10 Tips Main PUBg Mobile agar Hape Tidak Cepat Lowbat dan Panas

Seminggu ini saya sedang gemar-gemarnya main PUBg Mobile di android. Bergaya padahal biasanya cuma main Bounce di Nokia 6030. Awalnya sebenarnya iseng sambil menunggu waktu buka puasa. Eh keterusan sampe sekarang. Dari awalnya cuma setengah jam setiap harinya, itupun sudah beberapa kali battle karena saya memang cupu.

Sekarang bisa sampai hampir 5 jam.
Nonstop.

Nah masalahnya PUBg Mobile ini game yang sangat demanding alias berat. Butuh spesifikasi hape yang cukup tinggi biar bisa main dengan lancar dan bisa menyiksa hape sampai panas dan baterainya mengalir deras kayak air mata para jomblo yang selalu ditanya kapan nikah tiap lebaran.

Nah barangkali saya punya beberapa tips main PUBg Mobile agar hape tidak cepat lowbat dan panas yang saya praktikkan sendiri. Semoga berguna.

1. Gunakan wi-fi, bukan mobile data
Dibanding koneksi melalui mobile data (paket data seluler), koneksi internet menggunakan wi-fi lebih efisien dalam konsumsi daya. Main menggunakan koneksi dari paket data selain lebih mahal, juga menyebabkan hape jadi panas kalau jangkauan sinyal di tempatmu lemah. Ini karena hape kita terus bekerja untuk menangkap sinyal, dan akan bekerja lebih keras jika sinyalnya lemah dan tidak stabil. Hasilnya, baterai terkuras dan hape menjadi panas bahkan saat tidak sedang bermain game.

Sebuah alasan buat mabar di warkop bukan?

2. Matikan fitur yang tidak digunakan
Ide dari artikel ini adalah mematikan sebanyak mungkin fitur yang tidak digunakan untuk sementara. Bluetooth dan GPS adalah fitur yang wajib dimatikan. Saya bahkan menyalakan mode pesawat dan menghubungkan via wi-fi seperti poin pertama di atas. Caranya, aktifkan terlebih dahulu mode pesawat lalu menyalakan wi-fi seperti biasa.

3. Matikan background process dan batasi penggunaan internet aplikasi lain
Sebelum main, sebaiknya tutup terlebih dahulu aplikasi yang masih berjalan di background. Kalau mau lebih ekstrim lagi, tutup akses internet untuk aplikasi lain kalau-kalau ada yang mengakses koneksi di background. Caranya bisa berbeda di setiap tipe hape, kalau hape ASUS (selain Max Pro M1) dapat dilakukan melalui aplikasi ASUS Mobile Manager. Selain efisien daya, cara ini juga mematikan notifikasi yang kadang mengganggu.

4. Sesuaikan tingkat kecerahan layar
Semakin tinggi tingkat kecerahan layar, semakin besar daya yang dibutuhkan. Begitu sebaliknya.

5. Gunakan headphone

gambar: steam
PUBg Mobile memang lebih seru kalau pakai headphone, apalagi headphone stereo. Kita bisa mendengar sumber tembakan bahkan langkah kaki yang sangat berguna untuk mengetahui arah datangnya musuh. Selain itu, menggunakan headphone akan menonaktifkan speaker sehingga penggunaan baterai lebih irit. Bukan headphone bluetooth tapinya ya.

6. Sesuaikan tingkat grafis dan framerate
Dari semua tips, ini yang paling signifikan. Masuk ke settings > graphic lalu setel grafis ke kiri (pilih smooth) dan framerate ke low atau medium. Semakin tinggi kualitas grafis dan framerate semakin cepat pula baterai hape kita terkuras.

7. Jangan main sambil charge, apalagi powerbank
Sangat tidak direkomendasikan untuk main game sambil ngecas apalagi pakai powerbank terutama powerbank yang abal-abal. Selain menyebabkan hape jadi panas, main game sambil ngecas juga akan berdampak buruk pada usia baterai dan cepat kembung. Sayangi hapemu. Kesehatannya adalah yang utama.

8. Hindari main di tempat yang panas
Panas adalah musuh utama baterai, baik hape maupun laptop. Hindari ruangan yang tidak panas dan lepaskan casing hape yang terlalu tebal.

9. Jika hapemu mengalami panas yang berlebihan, segera istirahatkan
Selain lebih sehat bagi hapemu, juga lebih sehat untuk telapak tanganmu agar tidak iritasi. Istirahatkan jika panasnya mulai berlebihan. Simpan hapemu, lakukan aktivitas fisik seperti jalan-jalan sebentar, atau ngobrol dengan teman di sampingmu.

10. Gunakan hape yang lebih bagus

Apakah Main PUBg Mobile di ZenFone Max Pro M1 Panas?
Well, sekali lagi PUBg Mobile memang membutuhkan sumber daya yang cukup tinggi. Menggunakan hape dengan prosesor yang lebih baik seperti Snapdragon 636 dan baterai yang lebih besar akan sangat berpengaruh.


Seminggu belakangan ini saya main PUBg Mobile di ZenFone Max Pro M1. Dengan hape ini saya bisa main nonstop dari kapasitas baterai 100% hingga ~20% dalam 4 jam 50 menit, itupun menggunakan grafis HD dan high framerate. Main PUBg di ZenFone Max Pro M1 ini benar-benar lancar dan tidak panas. Betenya adalah, tidak jarang teman-temanku sudah pamit duluan untuk ngecas sementara ZenFone Max Pro M1-ku masih ada di indikator 49% hehehe.

Jadi itu dia, Aliens tips main PUBg Mobile di hape agar tidak cepat lowbat dan panas. Semoga berguna dan happy chicken dinner.

10 komentar

wow kamu main game lama juga sampai 4 jam lebih.

Anjeeer. Hapegue buat ngenet instagram doang aja 3 jam udah abis batrenya. Sedih nih... Bagi angpao doong. Bagi2 hapeee. Yuhuuuu *dateng2 ngerusuh

Loh, hape kita kok sama ya?

Jangan jangan ......

makasi tips bermain pubnya kak tyar, kali aja kak tyar minat juga baca artikel saya, Mengenal Aneka Jenis Layar Pada Smartphone Android, biar makin jos gan.

when you are upstair versi spongebobnya kalau di gabungin ma foto ente gmna ya jadinya :(

thanks so much for you tips, but i cant understand.

anyway happy blogging

Sama-sama, Kak. Saya sudah baca artikelnya, sangat informatif buat mereka (termasuk saya) yang ga terlalu paham hehe.