dong kalau dari luar tampilannya bagus tapi bagian dapurnya tidak bisa diandalkan.

ASUS menjanjikan VivoBook S14 S433 yang ditenagai oleh prosesor Intel Core Generasi ke-10 ini dapat menghadirkan performa yang lebih baik dari generasi sebelumnya. Prosesor generasi terbaru ini selain lebih kuat juga hemat daya. Pada bagian grafis, terpasang chip NVIDIA GeForce MX250 berkapasitas 2GB GDDR5 VRAM yang mampu memainkan game casual.

Duet Intel Gen 10 dan Nvidia GeForce MX250
Adapun pada sisi penyimpanan, VivoBook S14 S433 ini menggunakan PCIe SSD berkapasitas cukup besar yakni 512GB. ASUS sendiri mengatakan bahwa VivoBook S14 S433 menggunakan SSD khusus dari Intel yang telah dilengkapi dengan Optane Memory berkapasitas 32GB.

Aduh apa lagi itu Optane Memory? Optane Memory adalah teknologi eksklusif Intel yang memanfaatkan memori tambahan sebagai cache. Sederhananya, SSD mampu mengakses data yang sering kita akses secara lebih cepat yang pada akhirnya menjadikan performa VivoBook S14 S433 ini secara keseluruhan dapat menjadi lebih kencang.

Untuk melihat spesifikasi lengkap dan hasil benchmark, silahkan menekan tombol spoiler di akhir tulisan.

Kesimpulan dan Harga ASUS VivoBook S14 S433
VivoBook S14 S433 hadir dalam dua varian harga:
- Rp13.999.000 untuk varian yang menggunakan prosesor Intel® Core™ i5-10210U
- Rp15.999.000 untuk varian yang menggunakan prosesor Intel® Core™ i7-10510U

ASUS VivoBook S14 S433 ini menjadi laptop yang versatile alias multi guna. Mau dipakai kerja bisa, hiburan bisa, main game casual juga bisa. Belum lagi daya tahan baterai yang dapat mencapai 12 jam pastinya bikin laptop ini jadi perangkat yang sangat bisa diandalkan. Beragam fitur dan port konektivitas yang lengkap juga menjadi nilai tambah yang patut dipertimbangkan.

Saya juga cukup pede merekomendasikan laptop ini untuk para kreator konten yang akrab dengan foto maupun video, terutama mereka yang aktif dan sering bepergian karena performa, dan daya tahan baterai, serta body-nya yang ringkas.

Selengkapnya tentang ASUS VivoBook S14 S433 dapat dilihat pada laman resmi ASUS di sini.
***

Main Spec ASUS VivoBook S14 (S433)

CPU
- Intel® Core™ i7-10510U Quad Core Processor (8M Cache, up to 4.9 GHz)
- Intel® Core™ i5-10210U Quad Core Processor (6M Cache, up to 4.2 GHz)

Operating System
Windows 10

Memory
8GB DDR4 RAM

Storage
512GB M.2 NVMe™ PCIe® SSD with 32GB Intel® Optane™ Memory

Display
14.0" (16:9) LED backlit FHD (1920x1080) NanoEdge Display, 100% sRGB

Graphics
NVIDIA GeForce MX250 with 2GB GDDR5 VRAM
Integrated Intel HD Graphics 520   

Input/Output
1x USB 3.2 (Gen1) Type-C, 1x USB 3.2 (Gen1) Type-A, 2x USB 2.0 Type-A, HDMI, Audio Jack, MicroSD card reader

Camera
720p HD camera

Connectivity
Wi-Fi 6(Gig+)(802.11ax), Bluetooth 5.0 (Dual band) 2*2

Audio
Built-in speaker, Built-in microphone, Audio by ICEpower®//harman/kardon (Mainstream)

Battery
50WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion

Dimension
32.40 x 21.30 x 1.59 ~ 1.59 cm

Weight
1.4Kg with battery

Colors
Gaia Green, Resolute Red, Dreamy White, Indie Black

Warranty
2 tahun garansi global

***
Hasil Benchmark ASUS VivoBook S14 S433 (Sumber: ASUS)

Hasil Benchmark ASUS VivoBook S14 S433 Cinebench

Hasil Benchmark ASUS VivoBook S14 S433 PCMark
Hasil Benchmark ASUS VivoBook S14 S433 3DMark
Hasil Benchmark ASUS VivoBook S14 S433 3DMark
Hasil Benchmark ASUS VivoBook S14 S433 CrystalDiskMark
Hasil Benchmark ASUS VivoBook S14 S433 PCMark 10
6 Alasan VivoBook S14 S433 Paling Cocok untuk Generasi Muda
4/ 5
Oleh

2 comments

  1. Uwooow terjangkau ya buat spek yang begitu. Hohohoho. Mau dong yar itung2 thr. Ehehehe.

    ReplyDelete


EmoticonEmoticon