Malam Minggu Sama Tyar 1: Header-header yang Pernah Menghiasi Blog

Selamat malam Minggu, Aliens. Selamat datang di postingan Malam Minggu Sama Tyar, atau yang lebih gampangnya disingkat MalMingSamTy. Maaf mengecewakan, tapi tidak ada yang spesial di rubrik kali ini. Melintang-melinting di dunia blog, belakangan ini saya menyadari bahwa hampir semua blogger-blogger yang saya kenal punya agenda di blog mereka masing-masing yang diposkan secara rutin dan saya tidak punya agenda semacam itu.

Belakangan ini, saya juga mikir sudah semakin malas menulis di blog entah apa alasannya, beda sama dulu waktu pertama kali mulai ngeblog dan tidak punya komputer tapi postingannya rajin (meskipun postingannya tidak jelas). Sekarang sudah punya laptop dan modem, tapi menulis di blognya makin malas. Di rubrik ini, saya ingin bercerita hal-hal tidak penting soal saya. Iya, soal saya. Kalau mau, sila klik tombol close di sudut kanan atas, tapi kalau tidak, mari berteman :)

Jadi, komunitas blogger Makassar AngingMammiri.org baru-baru ini punya agenda baru, semacam saling me-review blog. Nah, blog Planetyar.com dapat giliran pertama untuk di review oleh Mbak Rahmah di blognya. Kalau mau baca review penuhnya, kalian bisa klik di sini.

Kalau kalian membacanya, Mbak Rahmah mengomentari blog saya yang tidak punya header. Iya, template blog saya memang sedang bermasalah. Template blog ini memang tidak mendukung untuk ditambahkan header. Dulu ada semacam popular post sebagai headernya, tapi entah kenapa, mungkin skripnya rusak jadi untuk sementara saya sembunyikan.

Ngomong-ngomong soal header blog, ini adalah beberapa header blog yang pernah saya pakai sebagai identitas:
1. Header Planktonemon.blogspot.com

Header Pertama Planktonemon
Kalau kalian membaca blog ini di awal-awal, kalian pasti familiar sama header super lebar yang satu ini. Kalau tidak salah header ini dipakai tahun 2008-2010, pokoknya awal-awal ngeblog. Dibikinkan sama Fithrah. Iya, dulu nama blog saya Planktonemon.blogspot.com, tagline headenya Imagination Encircles The World, kalau tidak salah itu kutipan dari Albert Einstein. Paling tidak, itu yang om Google bilang.

2. Ganti ke Kertasium.blogspot.com


Blog ini memang sering sekali ganti-ganti nama dan labil. Ini sekitaran tahun 2010-2011 kalau tidak salah. Taglinenya masih sama, yang beda cuma lebarnya yang menyesuaikan sama template yang tidak full lebar lagi.

3. Planet Kertasium


Seperti yang sudah saya bilang sebelumnya, blog ini memang labil. Setelah Port of Kertasium. blog ini namanya diganti jadi Planet Kertasium. Header ini juga kalau tidak salah tahun 2010-2011. Pastinya kapan, saya sudah lupa.

Untuk pertama kalinya, blog ini saya bikinkan header sendiri tanpa bantuan Fithrah. Dengan kemapuan desain saya yang membahana dengan software Photoscape, lahirnya mahakarya berupa header yang kalau dibagikan gratispun ini, pasti tidak ada yang mau ambil.

4. Planet Kertasium dan Ihkwal Penghuninya


Lagi-lagi dengan kemampuan desain grafis saya yang membahana, saya kembali bikin header sendiri. Taglinenya menjadi Planet Kertasium dan Ikhwal Penghuninya (yang tampan belaka). Melihat dari headernya, jelas sekali kalau saya alay. Mungkin waktu itu saya kerasukan setan alien yang kabur dari Area 51 sampai header blog saya jadi dipenuhi koloni alien seperti itu. Kalau header ini dibikin waktu umur saya 21, berarti tahun 2011.

5. Planet Kertasium versi Fithrah


Fithrah akhirnya kembali dan menyelamatkan desain blog ini dari senutuhan tanganku sendiri. Mungkin dia iba melihat tampilan header blog ini sepeninggalnya. Jadilah header yang paling saya suka ini, yang waktu itu bisa di-klik di beberapa bagian.

Yah begitulah, sepertinya Fithrah memang satu-satunya orang yang bisa menyelamatkan blog ini dari kejahatan pemiliknya sendiri. Barangkali kalau blog ini hidup dan bisa punya perasaan, dia mungkin lebih senang disentuh sama Fithrah dari pada sama saya

Sampai jumpa di malam Minggu berikutnya, i hope this tidak membuatmu bosan :)

6 comments

  1. Wah, itu bagus headernya... desainnya pasti rumit
    Hadeh, emak-emak rempong sudah malas mikir desain kecuali desain makanan biar si kecil lahap makannya...

    ReplyDelete
  2. Tapi dari dulu udah konsisten sama alien-alienan ya. Mantep. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemampuan desain saya juga konsisten nggak meningkat hahahahahahahaha
      *nangis di pojokan*

      Delete
  3. Setuju sama Adi, lu punya ciri khas, Dit. Planet dan aliennya. Gue sampe saat ini belum punya. Soal header, header gue lebih alay banget karena pake buatan sendiri. Yang sekarang itu karena sentuhan tangan Tata. Muka gue dibikin vector, hehe.

    ReplyDelete
  4. Tapi aku syukaaaa aliennyaaaa.. :D Btw, di Criminal Case lagi ngebahas tentang alien-alien gitu.. Okesip.

    ReplyDelete
  5. MalMing SamTy -_______________-
    Masih beruntung ya ada temen yang mau bikinin header. Nah headerku isinya tulisan doang. Kerasa banget ruginya kalo gak punya kemampuan design grafis. Hiks.

    ReplyDelete