Provider Internet Terbaik (Opini & Pengalaman Pribadi)



Disclaimer: Postingan ini tidak dibayar oleh pihak manapun dan murni ditulis berdasarkan pengalaman pribadi. Kecepatan dan luasnya jangkauan yang dimaksud dalam postingan sangat mungkin berbeda di lokasi kalian berada.

Kemarin (Jum'at 28 April 2017), situs web Telkomsel diretas sehingga tidak bisa diakses sebagaimana mestinya. Yang lucu adalah, peretas yang sampai sekarang belum diketahui orang (atau tim) itu meninggalkan pesan yang cukup menggelitik:

Murahin harga KUOTA INTERNET b*ngs*t...!!!
Lu jadi operator kagak usah mahal mahal. Ta*k
Pegimane bangsa Endonesia mau maju kalo internet aja mahal. B*bi
Makan aja susah apalagi beli kuota internet. Mony*t
Murahin harga kuota internet. Ny*t! Kagak usah pake dibagi-bagi 2G/3G 4G. Gobl*ggg
Gue kagak butuh HOOQ. VIU iming-iming kuota music ame video lu. Anj*ngg!"
Gue cuma butuh KUOTA INTERNET. TITIK.

Nah yang lebih lucu lagi adalah, pesan yang ditinggalkan oleh si peretas dianggap mewakili para jomblo pengguna layanan operator tersebut, pasalnya para netizen melalui Twitter dan social media lain ramai-ramai mengamini pesan yang ditinggalkan si peretas.

Provider lain turut nge-tweet
Beberapa saat kemudian, #IndosatLemot menjadi Trending Topic di Twitter dan tadi pagi salah satu subdomain Indosat (http://arena.indosatooredoo.com/) turut diretas. Peretasnya entah siapa tapi sepertinya berbeda dengan peretas web Telkomsel.

Belakangan ini para provider internet bak perang harga. Yang diuntungkan oleh perang harga itu? Tentu kita pelanggan sebab kita jadi punya banyak pilihan. Mereka (para provider internet) pun tidak hentinya menawarkan promo terbaru. Beberapa promo itu yang menyenangkan, dan beberapa lagi tidak. Ini adalah pengalaman pribadi saya mencoba beberapa provider internet beberapa bulan belakangan ini.

Lokasi di beberapa bagian kota Makassar, jadi sekali lagi sangat mungkin berbeda dengan beberapa daerah lain di Indonesia.

1. Review Indosat Ooredoo di Makassar
Harga: 65rbu
Kuota: 24 GB 4G, 3Gnya lupa berapa

Review: Kuota berlimpah dengan harga murah ini ternyata tidak diimbangi dengan kualitas jaringan. Rumah saya yang oleh provider lain masih terjangkau jaringan 4G ternyata tidak dijangkau oleh Indosat. Alhasil, kuota melimpah tidak dapat tidak dapat saya gunakan. Untungnya, jaringan HSDPA masih dapat jadi saya masih bisa menggunakan aplikasi messenger. Barulah ketika di kampus Unhas (Kecamatan Tamalanrea) kuota 4G ini bisa digunakan. Kecepatannya sebenarnya sangat memuaskan mencapai 1 hingga 2 Mbps ketika saya mencoba mendownload file dari internet menggunakan Internet Download Manager (IDM). Agar tidak rugi, saya menghabiskan sisa kuota tersebut di kampus selama beberapa hari dan segera beralih ke provider lain.

Kesimpulan
Harga: 5/5
Kecepatan: 4/5 (jika ada 4G kecepatannya sangat memuaskan)
Luas jangkauan: 2/5 (sewaktu saya gunakan masih banyak daerah yang belum tercover 4G)

2. Review Telkomsel di Makassar
Harga: Variatif
Kuota: Variatif

Review:
Dulu pernah saya mendapati kartu perdana dengan kuota 12GB (10GB 4G + 2GB 3G) dengan harga 55rbu, sekarang perdana ini sudah sangat sulit saya temui. Saya menuliskan variatif karena paket internet yang ditawarkan provider yang baru saja kena retas ini memang sangat variatif. Ada beberapa nomor yang beruntung bisa membeli dengan harga yang sangat murah, sisanya cuma bisa gigit jari karena harga paket internet si merah ini memang dipandang cukup mencekik, apalagi buat saya yang isi dompetnya sering disarangi laba-laba.

Selain itu, pembagian kuota internet cukup membingungkan. Dengan promosi 12GB, ternyata tidak semuanya bisa digunakan untuk mengakses internet. 5GB hanya bisa digunakan untuk mengakses HOOQ, sisanya kadang terbagi lagi menjadi paket data lokal dan wifi yang sampai sekarang tidak saya mengerti bagaimana maksudnya.

