7 Tips Simpel untuk Blogger Baru (Refleksi 10 Tahun Nge-blog)



Pelan-pelan aku memarkir sepeda motor berwarna merah yang aku kendarai. Menyelipnya di sela-sela sepeda motor yang sudah duluan datang. Warung internet langgananku ini memang sering ramai. Selain karena terletak di dekat sekolah, tarifnya juga lebih murah: tiga ribu rupiah untuk setiap jamnya.

Aku berjalan masuk, menelusuri bilik demi bilik mencari yang masih kosong. Pilihan jatuh pada bilik nomor 7 sebelah kiri. Setelah memasukkan username pada kolom billing dengan latar foto lumba-lumba, aku kemudian menjalankan peramban internet.

Sepasang mataku mengikuti arah jari mengetik, memasukkan alamat situs yang sama sekali baru bagiku.

www.blogger.com

Enter
*** 
Tahun 2008, saya menerbitkan tulisan pertama di blog. Awalnya, saya menuliskan puisi-puisi patah hati yang saya bikin sendiri. Layoutnya terdiri dari latar belakang hitam kelam dan tulisan berwarna merah darah.

Iya, masa muda saya sekelam itu.

Hari ini, di tahun 2018 berarti genap sepuluh tahun saya ngeblog. Banyak yang berubah dan banyak yang berpindah. Namun satu yang pasti, saya senang kalian semua masih di sini *kecup satu-satu*.

Tapi cukup tentang saya. Untuk merayakan tahun kesepuluh ini, saya ingin berbagi apa saja yang sudah saya pelajari sepanjang perjalanan ini, khususnya untuk teman-teman yang baru mulai. Semoga teman-teman yang punya niat untuk serius ngeblog bisa belajar satu dua hal dan bisa mengakselerasi proses kreatifnya.

Memang sih, saya akui progress saya di blog agak lambat. Tidak seperti blogger lain yang sudah sama lamanya. Mereka sudah ada yang jadi penulis, Youtuber sukses, atau selebgram yang bergelimang endorse. Teman-teman, itu adalah tips yang pertama: Berhenti membandingkan.

Don't: Membandingkan Diri dengan Orang Lain


Cara paling efektif untuk menghilangkan semangat berkarya adalah dengan membandingkan diri kita dengan orang lain. Saya menulis ini di poin pertama sebagai pengingat bagi teman-teman yang baru mulai, terlebih pengingat kepada diri sendiri. Berhenti membandingkan apa yang baru saja kita mulai, dengan apa yang sudah orang lain capai.

Don't: Ngeblog untuk Uang


Ini pendapat saya pribadi, setelah melihat tidak sedikit orang yang saya kenal yang begitu bersemangat ngeblog di awal, begitu menggebu-gebu tapi cepat juga berhentinya. Kenapa? Karena motivasi utama mereka adalah cari uang - dengan cepat. Memang dapat uang dan popularitas lewat blog memang sangat-sangat mungkin, tapi perlu juga diketahui itu tidak langsung terjadi.

Kalau teman-teman menjadikan uang sebagai alasan utama untuk nge-blog, aktivitas berkarya itu akan jadi seperti pekerjaan, jadi beban bukan lagi passion. Kita akan tertekan dan berpaling mencari alternatif lain. Secepat-cepatnya.

Lalu apa yang sebaiknya kita lakukan?

1. Mulai dari hal yang kita suka

Nama: Tyar. Passion: Tidur Siang
Biasanya kalau ditanya "topik apa yang ingin kamu tulis di blog?" itu jawabnya susah. Kita akan diam, bingung, frustasi, mencari sudut kamar tergelap kemudian mati di sana. Nah tapi kalau kita ditanya, "apa yang kamu suka?" itu jawabnya lebih gampang dan menyenangkan. Jawabannya bisa jadi jadi aktivitas yang kita gemari atau barang-barang yang kita sukai. Pertanyaan ini akan mengantar kita ke poin kedua.

