A Quick Update: Jika Saldo di ATM Berkurang dan Uang Tidak Keluar

Pendeknya, kamu mau tarik uang di mesin ATM, saldomu berkurang dan uang tidak keluar. Itu yang saya rasakan pada akhir tahun 2014 yang lalu. Cerita lengkapnya bisa kalian baca di sini.

Kalau hal ini juga terjadi sama kalian, ini adalah beberapa hal yang bisa kalian lakukan:
1. Tetap tenang, tarik nafas dalam-dalam. Di dalam mana? Jangan banyak tanya. Cukup tarik nafas dalam-dalam. Jangan terlalu dalam. Jangan lupa hembuskan kembali.
2. Hindari hal-hal yang dapat memancing Anda untuk melakukan hal-hal aneh, misalnya jangan mendekati tiang sutet, kalau-kalau muncul pikiran Anda untuk memanjatnya.
3. Jika Anda kurang apalah saldo Anda benar-benar berkurang, cetaklah mutasi rekening di ATM terdekat. Bagaimana caranya mencetak mutasi rekening? Pilih menu informasi rekening.
4. Apabila di mutasi rekening tercetak jumlah yang sama besarnya dengan jumlah yang Anda niatkan untuk tarik tapi uangnya tidak keluar, berarti saldo Anda telah benar-benar terpotong.
5. Jika ini terjadi, Anda boleh panik. Jangan nekat. Jika panik masih berkelanjutan, ulangi langkah dari langkah 1.
6. Apabila ini terjadi pada rekening Anda, lanjutkan ke poin nomor 8
7. Apabila ini terjadi pada rekening orang lain, sebut saja rekening ayah/ibu/isteri Anda, lanjutkan ke poin 12.
8. Jadi, ini terjadi pada rekening Anda, langkah yang paling mudah adalah menghubungi Customer Service lewat telepon. Iya, Anda tidak perlu datang ke bank untuk memberikan laporan. Cukup menghungi Customer Service lewat telepon. Mas/Mbak Customer Service yang bersuara manis-manis ini akan menanyakan anda beberapa pertanyaan, misalnya berapa jumlah saldo yang terpotong, nomor rekening, tanggal lahir anda, di mana Anda membuka rekening, dan nama ibu kandung Anda. Jika ia menayakan nama ibu kandungnya sendiri, mungkin dia gila. Bersabarlah, jaringan ini sering sibuk dan mungkin saja terputus.
9. Jika Anda gagal melakukan telepon ini, pastikan Anda punya pulsa yang cukup dan pastikan handphone Anda sudah menyala. Pulsa 10.000,- seharusnya sudah cukup. Jika pulsa Anda kurang dan tidak punya uang untuk mengisi pulsa, berpura-puralah jadi mama minta pulsa.
10. Anda akan menerima nomor laporan yang dapat Anda tanyakan prosesnya kapanpun Anda mau.
11. Ini bagian paling berat: Menunggu. Butuh waktu yang tidak sebentar untuk menangani laporan Anda. Ini adalah kejadian yang sering terjadi. Mesin ATM bukan barang sempurna, mesin bisa rusak kapan saja. Mesin saja bisa rusak apalagi hubungan percintaan ya? Biasanya, bank akan meminta Anda menunggu sebanyak 14 hari kerja. Di kasus saya yang menarik di ATM bersama dan menggunakan rekening ibu, saya diminta untuk menunggu 20 hari kerja. Di hari ke-21, saldo dikembalikan.
***
12. Hubungi nomor Customer Service bank Anda
13. Satu hal yang perlu diperhatikan: Yang diperbolehkan melakukan laporan adalah pemilik rekening, tapi Anda bisa membantunya. Di kasus saya, saya yang membuat laporan dan menjelaskan detailnya. Customer Service akan meminta untuk berbicara dengan pemilik rekening. Ini harus dan tolong jangan dilarang.
14. Customer Service akan menanyakan beberapa pertanyaan perihal detail rekening untuk memastikan bahwa ia adalah pemilik rekening seperti nama, tempat membuka rekening, tanggal lahir, dan nama ibu kandung.
15. Anda akan menerika nomor laporan yang bisa anda cek kapan saja
16. Tunggulah sesuai waktu yang ditawarkan oleh Customer Service.
***
Seharusnya, uang Anda akan kembali, tapi butuh waktu. Saran saya, simpan semua bukti transaksi siapa tahu nanti akan dibutuhkan.

