TENTANG BLOG INI


Pertama kali diterbitkan tahun 2008, blog yang sekarang bernama planetyar.com ini beralamat di planktonemon.blogspot.com. Waktu itu judulnya Superplankton on Blog. Iya, ketahuilah saya menyukai tokoh Plankton di serial Spongebob Squarepants karena dia jahat.

Memasuki 2010, alamatnya diganti jadi kertasium.blogspot.com. Dikasih nama kertas mengikut ke themesnya yang ala-ala kertas-kertas begitu.

Tampilan Tahun 2011
Lihatlah header yang epik dan dibuat pakai Photoscape itu! Blog ini memang tidak pernah terkenal karena artworknya.

Tampilan Tahun 2013
Kalau ditanya kenapa nge-blog, saya tidak pernah bisa memberikan jawaban yang tepat. Pada awalnya, blog ini dibikin karena pada tahun 2008 lalu, saya sedang gaul-gaulnya di situs Friendster. Suka utak-atik tampilannya. Hingga akhirnya pada suatu hari, friendster sering maintenance dan akhirnya saya mencari tempat lain untuk mengisi waktu di warnet. Jadilah saya bikin blog.

Saya malas mengakui bahwa pada awalnya, blog ini diisi puisi-puisi. Waktu itu saya benar-benar berpikir saya bisa menulis. Hingga akhirnya Fithrah, teman sejak SMA itu menegur untuk tidak mengisi blog dengan puisi-puisi saja tapi dengan cerita.

Jadilah akhirnya sejak saat itu, blog ini diisi dengan cerita sehari-hari untuk bertukar kabar sama teman-teman baik saya itu: Fithrah di blogkuuu.blogspot.com, Ega di SetiaNegara.com, dan Kelik di KelikIsmi.com. Kelik paling banyak bikin blog dan nama-namanya pun epik semua. Ada di wondersilversky juga kalau tidak salah ingat.

Blog ini tetap diisi karena menyenangkan. Tidak butuh alasan lain. Satu-satunya hal yang saya hindari dalam mengisi blog ini adalah membacanya. Setiap kali membaca tulisan lama saya, pada saat itu juga saya ingin menghapusnya, pindah ke kota lain, dan mengganti nama.

Aturan pertama dalam ngeblog adalah, poskan dan jangan pernah baca lagi.

Di tahun 2013 pula akhirnya saya memutuskan untuk membelikan domain premium di planetyar.com, supaya lebih personal meskipun sekarang saya menyesal karena kedengarannya alay. Banyak pernik aliennya karena saya senang hal-hal berbau luar angkasa dan film kartun jadul Mojacko.

Jika suatu hari anak-anak saya menemukan blog ini, entah apa yang akan saya bilang sama mereka. Terlalu banyak hal yang memalukan dan tidak ditutup-tutupi di sini.

3 comments

  1. ehmmm..
    bulan maret memang bulan yang paling bagus untuk mencari nama..
    semoga superkertas membawa berkah kedepannya.
    AMIEN.

    ReplyDelete
  2. @ Tukang blog: "Mantap, Gang! Nama baru ini semoga membawa hoki. Soalnya yang plankton-plankton-an tidak terhitung berapa banyak orang yang make."

    @ Bizwud: "Hhe. Asix! Keren lah!"

    ReplyDelete