Info Penting untuk Penggemar Smartphone Gaming! (Coming Soon ROG Phone 7)

Info Penting untuk Penggemar Smartphone Gaming! (Coming Soon ROG Phone 7)


Kalau dekat-dekat ini kamu ingin beli smartphone gaming premium, kamu mungkin ingin menunggu sampai ROG Phone 7 rilis. Kenapa? Berikut ini adalah spesifikasi dan fitur ROG Phone 7 yang mungkin akan menarik perhatian kamu:

Spesifikasi ROG Phone 7
Smartphone gaming besutan ASUS ini menjanjikan performa tanpa kompromi. Menggunakan prosesor Snapdragon® 8 Gen 2 Mobile Platform dan 16 GB LPDDR5X RAM tentunya diharapkan dapat menjalankan semua aplikasi dan game terbaru tanpa kendala. Aplikasi besarpun sepertinya tidak akan menjadi masalah karena ROG Phone 7 akan memiliki ruang penyimpanan sebesar 512 GB UFS 4.0 ROM. Jika kamu perlu senjata untuk main game secara kompetitif, ROG Phone 7 ini bisa jadi senjata utama karena memiliki layar responsif 165 Hz Samsung AMOLED.

Untuk spesifikasi lebih lengkap, silahkan scroll ke bagian terbawah artikel ini.

Baterai, Efisiensi Daya, dan Pedinginan ROG Phone 7
Performa suatu gadget umumnya berbanding lurus dengan produksi panas dan konsumsi dayanya.

Untuk meminimalkan konsumsi daya tanpa mengorbankan kinerja, seri ROG Phone 7 memanfaatkan peningkatan efisiensi daya sebesar 15% yang ditawarkan oleh Platform Seluler Snapdragon 8 Gen 2, disempurnakan dengan sistem pendingin GameCool 7 untuk mendinginkan CPU dari segala arah.

Metode ini menggunakan pendekatan tiga cabang. Untuk sesi singkat, senyawa termal Boron Nitride (BN) di satu sisi CPU mengurangi pelambatan. Sesi tengah ditangani oleh vapor chamber yang lebih besar dan lembaran grafit di sisi lain CPU. Terakhir, untuk sesi maraton, AeroActive Cooler 7 dilengkapi dengan kipas yang ditempatkan tepat di atas modul CPU yang bekerja untuk pendinginan aktif bertenaga AI, menampilkan elemen Peltier untuk performa pendinginan ekstra.

Di ROG Phone 7 Ultimate, pendinginan ditingkatkan lebih jauh lagi dengan AeroActive Portal terkemuka dunia. Saluran masuk udara ini aktif secara otomatis saat AeroActive Cooler terpasang, mengarahkan aliran konstan udara dingin dari pendingin ke sirip pendingin vapor chamber. Hal ini secara efisien menghilangkan panas yang dihasilkan oleh SoC, serta menghasilkan peningkatan penting dalam kinerja game dan daya tahan baterai. Saat Portal AeroActive diaktifkan, efisiensi termal ponsel dapat meningkat hingga 20%.

Siklus cepat baru vapor chamber di ROG Phone 7 telah didesain ulang sepenuhnya, menjadi lebih besar, dan menggunakan teknologi baru di dalamnya. Alih-alih struktur berbentuk pilar biasa, ia menggunakan kolom sumbu berbentuk trisula khusus di tepi panjang ruangan untuk meningkatkan efisiensi. Selain itu, ada enam saluran pengembalian cairan yang berfungsi sebagai jalan raya bagi air untuk mengalir kembali ke SoC yang siap untuk siklus termal berikutnya. Lembaran grafit yang hemat panas di ROG Phone 7 juga dibuat lebih besar, dan dibentuk ulang untuk memaksimalkan perpindahan panas dari mainboard dan RF board.

Terakhir, AeroActive Cooler 7 tidak hanya menghadirkan kipas yang ditingkatkan dengan lebih banyak bilah untuk tekanan balik yang lebih tinggi, tetapi juga pendingin Peltier termoelektrik bawaan untuk daya pendinginan maksimum. Desain DualCool yang revolusioner memastikan bahwa meskipun bagian belakang ponsel didinginkan oleh pendingin Peltier, udara pendingin juga diarahkan ke seluruh layar ponsel untuk efisiensi pendinginan maksimum.

Janjikan Gaming Tanpa Kompromi
Para gamer akan merasakan kualitas suara yang terdengar sebagus seri ROG Phone 7. Speaker kembar depan 12 x 16 mm dengan volume 50% lebih efektif dari sebelumnya, serta dibantu oleh sub-woofer lima magnet super-linear 13 x 38 mm dalam pendingin AeroActive 7, yang meningkatkan volume bass hingga 77 % untuk suara 2.1 yang tidak ada duanya dalam game atau film saat pendingin terpasang. Penyempurnaan bekerja sama dengan pakar audio di Dirac memastikan kualitas suara yang tak tertandingi.  
 