2. Mulai berpikir sebagai konten kreator

Pacar. Jualan Jilbab dibantu ASUS E203
Hal yang kita suka lakukan itu pada umumnya adalah hal yang konsumtif. Misalnya makan, jalan-jalan, atau nonton film. Berpikir sebagai konten kreator akan mendorong kita untuk mengubah hal-hal yang tadinya konsumtif ini menjadi hal produktif. Kok bisa? Kalau misalnya kamu suka makan mulailah menulis misalnya, 5 makanan tradisional yang paling kamu suka, kalau kamu suka jalan-jalan tulislah pengalamanmu mengunjungi daerah wisata di kotamu. Dan misalnya saja, passion kamu yang sebenar-benarnya adalah tidur siang, mulailah menulis 3 tempat tidur siang favoritmu. Mulailah pelan-pelan, sederhana, dan simpel.

Kontennya nyampur alias gado-gado tidak usah khawatir. Ini adalah fase. Seiring berjalannya waktu, kamu akan menemukan dirimu sendiri paling enjoy menulis tentang apa dan kamu akan konsisten di sana. Mulailah menggali topik tersebut secara serius dan rutin. Sebelum kamu sadar, kamu sudah punya niche alias topik blogmu sendiri.

Blog ini saja awal mulanya berisi puisi-puisi patah hati kok. Take it as an example. A bad one :p

3. Mencari Pembaca dari Lingkaran Terdekat

Blog ini dulunya punya lima pembaca, yaitu teman-teman SMA juga. Mulai aktif di perkuliahan, saya sering menodong teman-teman sekelas untuk membuka blog saya. Mafhum waktu itu belum ada grup Line atau WA. Sebagian besar membukanya dengan terpaksa. Asli saya merasa norak pernah melakukan ini. Sampai suatu hari, ketika cukup lama tidak ada tulisan baru di blog, teman saya waktu ketemu malah tanya "kok lama ga ada tulisan baru?". DIA MEMBACA BLOG SAYA!

Pulang kuliah saya langsung singgah ke warnet dan mulai menulis lagi.

Hal ini bisa teman-teman adopsi dengan mengirimkan link tulisan terbaru ke grup, tapi tetap liat suasana dan jangan nyampah dong.

4. Mulai ikut lomba blog

Lomba blog adalah salah satu cara cepat untuk mengakselerasi proses kreatif. Dengan ikut lomba blog kita akan tertantang untuk lebih serius menciptakan sebuah artikel dengan nilai produksi tinggi. Kalau saya sukanya suka ikut lomba blog yang daftar pemenangnya banyak, apalagi kalau ada hadiah hiburannya. Kemungkinan dapat hadiahnya jadi lebih besar.

Meskipun kalah itu mengecewakan, tetap ada untungnya kok. Biasanya kalau kita ikut lomba, peserta lain juga akan membaca tulisan yang kita submit. Kadang dari situ kita akan ketemu dengan orang yang passionnya sama, lalu berlanjut ke pertemanan.

5. Mulai Berkomunitas

Saling Sharing di Komunitas Blogger Makassar
Dari pengalaman berkomunitas, saya merasa komunitas blog adalah komunitas yang sangat suportif, begitu ramah dan tidak pelit ilmu, padahal baru ketemu. Berkomunitas memberikan kita kesempatan untuk dapat banyak kenalan, saling sharing yang pada akhirnya networking. Undangan event dan tawaran job paling banyak masuk melalui komunitas.

6. Investasikan waktu untuk belajar memperkaya konten

Tampilan dan konten yang bagus akan membuat pengunjung betah dan datang lagi lain kali. Makanya penting bagi kita untuk belajar memperkaya jenis konten yang menarik seperti foto, infografis, atau video.

Untuk awal, saya merekomendasikan untuk belajar fotografi dasar karena foto sangat berperan sebagai penunjang tulisan. Tidak harus Instagrammable, paling tidak, foto kita pencahayaannya pas, tidak terlalu gelap juga tidak terlalu terang. Tidak blur, tidak shake, tidak miring-miring, dan pastinya informatif.

7. Menggunakan perangkat yang mendukung

Laptop sebagai senjata utama Blogging
Untuk mendukung proses berkreasi itu, kita butuh perangkat laptop yang mumpuni. Kalau bisa selain powerful juga portabel biar enak dibawa ke mana-mana. Sama kalau bisa sih, cantik nan Instagrammable.

