Ada Alien Ikut "The Big Blog Exchange"

"I am a college student in department of communication. I've been blogging as personal blogger since 2008. As a personal blogger, sharing stories is more than it seems, Sharing is about creating relations with others, creating bonds. I always have a dream that someday I could be a part of something big, something larger than myself, something extraordinary, something to tell to the world, that whoever we are, where ever we come from, we MUST have faith in our dream, and winning this unique opportunity is one of those dreams."
- Adityar, 23 Tahun, Grammar Pecah.

Pertama kali memulai aktifitas blogging, saya tidak tahu mau ngapain, yang ada di pikiran saya waktu itu adalah mencari pelarian, mencari tempat lain untuk bermain karena pada saat yang sama, jejaring sosial yang tergaul pada zamannya, Friendster.com sedang rentan maintenance. Jadilah saya bikin blog dengan nama "Planktonemon" yang terinspirasi oleh tokoh antagonis Sheldon J. Plankton  (a.k.a Plankton) dalam serial kartun Spongebob Squarepants. Bagi saya, Plankton adalah tokoh inspiratif dan sampai sekarang adalah tokoh antagonis favorit saya. Kami punya kesamaan: Kami sama-sama bertubuh kecil. Hingga pada suatu hari, saya memutuskan untuk mengganti nama blog menjadi Planet Kertasium yang kini kalian baca dari Planet Bumi.

Setiap blog adalah planet yang nyaman bagi blogger-nya, dan pengunjung blog adalah tamu yang selalu ditunggu kedatangannya. Sebagai seorang passionate/personal blogger yang blogging karena senang, kita tidak punya motivasi lain selain berbagi. Blogging memberikan kita kesempatan untuk berbagi cerita, menciptakan hubungan-hubungan dan ikatan-ikatan, menciptakan saling pengertian.
Adapun blog yang isinya cerita picisan sehari-hari ini, adalah sebuah pernyataan bahwa di sekeliling kita ada banyak sekali cerita, kita cuma perlu lebih memperhatikannya, lalu membaginya kepada orang lain. Hidup terlalu singkat untuk dinikmati sendiri, isn't it?

2011, Tempo Hari Menyebarkan Virus Blogging di Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin
Sampai sekarang, saya belum pernah travelling, saya belum pernah meninggalkan negara saya, meninggalkan Indonesia. Faktanya bahkan saya belum pernah meninggalkan Sulawesi Selatan. Belum pernah naik pesawat, belum pernah naik kapal laut, satu-satunya "perjalanan" yang pernah saya lakukan adalah mengendarai Banana Boat di Tanjung Bayang tempo hari, jika itu bisa dihitung. Lalu mengapa saya sok-sok-an mendaftarkan diri ke kegiatan Blog Exchange ini? Kawan, Kita harus percaya bahwa di balik perbedaan-perbedaan budaya dan kebiasaan, kita punya lebih banyak kesamaan. Kita sama-sama percaya bahwa sebuah senyuman bisa menghangatkan, kita sama-sama percaya bahwa sebuah pelukan lebih menyenangkan ketimbang sebuah celaan tentang siapa lebih baik, tentang siapa lebih superior, dan lebih menyenangkan dari peperangan (Boy, that excalade quickly). Mungkin kita cuma perlu mencari persamaan-persamaan itu.
Kita percaya kekuatan "Sharing and Caring" bisa mengubah dunia. Kita percaya bahwa Blog bisa lebih dari sekedar tempat mencurahkan hati. Blog bisa membuat perubahan-perubahan berdampak besar. Kita cuma perlu memulainya dengan langkah-langkah sederhana, lebih banyak berbagi, mungkin lebih banyak memberi.

Di The Big Blog Exchange, 16 Bloggers terpilih dari seluruh dunia, akan "bertukar" kebudayaan. Bertukar kearifan-kearifan lokal. Bertukar kampung halaman untuk menemukan kesamaan-kesamaan kecil di balik keberagaman itu. Because We Do Believe, Exchanging Culture Can Prevent War. Blog Can Change The World
Jadi, Aliens. dengan segala kerendahan hati, saya ingin berbagi mimpi untuk bisa menjadi satu dari 16 Bloggers terpilih, untuk merasakan kesempatan langka ini. Caranya sederhana, saya butuh teman-teman untuk simply meng-klik link ini, lalu klik vote, masukkan alamat e-mail, kemudian mengecek e-mail untuk meng-klik link konfirmasi yang diberikan. Vote baru dihitung setelah kita meng-klik link verifikasi yang dikirimkan.

Sementara itu, terimakasih atas perhatian teman-teman yang masih bersedia menjadi tamu di Planet ini, semoga dengan lebih banyak berbagi, kita jadi lebih banyak mengerti. Terpilih atau tidak, semoga masing-masing kita tetap punya semangat untuk sama-sama berbagi dan mengerti.

Makassar, 7 Pebruari, 2013.
Panas, meskipun Hujan Baru Saja Turun



22 comments

  1. Super sekali paragraf pertamanya.. Semoga impiannya terwujudkan. Ane sudah vote untuk abang senior. Save flight ya :D (eh?, that escalated quickly) But Amin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, iya dong. Diajari sama Mario Tegaa.
      That's escaladed quickly but amin. Thank you, Oom.

      Delete
  2. Kereeeen.. Sukses ya^^
    Sudah tak vote kakaaaa :D

    ReplyDelete
  3. semoga sukses ya, semuanya terwujud, aku doain deh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih ya, Mei. Sukses buat kamu juga :)

      Delete
  4. enggak tau kenapa kata-kata di bagian awal tu enak banget di baca. Well, goodluck!

    ReplyDelete
    Replies
    1. :blushing: Thank you, Gan. Silly Note lu juga semoga makin keren..

      Delete
  5. Wah, singan mu berat-berat sbat dari seluruh dunia ...

    Eh, yang 16 itu khusus Indonesia saja ya ... ?.

    Ya, hanya bisa bantu vote dan berdoa semoga menang sobat (^,^)b

    ReplyDelete
    Replies
    1. 16 itu udah yang finalisnya, 16 orang dari seluruh dunia kayaknya.
      Makasih doa dan votenya ya, itu udah lebih dari cukup :)

      Delete
  6. I'll vote u..Mudah2an menang ya, jdi bisa berbagi crita ttg pertukaran blooger dunia nnti..
    Oh ya,, keren skali klimat pembukannya itu.. :D

    ReplyDelete
  7. Sudah mki saya vote, Kak.
    Tinggal tunggu kiriman durian jka ini secepatnya. Haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha. Tunggu-tunggu mi paeng kiriman duriannya :D
      Saya juga lagi nunggu ini. Lha kalau gitu siapa yang kirim?

      Delete
  8. hai hai ikutan blogexchange juga ya? hehe salam kenal.. yuk exchange vote yuk :) nih link blog saya tentang bigBlogExchange http://kemalife.wordpress.com/2013/03/12/big-blog-exchange/

    dan link untuk vote http://www.bigblogexchange.org/blog/256002

    ReplyDelete
  9. smoga sukses brother...
    doa dr kmi untukmu...

    ReplyDelete
  10. Wah, ternyata bukan cuma student aja yang ada exchange-nya, ternyata blog juga bisa. Btw, tulisannya keren banget, saya sudah vote juga. Good luck :)

    ReplyDelete