Seri ROG Phone 7 memiliki semua teknologi untuk semua suara, mulai dari jack headphone 3,5 mm hingga Dirac Virtuo™ For Headphone untuk menghasilkan suara spasial layaknya teater. Dukungan teknologi Snapdragon Sound™ memastikan audio Bluetooth® dengan fidelitas tinggi latensi super rendah, jadi apa pun yang didengar oleh pengguna, telinga mereka akan dimanjakan oleh ROG Phone 7.

Fitur perangkat lunak baru meningkatkan pengalaman bermain game lebih tinggi. X Sense membantu gamer untuk mendeteksi peristiwa penting di layar, seperti saat item baru yang penting muncul di peta atau musuh mendekat dengan notifikasi pop-up. Dan jika seorang gamer mengalahkan banyak lawan dalam satu manuver, X Sense menambahkan efek visual untuk menambah efek selebrasi. X Capture adalah alat AI yang secara otomatis merekam momen tak terlupakan dalam pertempuran, seperti mengalahkan musuh atau memenangkan pertandingan.
 

Kontrol ultrasonik AirTrigger yang terkenal memberi gamer kontrol ujung jari yang tak tertandingi untuk pengalaman seperti konsol. Fitur ini mendukung berbagai gerakan, termasuk Dual Action, Press and Lift, dan Gyroscope Aiming. Ada juga 10 kontrol gerak dan motor linier sumbu X yang memberikan umpan balik haptic yang kuat, membawa gamer ke dalam aksi. Hal ini juga memungkinkan fitur Vibration Mapping yang luar biasa, yang meningkatkan pengalaman sentuh dengan memberikan umpan balik haptic yang dapat disesuaikan untuk tombol virtual di layar.

Harga dan Ketersediaan ROG Phone 7 Series
Sampai artikel ini diterbitkan, saya belum mendapatkan informasi harga dan waktu ketersediaannya di Indonesia. Namun yang pasti, ASUS menjanjikan bahwa ROG Phone 7 ini akan hadir secara resmi di Indonesia.

***

Spesifikasi ROG Phone 7/ROG Phone 7 Ultimate

Processor
Qualcomm® Snapdragon® 8 Gen 2, Octa-Core, 3.2GHz

GPU
Qualcomm® Adreno™ 740

UI
Android™ 13 with new ROG UI

Display
6.78" 20.4:9 (2448 x 1080) 165 Hz / 1 ms Samsung AMOLED display
1,000 nits outdoor readable brightness
1,500 nits peak brightness
Average Delta E < 1
111.23% DCI-P3 / 150.89% sRGB / 106.87% NTSC color gamut
Corning® Gorilla® Glass Victus™
Supports Always-On HDR display
HDR10 supported
Capacitive touchscreen with 10-point multitouch (supports glove touch)
ROG Vision (ROG Phone 7 Ultimate only)

Dimensions
173 x 77x 10.4 mm

Weight
239 g

Battery
6000 mAh typical capacity with 65 W HyperCharge adapter.

Memory
Up to 16 GB LPDDR5X RAM

Storage
Up to 512 GB UFS4.0 ROM

Sensors
In-display fingerprint sensor, face recognition, accelerometer, e-compass, gyroscope, proximity sensor, ambient-light sensor, ultrasonic sensors for AirTrigger 5 and grip press

Wireless Technology
WiFi: 802.11 be/ax/ac/a/b/g/n, (2.4 GHz + 5 GHz + 6 GHz)
Bluetooth® 5.3 (HFP + A2DP + AVRCP + HID + PAN + OPP), supports Qualcomm LDAC + aptX + aptX HD + aptX Adaptive + AAC

GPS
GNSS support GPS(L1/ L5), Glonass(G1), Galileo(E1/E5a), BeiDou(B1i/B1c/B2a), QZSS(L1/L5) and NavIC(=IRNSS)

I/O Ports
Side Ports: Type C® connector - USB3.1 gen2/DP 1.4(4K)/Hyper Charging/ QC5.0 (會向下相容QC4/QC3/PD3.0)
Pogo Pin - for AeroActive Cooler 7
Bottom Ports:
Type C® connector - USB 2.0 / HyperCharge / QC5.0
3.5 mm audio jack - headphone

Camera
Front Camera: 32 MP (Uses pixel binning to output 8 MP image)
Rear Camera:
50 MP (Main camera Sony® IMX766)
13 MP (120° ultrawide-angle lens)
5 MP (Macro)

Voice Wakeup
Yes

Speaker
Dual front facing speaker (with Dirac HD Sound), support spatial audio (Dirac Virtuo™)
5-magnet stereo speaker with Cirrus Logic amplifier for louder, deeper and less distorted sound effect.

Splash, Water, and Dust Resistance    IP54 under IEC standard 60529

NFC
Supported

Color
ROG Phone 7: Phantom Black, Storm White
ROG Phone 7 Ultimate: Storm White
Info Penting untuk Penggemar Smartphone Gaming! (Coming Soon ROG Phone 7)
4/ 5
Oleh
Add Comments

Halo! Terima kasih sudah meninggalkan komentar. Mohon maaf untuk sementara, komennya saya moderasi dulu ya karena banyaknya komen spam yang masuk.
EmoticonEmoticon