4 Cara Bayar Indihome Selain di Plasa Telkom

Barangkali bagi saya dan generasi sebelum saya, Telkom paling akrab diasosiasikan dengan telepon rumah. Metode berkomunikasi sehari-hari sebelum hadirnya telepon seluler di kantong-kantong kita. Bersamaan dengan popupernya disket, Walkman, dan tayangan Benteng Takeshi *ketauan umurnya*.

Sementara, bagi generasi milenial barangkali sudah tidak mengenal telepon rumah, layaknya mereka tidak lagi mengenal apa itu disket dan Walkman.

Teknologi terus berkembang. Telepon rumah rumah digantikan hape, disket digantikan flashdisk, dan Walkman digantikan Spotify. Telkom tentu tidak ingin ketinggalan dalam pengembangan layanan yang disediakannya: internet.

Bukan hal baru sih, karena sebelumnya Telkom telah menyediakan beberapa layanan dalam bidang ini, sebut saja Telkomnet Instan dan Speedy. Sayangnya, usaha Telkom menuju masyarakat Indonesia melek internet melalui usaha sebelumnya rupanya tidak begitu sukses.

Berbenah, Telkom memberikan layanan unggulannya yang lain, yang saat ini diberi tajuk Telkom Indihome. Meski pada awalnya Indihome merupakan salah satu anak dari Telkom, nyata-nyatanya kami menduga bahwa indihome saat ini menyumbang pemasukan terbesar kepada Telkom.

Bagi teman-teman yang ingin berlangganan Indihome tapi masih bingung bagaimana cara bayarnya, atau bagi para pelanggan lama yang yang mencari alternatif bagaimana sebenarnya cara bayar Telkom Indihome?

Pada dasarnya cara membayar Telkom indihome ini tidak jauh berbeda dengan cara-cara di zaman dahulu kala, yakni anda bisa datang langsung ke kantor atau yang biasa disebut plasa Telkom terdekat di tempat tinggal anda. Cara ini mungkin menjadi cara yang paling disukai oleh bapak-bapak ataupun ibu-ibu yang sebelumnya berlangganan telepon rumah, karena memang sejak jaman dahulu cara inilah yang biasa mereka tempuh untuk membayar tagihan telepon.

Sayangnya, cara ini membuat anda kemungkinan untuk mengantre dan itu berarti anda membutuhkan waktu yang cukup lama setiap kali ingin membayar tagihan anda. Repot ih! Meski demikian Telkom sudah berusaha untuk memberikan kemudahan, diantaranya adalah dengan disediakannya pembayaran Drive Thru yang ada di sebagian kota-kota besar. Selain itu, kekurangan membayar tagian Indihome di Plasa Telkom adalah ketidak tersediaannya pilihan pembayaran non tunai di kantor-kantor atau plasa Telkom.

Nah berikut ini adalah 4 cara bayar Indihome selain melalui Plasa Telkom

1. Bayar Indihome di Kantor Pos
Cara ini sebenarnya mirip dengan pembayaran langsung di Plasa Telkom, yaitu dengan melakukan pembayaran melalui kantor pos yang kami yakin lebih banyak menjangkau terutama daerah-daerah pelosok di Indonesia. Sistem pembayaran yang dimiliki oleh kantor pos cukup mirip dengan sistem yang dimiliki oleh Telkom. Berarti, kekurangannya pun sama yakni tidak tersedianya pilihan untuk membayar tagihan Telkom indihome anda menggunakan non tunai. Jadi mau tidak mau anda harus siap sedia membawa banyak uang setiap kali ingin membayar tagihan internet anda.

2. Bayar IndiHome di Indomaret/Alfamart
Cara kedua yang bisa anda lakukan adalah dengan membayar tagihan anda di minimarket yang banyak bertebaran di muka bumi Indonesia. Saat ini ternyata Telkom telah bekerja sama dengan Indomaret maupun Alfamart. Anda tinggal datang ke kedua gerai tersebut dan datanglah kepada kasirnya. Lalu anda bisa menyampaikan maksud anda untuk membayar nomor telepon, nanti anda akan dimintai nomor telepon ataupun nomor ID internet anda.

Nah, biarkan mereka bekerja dan nanti anda akan diberikan tagihannya. Keuntungan dari bayar tagihan Telkom di kedua gerai ini adalah tersedianya pilihan untuk membayar non tunai, sehingga anda tidak perlu repot-repot membawa banyak-banyak uang setiap kali ingin membayar tagihan Telkom Indihome anda. Bagaimana?

3. Bayar Indihome di Bank dan ATM
Cara ketiga yang bisa anda tempuh adalah melalui bank-bank yang telah secara khusus ditunjuk oleh PT Telkom. Beberapa bank yang bisa digunakan jasanya untuk membayarkan Telkom Indihome anda adalah Bank BCA, Bank Mandiri, maupun Bank BRI. Nah masing-masing bank tersebut bisa anda manfaatkan jasanya via e banking maupun dengan cara datang langsung ke cabang-cabang terdekat yang terdapat di kota anda.

Jika anda menggunakan BCA maka anda bisa datang ke ATM BCA, masukkan pin anda, lalu anda bisa masuk ke dalam menu telepon/HP. Kemudian pilihlah menu Telkom, dan didalamnya anda bisa memasukkan kode area serta nomor telepon Indihome yang anda punya. Setelah itu anda cukup memasukkan 12 digit ID internet yang anda punya, dan bayarlah dengan saldo anda. Voila! Pembayaran dengan mudah telah anda lakukan.

Selain melalui ATM langsung anda bisa melakukan pembayaran via SMS banking maupun internet banking dengan urutan yang kira-kira serupa dengan urutan di atas. Selain itu cara-cara yang bisa anda tempuh di bank-bank lain yang ditunjuk oleh Telkom pun mirip dengan langkah-langkah di atas.

Saran kami gunakanlah bank yang memang ditunjuk Telkom sehingga anda bisa lebih mudah dalam membayar tagihan bulanan anda.

4. Bayar Indihome melalui Sepulsa

Bayar Indihome Online
Nah selain beberapa cara di atas, ada satu lagi cara yang tidak kalah mudahnya yakni cukup melalui website yang bisa anda gunakan adalah Sepulsa. Sepulsa sendiri kini sudah memperluas ke alphapay.id. Cara pembayaran pun cukup mudah, tinggal pilih menu bayar Indihome dan ikuti petunjuk selanjutnya. Mudah bukan?

2 komentar

Yang sejenis sama Sepulsa ini mulai banyak, ya. Jadi bingung mau pakai yang mana, karena semuanya sama-sama menawarkan kemudahan yang relatif sama.

Nice share, Mas Tyar. Aku sendiri baru tahu kalau bisa menggunakan Sepulsa.
Biasnaya kalau nggak indomaret ya ATM, pos tahu juga sih, tapi belum pernah menggunakannya..he

Soalnya lebih praktis ATM/indomaret..