Chiang Mai, Surga Para Pemburu Kuliner Halal di Thailand


“Bagus banget filmnya’, kata Fheny sesaat setelah kami baru saja selesai nonton film Thailand berjudul Bad Genius.
“Iya! Belakangan ini film Thailand emang lagi bagus-bagusnya!”, saya mengiyakan.
Ical yang duduk paling belakang langsung menyahut dengan suara yang kedengarannya sotoy, ”Thailand itu yang keren bukan cuma film-nya, semua soal Thailand itu keren!”
“Emang pernah ke sana?”, saya dan Fheny ragu bersamaan.

“Pernahlah! Thailand itu seru! Situs sejarahnya, budayanya! Semua pokoknya!”, Ical memperbaiki posisi duduknya. Sekarang dia kelihatan lebih sombong.

“Apalagi…”. Ical diam sebentar, menarik satu napas panjang lalu dia bilang, “Makanannya”.
***
Seperti Indonesia, Thailand juga punya segudang hal seru yang nggak kalah menarik untuk dikunjungi. Selain berbagai situs bersejarah hingga sosial budayanya, jajanan dan makanan di Thailand pun jadi salah satu daya tarik tersendiri bagi para pemburu kuliner. Bahkan, tidak jarang kamu akan menemukan rasa nano-nano mulai dari manis, asam, sampai asin dalam satu jenis makanan atau jajanan.

Untuk menjaga mood, gairah dan hasrat berburu kuliner, sebagai seorang pelancong, kamu perlu teman menyenangkan dalam perjalanan menuju Thailand seperti Thai Airways. Yap! Kebayang dong hari pertama yang harusnya penuh semangat untuk menelusuri Chiang Mai, justru hilang cuma gara-gara perjalanan yang membosankan.

Soal halal – haramnya, kamu tidak perlu khawatir. Berikut ini adalah rekomendasi kuliner halal di Chiang Mai yang bisa kita nikmati di perjalanan bersama Thai Airways:

Som Tam


Sumber: Wikipedia
Soal kombinasi rasa, Thailand memang jagonya. Kuliner Thailand memang kerap menawarkan rasa nano-nano yang nikmat dalam sepiring sajian saja, Som Tam adalah salah satunya. Makanan yang satu ini bisa dibilang sebagai rujaknya Thailand. Bahan utamanya menggunakan pepaya muda yang diiris dan disiram dengan campuran kecap ikan, jeruk nipis, cabe, garam dan gula. Kebayang nggak tuh seperti apa rasanya? Tapi sensasi yang ditawarkan Som Tam jadi kenikmatan tersendiri lho. Untuk kamu yang nggak suka pedas, kamu bisa mengatur tingkat kepedasannya sendiri.

Khao Soi

Sumber: Wikipedia
Setelah menikmati sajian yang ringan, mari mencari dan mencicipi kuliner berat seperti Khao Soi. Kamu akan disajikan mangkuk yang berisi mie kuning basah dan kering yang disiram dengan kuah bersantan. Serunya lagi, Khao Soi juga biasa ditemani daging ayam atau sapi, jeruk nipis, acar timun, bawang merah dan tentu saja cabe yang tingkat kepedasannya juga bisa kamu atur sesuai selera. Karena kamu akan berburu kuliner halal, pastikan menu yang kamu pesan adalah Khao Soi Gai (disajikan dengan daging ayam) atau Khao Soi Neua (disajikan dengan daging sapi) ya.

Gai Yang

Sumber: Wiki
Pernah mencoba menyantap daging ayam bakar dengan sepiring nasi ketan? Nah, Gai Yang adalah salah satu menu yang wajib kamu coba sendiri kenikmatannya. Kalau kamu terbiasa menikmati hidangan dengan porsi ugal-ugalan, tentunya porsi satu ayam utuh bukanlah masalah. Menariknya, daging ayam ini direndam terlebih dahulu bersama bumbu-bumbu yang membuat rasanya menjadi ajaib. Begitu pula ketika selesai dibakar, tekstur daging yang empuk, juicy dan rasa kuat dari bumbu yang ada bakal bikin lidah nggak pernah puas menikmatinya. Belum lagi saat disantap bersama nasi ketan, bikin mulut nggak pernah puas!

Khao Niaw Ma Muang

Sumber: Youtube Flavours of Asia
Namanya mungkin sulit diingat, tapi kamu pasti familiar sama yang satu ini karena sering banget muncul di akun makan-makan di Instagram. Khao Niaw Ma Muang adalah dessert yang menyajikan mangga kuning bersama nasi ketan dan disiram dengan santan. Hal menarik dari Khao Niaw Ma Muang adalah mangga yang disajikan harus manis dan matang, tapi nggak terlalu lembek. Jadi, pastikan rasa manis dan gurih dari sajian ini masuk dalam daftar perburuan kuliner di destinasi wisata Thailand pilihan mu saat terbang bersama Thai Airways.

2 komentar

Nggak cuma yang ke thailand, sih. Yang lokal-lokal juga enak nyari pake traveloka. Bisa nemu maskapai yg cocok atau tempat nginep yg nyaman. ya karena emang saya belom pernah ke thailand.. makanya tau yg lokal aja...

Denger nama chiang mai jadi inget sama penyanyi favorite, witwisit hiranyawongkul.. :)ternyata makanan disana juga enak-enak ya, apalagi ketan mangganya.. hhe