57 comments

  1. Gue pernah tuh... ATMnya ketelen, dan gue panik.
    Gue juga pernah transfer duit, laporannya gagal, saldo gue kepotong... stres sih, tapi harus dihadapi... lima menit gue tunggu, atm gue balik lagi saldonya.

    kalo yang narik duit, duitnya gak keluar saldonya kepotong.. gue belum punya jam terbangnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ATMnya ketelen berapa lama tuh ngurusnya? Musti ke bank juga apa bisa lewat telpon?

      Kalau saldo belum pernah kepotong berarti jam terbang lo di ATM masih minim, Dot haha.

      Delete
  2. Kalau kartu hampir ketelen sih pernah.
    Semoga nggak kejadian deh :| Ribet.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya jangan sampai kejadian, selalu ingat cek saldo dulu sebelum tarik tunai :D

      Delete
  3. Kalau ketelen, gue pernah. Mana di ATM publik (bukan di bank gitu). Ngurusnya hampir sebulan. :/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini kalian bertiga kok pada kompak pernah ketelen ATMnya? Kalian konspirasi ya?
      Eh kalau ATM ketelen berarti gak bisa ATM-an selama sebulan ya itu?

      Delete
  4. Waduh, aku belom pegang ATM pribadi. Semoga entar gak mengalami hal yang sama. Tapi, ribet juga ya cara buat ngelaporinnya? Trus kebayang juga perasaan kalo uangnya hilang tiba-tiba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha. Mudah-mudahan gak terjadi sama kamu. Pokoknya jangan sampai, apalagi kalau kamu masih mahasiswa. Ini mimpi paling buruk.

      Delete
  5. Bagusnya belum pernah ngalamin yang begini. Pernahnya lupa pin doang. Hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau lupa pin saya juga pernah gara-gara disuruh nyokap ngambil duit di ATM dia tapi yang saya masukkan malah kartu ATMnya saya, jadilah diblokir. Untung ngurusnya cepat, tambah lagi mbak CSnya manis banget waktu itu.

      Delete
  6. Pernah ngalamin jugaaaak.. Dan rasanya tuh pengen nangis :'(

    ReplyDelete
  7. Kalo gue malah aneh lagi, Gue udah transfer ke orang dan berhasil, tapi saldo nggak kepotong, (dilayar)
    Udah girang banget gue, langsung aja gue belanjain lagi duitnya (online shop) Dan masih nggak berkurangh saldonya, Sampe akhirnya besok gue ke ATM, mau ambil duit cash, ternyata kosong, #JEDAAARRR!!!
    fuck you mobile banking!

    ReplyDelete
  8. kalau pengalaman saya di ATm itu malah sering mau tarik uang tapi saldo tidak cukup

    soalnya di tanggal tua :))

    ReplyDelete
  9. ATM ku di ambil orang dan saldo ku di ambil semua.kira2 bisa gg ya kembali lagi saldo ku....jiaaaah...berharap.

    ReplyDelete
  10. Kalau transaksinya pake atm bersama ngubunginnya ke cust service bank kita atau cust service si mesin atm ya?

    ReplyDelete
  11. Kalau transaksinya pake atm bersama ngubunginnya ke cust service bank kita atau cust service si mesin atm ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo dulu saya hubungi cust service banknya, mba. Saya pakai BRI, transaksi di mesin ATM bersama BNI, saya hubunginya CS Bank BNI. Nanti kalau ditanya di ATM mana, bilang aja di ATM bersama BNI. Kalau saya dulu gitu, mba.

      Delete
  12. aku pernah ngalamin ngambil duit lumayan banyak saldo kepotong duit g kluar pas hari sabtu bank tutup nlfn custumer g diangkat. baru senin nya ke BRI laporan bilangnya 21 hari bkal diproses tp hampir 1 th mana duit g dikembaliin jg sampe struknya ilang tulisannya. terus gimana dong ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada struk y mb.kmren q g ad struk y.ATM BRI sering eror y

      Delete
    2. Ada struk y mb.kmren q g ad struk y.ATM BRI sering eror y

      Delete
  13. Kalo cuma ATM ketelen ane uda sering pake banged..yaa endingnya jadi tamu tetap di bank dah, ampe hafal tuh petugas customer servicenya sama ane..kalo saldo terpotong pas narik uang di ATM, ane baru 2x ngalamin di bank berbeda..
    Intinya harus sabar aja nunggu, jangan lupa trus bedoa biar duitnya bisa cepetan balik ke kandang ehh ke rekening maksudnya, tuh moment terKamvret yg pernah ane alamin...