ASUS Laptopku. Dari dulu. Selalu.

Pakai ASUS sejak 2011
Sepuluh tahun ngeblog, tujuh tahunnya saya ditemani ASUS. Tipenya ASUS A43SV. Laptop ini saya beli waktu masih kuliah semester 4, Juli 2011. Berbekal beasiswa dari kampus, tabungan yang tidak seberapa, dan subsidi dari orangtua, saya mengelilingi hampir semua toko komputer di Kota Makassar mencari ASUS A43SV ini. Info tentang laptop ini sendiri saya temukan di salah satu forum penggunanya di internet. Sayang sekali dalam pencarian hari pertama, saya tidak menemukannya di manapun.

Pencarian baru menunjukkan hasil di hari kedua. Terpajang dia dengan indah di salah satu toko, sebagai satu-satunya unit yang tersedia. Menunggu saya datang menjemputnya

Sejak hari itu ASUS A43SV menjadi ujung tombak blog ini. Dengan laptop itu juga saya menjalani hari-hari sebagai mahasiswa sambil otodidak belajar editing video sampai mulai dapat job dari situ. Menggunakan laptop itu juga saya menulis skripsi sampai selesai, bekerja sebagai event organizer dan freelance video editor selama setahun, kemudian melanjutkan kuliah S2. Tesis saya yang menguras keringat dan air mata itu juga lahir dari ASUS A43SV.

Perpisahan
2 Minggu yang lalu akhirnya mengucapkan selamat tinggal pada laptop kesayangan saya itu. Bukan rusak apalagi dijual, saya menghadiahkannya kepada kepada adik yang tahun ini masuk kuliah. Berharap laptop itu memberikan manfaat yang sama baginya.

Performa dan daya tahan ASUS A43SV itu menjadi alasan kenapa saya selalu merekomendasikan ASUS kepada teman-teman yang memang selalu minta rekomendasi saat mau beli laptop. Di keluarga kami sendiri ada tiga laptop yang semuanya merek ASUS. Mau bagaimana lagi kalau sudah cinta syalalala.

Nah lewat artikel ini saya juga mau berbagi untuk teman-teman yang berencana cari laptop baru di tahun 2018 ini, tentang salah satu produk baru ASUS yang menurut saya cocok untuk blogger dan para konten kreator.

Laptop yang powerful, multifungsi, portabel, dan pastinya superkece: ASUS VivoBook Flip TP410.

Portabilitas & Mobilitas

Ketika ingin memilih laptop yang mendukung, kita harus memilih antara jenis yang kuat atau yang ringan, karena biasanya kedua pilihan ini bertolak belakang. Semakin powerful, biasanya laptop akan jadi semakin berat. Di sini kerennya ASUS VivoBook Flip TP410. Laptop yang memiliki spesifikasi tinggi ini hanya memiliki berat total 1.6kg, itu kayak lagi belanja di minimarket terus cuma beli kopi 600gram dan gula 1kg.

Selain ringan, ASUS VivoBook Flip TP410 juga ramping, tidak lebih dari 19,2mm atau 1,9cm. Ukuran dan berat yang seperti ini membuatnya cukup nyaman dibawa bahkan dengan tas jinjing.

13 Inci, tapi 14 Inci

Ha? Gimana, gimana maksudnya?
 
Ehem. ASUS VivoBook Flip TP410 ini sebenarnya memiliki layar 14 Inci, tapi berkat teknologi namanya NanoEdge Display yang mengoptimalkan rasio layar dengan bezelnya, layar 14 inci ini jadi muat ke dalam bodi yang umumnya digunakan oleh laptop berukuran 13inci. Hasilnya, ukurannya lebih kecil tapi tetap memiliki bentang layar yang tetap 14 Inci.

