ZenFone 4 Selfie VS ZenFone 4 Selfie Pro - Mana yang Harus Kamu Pilih?


Mari kita memulai postingan ini dengan sebelas fakta menarik soal selfie:

1. Istilah selfie pertama kali muncul dalam sebuah forum Internet Australia (ABC Online) pada tanggal 13 September 2002 (sumber: wikipedia)
2. Kata selfie telah secara resmi tercantum dalam Oxford English Dictionary pada tahun 2013
3. Di Indonesia, selfie diterjemahkan menjadi swafoto dan telah tercatat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia. Swafoto sendiri berarti foto yang diambil dengan usaha sendiri
4. Sekitar satu juta foto selfie diproduksi setiap hari (sumber: mediabistro)
5. Generasi milenial diperkirakan berfoto selfie 25.700 kali dalam hidup mereka (sumber: aol.com)

6. Ada sebanyak 320.941.988 foto dengan hastag #selfie di Instagram pada saat postingan ini ditulis
7. Orang yang kali pertama menggunakan #selfie di Instagram adalah Jennifer Lee pada 16 Januari  2011 (sumber: rd.com)
8. Selfie paling terkenal di dunia diambil oleh Ellen DeGeneres pada acara Oscars 2014, selfie yang diposkan melalui Twitter tersebut telah diretweet lebih dari 3,4 juta kali (sumber: bigstarphotobooths.com)
9. Sepanjang tahun 2017, 27 orang telah meninggal saat berfoto selfie (sumber: irishtimes.com), jumlah ini melebihi kematian karena serangan hiu
10. 68% dari seluruh foto selfie telah melalui proses editing terlebih dahulu (sumber: rd.com)
11. Foto selfie tidak hanya dibuat di planet Bumi saja, pada tahun 1966 seorang astronot Buzz Aldrin berfoto selfie di luar angkasa (sumber: gizbot.com)

Kamera handphone memberi andil yang sangat besar bagi perkembangan selfie. Kalian semua pasti masih ingat kira-kira belasan tahun yang lalu, saat kamera depan di handphone belum menjadi syarat sah handphone, kita akan ber-selfie dengan membalik hanphone berkamera kualitas VGA, kemudian mengukur angle agar seluruh wajah kita sudah masuk ke dalam frame. Aktivitas ini akan semakin sulit jika ada teman yang mau masuk ke dalam frame. Oh, masa-masa yang indah nan merepotkan.

Sekarang, kualitas kamera depan smartphone telah menjadi salah satu pertimbangan penting dalam memilih gadget. Oleh karenanya, para produsen smartphone berlomba-lomba membenamkan kamera beresolusi besar di depan demi memenuhi hasrat bernarsis pada pengguna ini. Nah ngomong-ngomong soal kamera selfie, tanggal 25 Oktober 2017 kemarin ASUS Indonesia merilis dua seri smartphone khusus pecinta selfie: ZenFone 4 Selfie dan ZenFone 4 Selfie Pro.

Apa persamaan ZenFone 4 Selfie dengan ZenFone 4 Selfie Pro?

1. Dual kamera depan

ZenFone 4 Selfie dan ZenFone 4 Selfie Pro dengan dual kamera depan

Baik ZenFone 4 Selfie maupun ZenFone 4 Selfie Pro memiliki dua kamera di bagian depan. Masing-masing memiliki satu kamera utama dengan resolusi lebih besar dan sensor kamera yang lebih baik untuk menciptakan foto yang tentu lebih bagus, sedangkan kamera satunya lagi yang beresolusi lebih rendah memiliki angle yang lebih luas untuk ber-wefie atau berfoto di luar ruangan saat travelling.

Ini contoh hasil kamera utama Zenfone 4 Selfie Pro:



Kalau yang ini hasil foto pakai Zenfone 4 Selfie:


Dari segi kualitas foto kamera utama, kedua seri ZenFone 4 Selfie mampu menghasilkan foto dengan kualitas tinggi. Tidak mengherankan sih, karena keduanya menggunakan sensor kamera yang baik dengan dukungan resolusi yang besar.

Sementara itu, kamera depan yang satunya lagi khusus buat ber-wefie ria karena memiliki sudut yang sangat luas mencapai 120°. Sekilas seperti foto pakai action cam. Mode ini selain cocok untuk ber-wefie juga cocok untuk berfoto di luar ruangan pada saat travelling. Seperti foto Pungky di depan hotel Pullman ini:


*menelan ludah*

 2. Body 2.5D curved display

Desain 2.5D yang elegan
Dari segi desain body, keduanya sudah sama-sama mengadopsi desain body 2.5D curved display yang agak melengkung sehingga terlihat elegan.

3. LED flash

Flash di bagian depan maupun belakang
Di bagian depan kedua seri ini sama-sama memiliki softlight LED flash untuk mendukung selfie yang lebih cerah pada kondisi pencahayaan minim, sedangkan di bagian belakang ada real LED flash dengan intensitas cahaya yang lebih kuat dan keras. Jadi, bisa dibilang keduanya sama-sama dapat digunakan untuk berfoto pada kondisi pencahayaan minim.