    ReplyDelete
  14. Mau tanya dong gua kan baru bikin rek bca baru nih kemaren trs bsk nya gua mau tarik itu uang yg pas pertama gua bikin sebelum nya gua cek saldo dulu kan nah taunya saldo nya 24rb doang sedangkan gua masukin saldo awalnya aja 500ribu kalo kaya gtu gimana ya

    ReplyDelete
  15. ya sya tdi baca artikel ,kejadianya sama sperti sya sekarang pngambilan atm bersama di bri..saldo kepotong 500.000 dan uangnya ga keluar .sdah lama lama nunggu..sya sdah laporan cs bcanya..dan dapat no laporanya, itu mesti sering menghubungi lgi ga ke call center banknya. ?

    ReplyDelete
  16. Barusan tadi sre narik tp uang y g keluar saldo udh kepotong .cek saldo lgi .ehmmm bner2 udh kepotong saldo y.jadi besok hrs ke Bank aj y?

    ReplyDelete
  17. Barusan tadi sre narik tp uang y g keluar saldo udh kepotong .cek saldo lgi .ehmmm bner2 udh kepotong saldo y.jadi besok hrs ke Bank aj y?

    ReplyDelete
  18. Ane lg nunggu ni 21 hari kerja saldo kepotong uang ga keluar katanya si...... meain atm nya kosong. Kampret ni.......

    ReplyDelete
  19. Ane lg nunggu ni 21 hari kerja saldo kepotong uang ga keluar katanya si...... meain atm nya kosong. Kampret ni.......

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mesin ATM kosong emang ga ada notifnya ya, mas? Ane belum pernah ngalamin yang kayak gitu.

      Delete
  20. Lah..aku jg baru aja tarik tunai gk keluar duit laporan sukses,, silahkan ambil uang anda, bunyi ATM itung duit tapi zonk.. panik bgt, krn nominale maksimal penarikan,
    Udah telp CS, mudah2an bisa balik jg ya.. Hrs sabar krn ni malming,bank buka senin, hadehh.. Pusiang dah..

    ReplyDelete
  21. Lah..aku jg baru aja tarik tunai gk keluar duit laporan sukses,, silahkan ambil uang anda, bunyi ATM itung duit tapi zonk.. panik bgt, krn nominale maksimal penarikan,
    Udah telp CS, mudah2an bisa balik jg ya.. Hrs sabar krn ni malming,bank buka senin, hadehh.. Pusiang dah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha, Iya mas Diki. Nunggunya itu yang bikin bete. Udah balik duitnya?

      Delete
  22. Iya jadi tadi saya ngambil uang di atm bersama eh atm saya ketelen. Dan uangnya gakeluar. Yg bikin sedih saldo saya ikut berkurang.. kira2 bisa balik lgi ga saldonya

    ReplyDelete
  23. Hello,
    Ini adalah untuk memaklumkan kepada orang ramai bahawa Puan Jane Alison, pemberi pinjaman pinjaman peribadi mempunyai membuka peluang kewangan untuk semua orang yang memerlukan apa-apa bantuan kewangan. Kami memberi pinjaman pada kadar 2% kadar faedah kepada individu, syarikat dan syarikat-syarikat di bawah terma dan syarat yang jelas dan mudah difahami. hubungi hari ini kami melalui e-mel supaya kita boleh memberikan syarat-syarat pinjaman dan syarat-syarat kami di: (saintloanss@gmail.com)

    ReplyDelete
  24. Aku sudah diprogram dan blanked kartu ATM saya untuk
    menarik maksimum sebesar $ 50.000 setiap hari untuk maksimal 20
    hari. Saya sangat senang tentang hal ini karena saya punya tambang minggu lalu
    dan saya telah menggunakannya untuk mendapatkan $ 100.000. mark MR wesley adalah memberikan kartu hanya untuk membantu orang miskin dan membutuhkan meskipun itu adalah ilegal tetapi
    adalah sesuatu yang baik dan dia tidak seperti berpura-pura penipuan lainnya
    untuk memiliki kartu ATM kosong. Dan tidak ada satu tertangkap saat
    menggunakan kartu. mendapatkan Anda dari dia. Hanya mengirimkan email
    pada wesleymarkhackers@gmail.com

    ReplyDelete
  25. Td pagi saya ambil uang di mesin atm BRI karna mesin atm bca nya lg eror .. eh malah transaksi gagal tp saldo trpotong ... kata cs BCA 12 hari proses nya .. moga aja bisa kembali saldo nya .. info donk yg udah ngalamin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seharusnya sih bisa balik, mba. Emang butuh waktu dan kesabaran sih. Semoga cepat balik ya, mba uangnya.

      Delete
    2. Aminnn ... tx ya mudah2an bisa balik scepat nya ..