1 Perangkat 4 Mode

4 Mode Transformasi VivoBook Flip TP410 untuk Berbagai Skenario
Berfungsi utama sebagai laptop yang powerful, ASUS VivoBook Flip TP410 ini juga bisa difungsikan menjadi 4 mode sesuai kebutuhan. Mode powerful laptop ketika ingin berkomputer pada umumnya, shared viewer untuk melakukan presentasi, media stand untuk menonton film, dan mode yang menurut saya keren banget adalah mode responsive tablet. Jadi kita bisa mengubahnya menjadi tablet layar sentuh untuk menggambar atau editing foto karena touch-screen layarnya ini memiliki tingkat presisi yang tinggi dan bekerja sangat baik dengan ASUS Pen.

Cantik & Tangguh

Penampilannya yang cantik ternyata didukung dengan daya tahan yang tangguh. VivoBook Flip TP410 ini dibalut oleh metal yang kokoh sehingga lebih aman untuk dibawa bahkan saat travelling. Sementara untuk mendukung transformasinya ke dalam 4 mode tersebut, engselnya telah melakukan pengujian buka tutup yang dapat bertahan hingga 20.000 kali. Sekuat itu.

Penampilannya yang cantik juga akan bikin kita lebih pede saat membawanya ke mana-mana, apalagi nanti kalau mau presentasi di depan klien. Mereka harus bikin pernyataan kalau kita adalah orang-orang serius, salah satunya lewat perangkat yang kita punya: ASUS VivoBook Flip TP410.

Kreasi Lebih Detail

Layar laptop pada umumnya memiliki resolusi layar 1366x768. Meskipun sebenarnya resolusi ini sudah cukup nyaman untuk penggunaan sehari-hari, resolusi yang direkomendasikan untuk mengerjakan pekerjaan multimedia seperti mengedit foto maupun video adalah FullHD (1920x1080). Layar beresolusi FullHD menampilkan lebih banyak piksel sehingga kita bisa melihat detail gambar yang lebih tajam. VivoBook Flip TP410 ini sudah dibekali layar FullHD yang mendukung proses kreasi yang lebih detail tersebut dan pastinya lebih nyaman saat nonton film maupun streaming video.

Fingerprint dengan Dukungan Windows Hello

Sensor keamanan sidik jari yang yang mendukung fitur Windows Hello yang menjadikan kita bisa sign-in hanya dengan sentuhan jari. Windows Hello ini sendiri pada umumnya hanya hadir di laptop kelas atas. Dari segi sistem operasi, ASUS VivoBook Flip TP410 juga sudah preinstall Windows 10 sehingga lebih aman dari ancaman malware.

Konektivitas Lengkap & Storage Besar

Selain bekerja dengan laptop, blogger juga biasa bekerja dengan kamera untuk memotret. ASUS VivoBook Flip TP410 meskipun ramping, ternyata memiliki konektivitas yang cukup lengkap yang terdiri dari SD Card Slot, 2 USB 2.0, 1 USB 3.0, 1 slot USB Type C, dan slot HDMI. Sementara untuk menyimpan media dan foto, disediakan ruang penyimpanan hingga 1TB.

Mempercepat Proses Kreatif Bersama ASUS

Setelah ASUS A43SV diwariskan, saya menyambut ASUS X550IU sebagai partner kreatif. Dengan laptop ini, saya merasa jadi lebih produktif dan lebih nyaman karena secara spesifikasi memang lebih tinggi daripada ASUS saya yang lama. Loading aplikasi jadi lebih cepat dan proses render menjadi lebih lancar sehingga proses berkreasi saya sangat terbantu secara signifikan.
Saat artikel ini ditulis, saya membuka aplikasi peramban internet dengan 13 tab, aplikasi presentasi, 2 buah aplikasi editing foto secara simultan. Tidak terjadi lag berarti dan semuanya dapat berjalan dengan lancar.

Semakin powerful laptop, semakin besar pula dukungannya untuk proses berkreasi. Terlebih jika kita sering menggunakan software editing foto apalagi video. VivoBook Flip TP410 ini dibekali dengan prosesor buatan Intel Core i7-8550U (versi TP410UF), dan Intel Core i3 hingga i7 (generasi 7) pada versi lainnya. Memori (RAM) hingga 8GB akan sangat mendukung saat multitasking dan menjalankan aplikasi editing. Pada versi TP410UR, digunakan kartu grafis discrete GT-930MX 2GB untuk membantu proses rendering dan pastinya untuk memainkan video game kelas menengah.

