Honor 9 Lite: 4 Kamera dan Face Unlock di Harga 2 Jutaan

Setelah berkali-kali soldout di marketplace, akhirnya pada tanggal 29 April kemarin, Honor 9 Lite mulai dijual secara offline di seluruh Indonesia, termasuk Makassar. Di Kota Anging Mamiri ini sendiri, penjualan perdana Honor 9 Lite yang didistribusikan PT Icool International Indonesia bekerja sama dengan Jakarta Cell yang bertempat di MTC Karebosi Lantai 2.

Diserbu Pembeli

Penjualan perdana berlangsung meriah. Baru beberapa menit dibuka, toko langsung diserbu pembeli. Salah satu yang menjadi daya tarik juga adalah kesempatan mengikuti undian bagi para pembeli dengan beragam hadiah menarik. Termasuk 1 unit Honor 9 Lite.

Namun sebelum kalian membeli smartphone terbaru ini, sebagus apa sih Honor 9 Lite ini? Apakah Honor 9 Lite layak untuk dibeli? Berikut ulasan saya.

Honor 9 Lite First Impression - Berkilau


Hal pertama yang menarik perhatian saya adalah kesan mewahnya. Honor 9 Lite dengan display 5.65-inch ini memiliki bodi 2.5D alias melengkung di bagian depan dan belakang yang menjadikannya nyaman di genggaman. Build quality cukup solid nampak elegan dengan balutan kaca memberikan kesan premium dan sensasi kayak pegang hape mahal.


Honor 9 Lite juga nampak kekinian dengan mengusung display FullView beresolusi FHD+ (2160x1080) akan memberikan pengalaman visual yang menyenangkan saat browsing internet maupun menikmati konten-konten video foto maupun video. Rasio 18:9 bezel-less membuat display berukuran 5.65 inci tak ubahnya smartphone dengan bodi 5.2 inci.

Di bagian depan nampak dua kamera bersanding dengan lampu notifikasi LED, sementara di bagian belakang ada dua kamera yang berdampingan, lampu flash, juga terdapat sensor pengamanan berupa sidik jari.

Dual Kamera Depan dan Belakang
Sistem quad camera alias empat kamera memang menjadi nilai jual utama dari Honor 9 Lite. Sistem dual kamera di masing-masing sisi ini terdiri dari 1 kamera utama dan 1 kamera sekunder. Masing-masing kamera utama memiliki resolusi 13MP, sedangkan kamera sekunder beresolusi 2MP (13MP+2MP).

Sistem dual kamera ini bekerja bersamaan. Kamera utama dengan resolusi yang lebih besar akan mengisolasi subjek di bagian depan, sementara kamera sekunder akan memotret background dengan efek blur/bokeh.


Mode kamera unggulan, yaitu efek percantik dan efek kedalaman foto (depth of field alias backgrund bokeh) ditempatkan di bagian utama sehingga navigasi menjadi lebih mudah. Penasaran dengan hasil tangkapan kamera depan? Yuk kita intip sama-sama.

Klik untuk lihat file asli sebelum dikompres

Foto yang dihasilkan juga surprisingly cukup mengagumkan. Cerah dan tajam. Efek mempercantik yang dapat diatur intensitasnya tentu saja menjadi kabar baik bagi para jemaah selfie karena kemampuannya untuk berfungsi sebagai make up digital meminimalisir flek dan pori-pori. Dan oh, menurut penjelasan tim Honor, salah satu keunikan efek mempercantik Honor 9 Lite ini adalah dapat secara otomatis menyesuaikan dengan gender subjek foto. Sehingga, para lelaki tidak tidak akan keliahatan terlalu cantik.


Sistem dual kamera Honor 9 Lite bekerja dengan cukup baik menghasilkan foto dengan efek foto yang blurnya tidak terlalu maksa. Hal ini memungkinkan karena Honor 9 Lite ini punya slider untuk mengatur intensitas, baik mode percantik maupun mode blur.

Oh iya, ngomong-ngomong soal mode blur (DOF), Honor 9 Lite memiliki fitur untuk mengatur titik fokus bahkan setelah foto diambil. Duh cus beli!


Kamera belakang memiliki mode yang lebih banyak lagi. Sistem PDAF memudahkan kamera untuk menemukan titik fokus menjadi lebih cepat. Adapun mode Foto Pro dan Video Pro memberikan opsi yang lebih banyak dan kompleks untuk para pengguna tingkat lanjut.

Hasil foto Honor 9 Lite dengan kamera belakang

Terbatasnya waktu sayang sekali membuat saya tidak bisa mengutak-atik kamera Honor 9 Lite lebih jauh. Meskipun begitu, hasil pengujian singkat yang kami lakukan memperlihatkan hasil foto yang cukup menjanjikan.

Untuk melihat semua sampel foto yang kami ambil dengan Honor 9 Lite pada saat acara, klik di sini
Performa
Di dapur pacunya, Honor 9 Lite menggunakan prosesor Octa Core Kirin 659 yang mampu bekerja hingga 2.36GHz. Tandem dengan RAM sebesar 3GB, Honor 9 Lite menjanjikan pengalaman berkomputasi sehari-hari dan multitasking lebih lancar.

Interface


Honor 9 Lite berjalan dengan OS Android Oreo dengan EMUI. EMUI sendiri menurut saya cukup rapi dan halus, mudah digunakan bahkan oleh pemula. Oleh Honor sendiri, EMUI ini memiliki kemampuan AI untuk mengoptimasi kinerja agar tetap lancar dari waktu ke waktu.

Sistem Keamanan


Satu lagi yang keren banget dari Honor 9 Lite ini adalah sistem keamanan yang canggih nan kekinian. Selain sensor sidik jari di bagian belakang, smartphone 2 jutaan ini juga dibekali dengan sistem keamanan Face Unlock.

Kesimpulan
Honor 9 Lite adalah pilihan yang menarik di harga Rp. 2.500.000,-. Desain yang cantik membuatnya nampak elegan, jauh dari kesan murah. Hasil foto oleh sistem quad camera yang ciamik menjadi alasan paling tepat untuk meminangnya. Fitur tambahan seperti Face Unlock nilai tambah yang cukup menggiurkan. Pilihan warna yang manis (Midnight Black, Sapphire Blue, & Glacier Gray) menjadikannya pilihan yang tepat untuk para pengguna yang ingin tampil bergaya.

2 komentar

Agak aneh bahwa seorang duta ZenFone mempromosikan HP merek lain
ckckckck