Menanti Smartphone Terbaru ASUS: April 2018

ZenFans sedang heboh gara-gara teaser yang baru saja diupload di halaman social media ASUS Indonesia. Menurut teaser dengan Monas sebagai subjek foto utama ini, Tanggal 23 April nanti ASUS akan meluncurkan lagi seri ZenFone terbarunya.
A post shared by ASUS Indonesia (@asusid) on

Instan, spekulasi ramai bermunculan. Netizen riuh dan mulai berspekulasi di postingan Instagram dan Facebook ASUS Indonesia, menebak-nebak ZenFone terbaru yang akan produsen asal Taiwan ini hidangkan ke atas meja mengawali tahun 2018.

Produk yang benar-benar baru (Confirmed: Global Launch)
Mari sejenak kita kepoi kebiasaan ASUS di social media. Biasanya kalau admin mengeposkan foto teaser seperti yang mereka baru saja lakukan, besar kemungkinan ASUS akan menghadirkan produk yang benar-benar baru ke pasaran. Seperti beberapa teaser menyambut produk-produk baru mereka ini:
Teaser ASUS sebelumnya
Spekulasi ini diperkuat dengan caption teaser yang berbunyi, "Kami akan segera hadir membawa Zenfone terbaru yang akan mengejutkan kamu...".
OH ADMIN, APA GERANGAN YANG HENDAK KAU SAMPAIKAN? BERIKAN KAMI PENCERAHAN!
Sementara itu, angin segar dari seorang sumber yang dapat dipertanggungjawabkan. Katanya, event yang akan berlangsung di Ibukota nanti adalah sebuah event GLOBAL LAUNCH, Indonesia dan India akan menjadi negara pertama yang akan meluncurkan produk ini, mendahului Taiwan. Jadi, sudah bisa dipastikan produk yang akan hadir ini tentu saja produk teranyar di dunia.

WAIT, WHAT? MENDAHULUI TUAN RUMAH? SEISTIMEWA ITU?

Sayang sekali ketika ditanya soal tipe, informan yang murah senyum ini hanya meminta kita menunggu. Yang pasti, ditambahkan dari informan kita ini: prosesor yang digunakan akan lebih bagus dari Snapdragon 625/626.

Updated: ZenFone yang akan hadir dekat-dekat ini akan menggunakan Qualcomm Snapdragon 636.

Hmmm...

Jajaran ZenFone terbaru ASUS 2018
Sambil menunggu, berikut ini adalah produk-produk baru ASUS yang akan dan telah hadir di pasar Indonesia tahun ini:

ZenFone Generasi 5 kembali bernama ZenFone 5
Generasi ZenFone 5
Di ajang MWC Februari lalu, Jerry Shen (CEO ASUS) dengan bangga memperkenalkan ZenFone generasi 5 yang langsung membuat heboh jagad maya. Zenfone generasi 5 sendiri akan hadir dalam tiga tipe. ZenFone 5Z dan Zenfone 5 yang identik dari luar, serta Zenfone 5 Lite. Dari foto di atas, terlihat bahwa seluruh anggota dari generasi 5 ini akan mengadopsi layar full view yang sedang trend.

ZenFone 5Z
ZenFone 5Z hadir sebagai flagship di generasi 5. ZenFone 5Z akan hadir dengan kinerja yang ekstrim sebab didukung oleh platform Qualcomm Snapdragon 845 dengan Qualcomm Artificial Intelligence Engine (AIE), RAM hingga 8GB dan ROM 256GB. Seperti seri sebelumnya, ZenFone 5Z akan memiliki dual kamera belakang. Menariknya justru datang dari sisi layar, ZenFone 5Z memiliki layar 6,2 inci all-screen dengan rasio screen-to-body 90%. Namun dari segi dimensi, ZenFone ini memiliki ukuran tak ubahnya 5,5 inci.

ZenFone 5
Adik kembar ZenFone 5Z ini hadir mengisi kelas mainstream. Secara fisik sangat mirip dengan ZenFone 5Z. Perbedaannya terletak di jeroannya yang akan dibekali Platform Seluler Snapdragon 636.