VivoBook Flip TP410 dapat dipinang dengan mahar mulai Rp. 6.899.000 - Rp 14.599.000.
***
Blogging dan proses kreatif lainnya adalah pekerjaan yang tidak pernah selesai. Konten yang berkualitas menjadi wajib agar kita tidak hanya mampu bertahan tapi juga bisa stand-out di antara jutaan blog lain. Untuk mendukung proses kreatif itu pastinya kita butuh laptop yang bisa mengimbangi juga.

Untuk teman-teman yang punya rencana #2018GantiLaptop ASUS VivoBook Flip TP410 menjadi rekomendasi yang tepat dengan segala fungsi, mode, dan fiturnya. Sementara untuk teman-teman yang masih menabung, mari tetap bersemangat sebab kreatif yang sesungguhnya adalah terus berkarya, dengan apa yang kita punya.
***
Terima kasih sudah membaca, saya harap teman-teman bisa belajar satu dua hal dari artikel ini.
Foto oleh planetyar.com.

Artikel ini diikutkan ASUS Laptopku Blogging Competition by uniekkaswarganti.com


34 komentar

keren banget emang nih bikin infografisnya gan mantabbbb

Semoga menang lagi di lomba asus edisi asus vivobook kali ini ya tyar. :)

Gue juga pake asus, udah 3 tahun lebih, pernah ganti lcd gara-gara kecelakaan tapi mesinnya masih bagus dan tetep dipake buat ngerjain tugas, ya, meski udah pindah ke adek sih asusnya. Haha :)

Enak kali ya punya vivobook flip tipe yang ada di tulisan ini, suka sama mode layarnya yang banyak. Soalnya bakalan ngebantu banget pas pengen nonton film, atau buat presentasi ngajar pelatihan Bahasa inggris kalo lagi dapet job. Hehe :)

Salam Dari:
Agung Kharisma
Blog: Daily Blogger Pro

Keren tulisannya Tiar... semoga menang ya

Aw.. harus di contoh ini tipsnya.. Btw, Kreatif itu kayaknya emang wajib di era kaya gini ya om tyar.. Pokoknya tetep semangat...

Kemarin menang X55OIU, dan sepertinya kali ini lu bakal menang juga. As always, lu gak sekedar buat review laptop, tapi emang tulisan yang lu ikutkan ke lomba blog memang selalu bagus. Gue aja udah kehabisan kata-kata buat lu, bro.

Udah, siapin lagi ruang kosong di meja kerjamu. Its coming home.

saya menunggu hibah ASUS X550IU. Sekian dan terima kasih.

Btw, baterai A43SV nya masih awet? hahaha

Iya segar, kohded emang nulisnya pas abis mandi ini.

Wah terima kasih sudah membaca, bang joe.

Wahh kok bisa kecelakaan, gimana ceritanya? Syukurlah ga kenapa-kenapa laptopnya? *orangnya ga ditanyain hahah peace*

Wah iya fungsional banget tuh kalo dipake presentasi pake bahasa inggris. Pake mode shared viewer meningkatkan nilai jual juga tuh laptopnya ga biasa hahahaha.

Hihi terima kasih sudah membaca, Kakak Sohib se-Manajemen :)

Betul, Mas Kris. Kreatif udah bukan pilihan lagi sekarang. Kudu bin wajib.

Wow, tips buat blogger pemulanya kena banget mas. Saya sendiri baru mulai ikut-ikutan lomba blog beberapa bulan ini dan ada banyak hal baru yang saya pelajari dari ikutan lomba semacam ini. Saya sendiri sadar diri masih nubie bgt jadi kalah-menang sih urusan kesekian. Cari pengalaman dulu di tahun pertama (itu juga klo masih lanjut di tahun kedua sih), lagian blom kepikiran niche buat blognya juga, hihihi

Btw keren mas reviewnya. Saya dah keliling-keliling baca banyak artikel yang ikutan lomba ASUS ini, dan ini salah satu yang terbaik. Dibookmark dulu deh situsnya, salam kenal yah mas Tyar

poin blog untuk uang menarik banget, padahal sadar atau enggak kalau kita melakukan yang terbaik , udang datang sendiri, nggak perlu dikejer2

dan masalahnya skrg banyak yang kejer uang tapi nggak sadar meningkatkan kualitas diri dulu, ujungnya2 menghalalkan segala cara

Terima kasih sudah berpartisipasi dalam ASUS Laptopku Blogging Competition. Good luck.