4. ZenUI 4

ZenUI 4.0 yang lebih segar

Fitur ini adalah fitur yang jujur, sudah terlalu lama kita nantikan. Akhirnya ASUS melakukan penyegaran di tampilan antarmuka dan mereka menjanjikannya lebih sederhana, lebih fungsional, dan lebih nyaman dipandang mata.

5. Sistem Operasi dijadwalkan mendapatkan update Oreo
Meski belakangan ini ASUS merilis cukup banyak lini produk, ASUS terkenal sebagai vendor yang cukup loyal pada produk lawasnya. Kedua seri Zenfone 4 Selfie ini, meski saat ini masih menggunakan sistem operasi Nougat, keduanya dijadwalkan akan mendapatkan update versi Oreo bersama dengan jajaran produk pendahulunya.

Untuk spesifikasi lengkap keduanya dapat dilihat pada bagian akhir postingan ini

Kurang lebih, itulah kesamaan Zenfone 4 Selfie dan Zenfone 4 Selfie Pro. Untuk perbandingan lengkapnya kalian bisa skip ke bagian akhir postingan ini.

Yuk sekarang kita bahas apa saja perbedaan ZenFone 4 Selfie dan Zenfone 4 Selfie Pro

1. Harga
Sama-sama ditujukan untuk para aktivis selfie, Zenfone 4 Selfie dan Zenfone 4 Selfie pro memiliki beberapa perbedaan di sana-sini. Harga Zenfone 4 Selfie adalah sekitar 3,4 juta rupiah sedangkan harga ZenFone 4 Selfie Pro berada di kisaran 4,9 juta rupiah. Karena harganya berbeda cukup jauh, maka tentu ada beberapa penyesuian di spesifikasi masing-masing.

2. Sensor dan resolusi kamera
 
Perbandingan spesifikasi kamera Zenfone 4 Selfie dengan Zenfone 4 Selfie Pro

Dari segi kualitas, seperti yang sudah saya bahas di atas, kedua seri Zenfone 4 Selfie ini mampu menghasilkan foto yang sangat baik di kelasnya masing-masing. Sensor kamera Zenfone 4 Selfie terlihat lebih banyak mengandalkan Omnivision sedangkan Zenfone 4 Selfie Pro menggunakan sensor flagship buatan Sony. Di kemampuan video sendiri, Zenfone 4 Selfie Pro mampu memproduksi video beresolusi 4K, sedangkan Zenfone 4 Selfie dapat merekam full HD.

3. CPU dan GPU
Perbedaan lain yang paling mencolok ada di bagian prosesor yang digunakan keduanya. Zenfone 4 Selfie dibekali Qualcomm Snapdragon 430 Mobile Platform with 64-bit Octa-core 1,4GHz Processor, sedangkan Zenfone 4 Selfie Pro mengandalkan prosesor yang jauh lebih canggih dan lebih irit daya yakni, Qualcomm Snapdragon 625 Mobile Platform with 14nm, 64-bit Octa-core Processor FinFET LPP (Low Power Plus), Powersaving Technology.

Sementara di GPU sepertinya tidak terlalu signifikan. Zenfone 4 Selfie menggunakan Andreno 505 sedangkan Zenfone 4 Selfie Pro menggunakan Andreno 506.

4. Display
Di bagian display juga terdapat perbedaan yang sangat signifikan. Meskipun keduanya memiliki ukuran layar yang sama besarnya (5.5 inch), Zenfone 4 Selfie memiliki resolusi layar HD (1280x720) IPS sedangkan Zenfone 4 Selfie Pro sudah mengusung AMOLED display full HD (1920 x 1080).

5. Perbandingan spesifikasi

Zenfone 4 Selfie VS Zenfone 4 Selfie Pro
Keduanya cocok untuk para pecinta selfie dan wefie. Kamera depannya yang unggul di kelas masing-masing menjadikan kedua seri Zenfone 4 Selfie ini juga cocok untuk mereka yang hobi atau ingin memulai vlogging, terutama si Selfie Pro yang mampu merekam video 4K dengan kamera depan!

Dari spesifikasi sendiri, terlihat jelas kalau Zenfone 4 Selfie Pro unggul cukup jauh dibandingkan saudara kembarnya. Mafhum sih, selisih harga keduanya juga cukup jauh. Zenfone 4 Selfie Pro unggul di banyak sisi seperti processor, display, dan sensor kamera yang digunakan. Jadi, jika kalian menginginkan performa dan display yang lebih handal, pilihlah Zenfone Selfie Pro. Jika kalian menginginkan handphone sebagai alat komunikasi dan foto-foto/video, Zenfone 4 Selfie sudah sangat cocok.

Bagaimana? Tertarik meminang Zenfone 4 Selfie ini? Zenfone 4 Selfie dan Zenfone 4 Selfie Pro kini tersedia di toko-toko atau dapat melalui Official Store ASUS di Lazada.
***
Anyway terima kasih kepada kakak-kakak blogger idolaku Koh Huang, Ghana, dan Pungky sudah mengizinkan saya mengunakan foto kecenya di postingan ini. Love you, guys :*

2 comments