Sebagai penggemar mobile photography, saya sangat menantikan kehadiran ZenFone 5Z dan ZenFone 5. Bagaimana tidak, kabarnya kedua ZenFone ini memiliki sistem dual-camera cerdas yang bisa menyesuaikan secara otomatis, sehingga mampu memberikan foto yang sempurna setiap saat.

Yang paling membuat saya antusias tentu saja adalah sensor kameranya karena kedua tipe ini dilengkapi sensor Sony IMX363 terbaru dengan besar piksel 1,4μm, lensa dengan bukaan f/1.8. Pastinya, kamera kedua ponsel ini lebih baik dan performa lowlight yang lebih mumpuni daripada ZenFone 3 yang sampai saat ini masih saya jagokan kamera belakangnya.

Sementara, kamera sekunder di belakang ZenFone 5Z dan ZenFone 5 memiliki wide angle 120° untuk tangkapan yang lebih luas. Sistem stabilisasi four-axis optical image (OIS) yang meminimkan getaran saat memotret maupun merekam. Melalui ZenFone 5Z dan ZenFone 5 ini, ASUS mengenalkan fitur kamera AI yang akan mendeteksi 16 scene dan objek yang berbeda, AI Photo Learning, Potret Real-time dan Real-time Beautification.

ZenFone 5 Lite
Si stylish. ZenFone 5 Lite memiliki bentang layar 6 inci, dan akan hadir dengan sistem empat kamera. ZenFone 5 Lite akan hadir dengan kamera utama beresolusi tinggi: 20MP dengan sensor Sony di bagian depan dan 16MP di bagian belakang. Uniknya lagi, baik kamera depan maupun kamera belakang memiliki wide angle 120° sehingga mampu menangkap objek yang lebih banyak baik saat memotret, maupun saat berwefie bersama geng.

Generasi kelima ZenFone ini keberadaannya sudah sangat ditunggu di Indonesia dan diharapkan menjawab kerinduan pada Zenfone benar-benar terbayangkan mengingat ZenFone 4 versi basic tidak masuk Indonesia. Meskipun begitu, belum bisa saya pastikan ZenFone generasi 5 ini yang akan diluncurkan pada event terdekat ini. Biasanya sih, campaign generasi baru akan dilakukan dengan melakukan countdown tiap harinya. Kita tunggu saja ya.

ZenFone Max M1 & ZenFone Max Plus M1

Si baterai besar kini juga hadir dengan layar penuh
Si baterai besar makin besar! Seri ZenFone Max juga kedatangan model baru di 2018 ini. ZenFone Max M1 dan ZenFone Max Plus M1. Kedua tipe yang sangat cocok bagi para traveller hadir lebih luas dari pendahulunya, baik dari sisi layar maupun luas tangkapan kameranya.

Dari sisi baterai, ZenFone Max M1 memiliki kapasitas baterai sebesar 4.000mAh sementara ZenFone Max Plus M1 berkapasitas 4.130mAh. ZenFone 5 Max Plus M1 sendiri menjadi ZenFone pertama yang memiliki teknologi Face Unlock. Keunggulan kapasitas yang lebih dari cukup ini akan hadir untuk mendukung aktivitas penggunanya di luar ruangan.

Keduanya, baik ZenFone Max M1 maupun ZenFone Max Plus M1 sudah tersedia di pasaran dengan harga di bawah 2,8 juta rupiah.
Karena sudah tersedia di pasaran, sudah dipastikan bukan tipe ini yang akan launching tanggal 23 
mendatang.

The hype is real
Meski belum ada kepastian perihal launching yang tinggal hitungan mingguan ini, ASUS Indonesia berjanji akan memberikan kejutan bagi para penggemar juga calon penggemarnya. Di atas kertas sih alias melihat spesifikasi kasarnya sih, seluruh tipe ZenFone di tahun 2018 ini cukup meyakinkan. Kita tunggu saja sajian yang akan ditawarkan ASUS ke atas meja di tahun yang cukup meyakinkan ini. Fakta bahwa event April mendatang adalah global launch sendiri sudah sangat menyenangkan.

Menurut kalian, apa tipe yang akan dihadirkan di April mendatang?