Nah poin-poinnya mantap banget buat mamak pelajari. Secara mamak2 butuh waktu agak lebih buat bisa bikin bikin tampilan yang bagus disetiap postingan nya. #supportemakngeblog

Dan selamat susah menang blog competition nya yach

Pantas lah menang... Keren tulisannga. Idenya syegar, infografisnya kece. Saluuut...
Selamat ya..

Pas diumumin pemenang lomba laptop ASUS jadi inget komen saya yang ini, hihihi. Memang kontennya luar biasa, selamat mas Tyar :)

salam kenal. ketemu tulisan ini dr daftar pemenang lomba blog ASUS. dan ternyata memang kece. berasa dr hati bgt nulisnya. menginspirasi, terutama bagi blogger pemula nan sering goyah macam saya ni..hahah..
selamat ya! sukses terus!

wah pantes aja Juara, tulisannya keren bgt kok....dan pengalaman nya juga udah banyak,,,, selamat kak tyar

Dapat beneran loh gue haha. Jangan-jangan lo cenayang, apa jangan-jangan lo juri yang menyamar hahaha.

Makasih ya, Bro selalu komennya selalu mendukung banget.

Hahaha tos dulu sini lah sobat A43.

Btw di tulisan di atas kubilang blog ini di awalnya punya lima pembaca, Setia Negara ini adalah salah satunya hahaha.

Hahah komennya jadi kenyataan, mas. Terima kasih, Mas Salman dari blogrumahan.com dan selamat datan di planet saya. Semoga tipsnya membantu ya buat teman-teman yang punya passion ngeblog, dan semoga sukses mas di lomba lain. Banyak lomba loh yang deadlinenya akhir bulan ini.

Waahhh dikomen travel blogger hitz aku senang sekali.

Iya betul, Mas Danan. Intinya seperti yang mas Danan bilang, lakuin aja dulu sebaik-baiknya dan niat untuk berbagi. Materi akan datang dengan sendirinya.

Yeeeyyyyy aku juara duaaaaa. Terima kasih, Mba Uniek sudah menyelenggarakan lomba ini. Lombanya sukses ya, Mba.

Satu yang belum saya lakukan sejak fokus ngeblog setahun ini : ikut kompetisi blog. Semoga sebelum 2018 berakhir,saya bisa ikutan dengan serius. TFS. BTW, infografisnya keren :)

Teman-teman terima kasih sudah membaca postingan ini. Atas dukungan teman-teman postingan ini berhasil menjadi juara 2 di lomba ASUS Laptopku Blogging Competition by UniekKaswarganti.com. Terima kasih sekali lagi ya :)

BROKER TERPERCAYA
TRADING ONLINE INDONESIA
PILIHAN TRADER #1
- Tanpa Komisi dan Bebas Biaya Admin.
- Sistem Edukasi Professional
- Trading di peralatan apa pun
- Ada banyak alat analisis
- Sistem penarikan yang mudah dan dipercaya
- Transaksi Deposit dan Withdrawal TERCEPAT
Yukk!!! Segera bergabung di Hashtag Option trading lebih mudah dan rasakan pengalaman trading yang light.
Nikmati payout hingga 80% dan Bonus Depo pertama 10%** T&C Applied dengan minimal depo 50.000,- bebas biaya admin
Proses deposit via transfer bank lokal yang cepat dan withdrawal dengan metode yang sama
Anda juga dapat bonus Referral 1% dari profit investasi tanpa turnover......

Kunjungi website kami di www.hashtagoption.com Rasakan pengalaman trading yang luar biasa!!!