Soal kecepatan dan luas jangkauan, provider satu ini memang patut diacungi jempol. Tapi ya itu, harga untuk membeli paket internetnya saya rasa masih cukup mahal dan pembagian kuotanya (HOOQ, VIU, Paket data lokal, dan paket wifi) cukup membingungkan.

Kesimpulan
Harga: 2/5 (termasuk mahal ditambah dengan pembagian kuota layanan yang tidak perlu)
Kecepatan: 5/5
Luas jangkauan: 5/5

3. Review Smartfren di Makassar
Harga dan kuota: Cukup isi pulsa Rp. 60.000,- langsung dapat Paket GSM+ 4G, yakni kartu perdana Smartfren yang bisa digunakan di ponsel non smartfren. Langsung dapat bonus kuota 13 GB dan pulsa Rp 60.000,- tadi masih bisa digunakan untuk membeli paket internet lain.

Review: Saya memasang kartu Smartfren GSM+ di perangkat Zenfone 3 dibantu oleh mba-mba CS yang cantik di galeri Smartfren. Tidak butuh waktu lama dan banyak settingan karena Zenfone 3 memang kompatibel di frekuensi Smartfren. Sesampai di rumah, saya langsung melakukan tes kecepatan Smartfren di Makassar dan mendapati hasil yang sangat memuaskan.


Soal kecepatan, Smartfren menjadi provider internet dengan kecepatan paling handal yang pernah saya rasakan. Kecepatan download dengan IDM mencapai 2 hingga 5 Mbps. Sayang sekali hubungan kami hanya bertahan sebulan karena harga paket selepas masa promo ini saya rasa masih cukup mahal. Dengan biaya Rp. 60.000,- di bulan kedua hanya dapat 2GB + bonus 2GB (total 4GB),  dan 12GB tengah malam alias paket tengah malam.

Kesimpulan
Harga: 4/5 (cukup murah pada promo bulan pertama). Bulan berikutnya cukup mahal.
Kecepatan: 5/5 alias sangat memuaskan
Luas jangkauan: 4/5. Dukungan jaringan 4G di kota cukup memuaskan.

4. Review Tri di Makassar
Harga: 45rbu - 55rbu
Kuota: 33GB (30GB 4G, sisanya 3G)

Review: Entah ini terjadi pada semua orang atau kesialan saya pribadi. Tempo hari ketika saya membeli kartu perdana 4G Tri, paket 4G sudah tercatat tapi ternyata kartu perdana yang saya beli belum mendukung 4G. Alhasil, saya harus jauh-jauh ke Tristore untuk mengaktifkan 4G-nya terlebih dahulu. Cukup merepotkan juga sih padahal kecepatan dan besarnya kuota menurut saya sangat memuaskan. 30 GB 4G dengan jatah 1GB perhari bagi saya sangat lebih dari cukup. 45 ribu untuk internetan sebulan menurut saya adalah murah. Hubungan saya dan Tri juga hanya berlangsung singkat karena itu tadi, saya merasa repot jika harus ke Tristore untuk mengaktifkan 4G-nya.

Kesimpulan
Harga: 5/5
Kecepatan: 4/5
Luas jangkauan: 3/5, kadang-kadang 4G hilang

5. Review XL di Makassar
Harga: Rp. 55rbu - 65rbu
Kuota: 16 GB (14GB 4G, 2 GB 4G/3G/2G)

Review: Barangkali XL adalah provider yang paling stabil. Harganya cukup terjangkau, paket langsung aktif, jangkauan luas, dan kecepatan juga cukup memuaskan untuk browsing di handphone. Memang sih, tidak sekencang provider lain di atas, loading foto dan video di Instagram juga kadang-kadang ngadat (tidak sering, tapi terjadi) tapi bagi saya worth it lah dengan harganya.

Kesimpulan
Harga: 5/5
Kecepatan: 3.5/5
Luas jangkauan: 5/5

***

Sekali lagi, saya tidak dibayar untuk membuat review ini dan murni berasal dari pengalaman pribadi. Semoga bisa membantu untuk yang membutuhkan :)

4 comments

  1. No comment ka saya deh.. hehehhehe
    *lahh itu sudah komen*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baiklah kalau begitu, saya juga tidak akan balas

      *lah itu sudah balas*

      Delete
  2. Kalo aku biasanya pakai Tri buat internetan.
    Harganya lebih miring tapi kadang sinyalnya sering E.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bergantung lokasi emang semuanya, kalau di tempatku Tri ini lumayan kencang kok.

      Delete