      Delete
  26. lupa ngecek saldo gan , narik duit 50rb eh tiba tiba kartu keluar , ama uang dan struk nya ga kluar .
    pas ngecek saldo uda kepotong . itu gimna gan . uda ngguin 2mnt an ga kluar jga

    ReplyDelete
  27. Aku jg prnah nglamin kjadian sprti itu, kjadiannya kemarin, aku mau ngmbil uang di atm BTN, sperti biasa aku mngck sldonya terlbih dahulu, lalu q mnekan uang yg mau sya tarik, biasanya kn uangnya tdak lma kluar dri msin atmnya, tpi ini tdak, lalu sya mnunggu smpai 5 mnit uangnya pun tk kunjung kluar,tpi sldonya brkurang. :'( :'( lalu saya melapor ke satpam yg jga, lalu aku di suruh dtang bsok pagi dngan mmbawa bku tabungan, kartu atm dan ktp, kira-kira uangnya bisa kmbali gk ya kak???

    ReplyDelete
  28. Halo,
    Ini adalah untuk memberitahukan masyarakat umum bahwa Mrs Jane Alison, pemberi pinjaman pinjaman swasta memiliki membuka kesempatan keuangan untuk semua orang yang membutuhkan bantuan keuangan. Kami memberikan pinjaman pada tingkat bunga 2% untuk individu, perusahaan dan perusahaan di bawah syarat dan kondisi yang jelas dan mudah dipahami. hubungi hari ini kami melalui e-mail sehingga kami dapat memberikan persyaratan pinjaman dan kondisi di: (saintloanss@gmail.com)

    ReplyDelete
  29. Mau tarik tunai mas...di atm bersama mandiri...ehhh uang gak keluar..coba ke atm bersama yg lain tempat..malah saldo ludes...aneh ya...saldo 1.150.000 ludes tinggal 0...aneh banget..sedih ada...kesel..tapi ngurus ke bank ribet..iya klo uangnya balik??

    ReplyDelete
  30. Gmn ya,,, saya punya saldo d BCA tp saya tarik Dr atm BRI, transaksi gagal, lalu saya cek ke atm BCA ternyata saldonya hilang sesuai pengambilan td di BRI.. tanya ke customer BCA Uda berhasil ke BRI, customer BRI bilang bkan tanggung jawab BRI, bingung

    ReplyDelete
  31. Gmn ya,,, saya punya saldo d BCA tp saya tarik Dr atm BRI, transaksi gagal, lalu saya cek ke atm BCA ternyata saldonya hilang sesuai pengambilan td di BRI.. tanya ke customer BCA Uda berhasil ke BRI, customer BRI bilang bkan tanggung jawab BRI, bingung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau saya emang langsung lapor ke CS bank yang kita gunakan, bukan CS bank yang kita tarik dari ATMnya. Dalam kasus ini harusnya jadi tanggung jawab BCA.

      Delete
  32. kira2 bisa balik gk ya ,saya pake mandiri ypi tarik di bni trus pas nunggu uang gk keluar2 gimana yak....?

    ReplyDelete
  33. Saya pernah kejadian bulan lalu ,saya di transfer sama tante.tapi pas saya cek engga ada transferanya??
    kenapa bisa gitu yaa dan saldo makin berkurang

    ReplyDelete
  34. Kaya aku banget ni artikel,mau ambil uang di atm,sudah cek saldo,trus pas ambil gak kluar uang malah kartunya tiba" keluar,cek di tempat lain saldo udah kepotong,tlp cust servis gak bisa,,amsyoong terpaksa nunggu bsok hari senin dah,semoga uangnya bisa balik yee,,amiin..

    ReplyDelete
  35. Wah kasus saya ini bro..
    Suruh nunggu 14 hari kerja..
    Kira2 biasanya paling lama berapa hari ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Intinya emang harus sabar, bro. Saya hampir sebulan nunggunya :)

      Delete
  36. Rasa Panik itu sekarang sy rasakan...
    saya tarik uang di ATM BRI tp uangnya nggak keluar malah yg keluar struk yang tertulis "ATM tidak dapat memberikan sejumlah uang yg anda minta Rek. Anda Tdk Akan didebet" tp pas cek saldo malah terdebet...
    saya cetak mutasi sama Transaksinya ke debet jg...

    mau nangis rasanya...

    ReplyDelete
  37. Ini yang nulis blognya kebanyakan intermezzo tapi garing. Siapa tau yang baca blog ini lagi kesusahan eh ditambah baca kalimat2nya yang kebanyakan candaannya. Nggak bermutu banget

    ReplyDelete
  38. Saya tadi kejadian tarik uang menggunakan ATM BNI di ATM Link Mandiri, sempat panik tadinya mau ke CS BNI, tetapi karena belum sempat ternyata uang telah dikembalikan. Cara yang saya lakukan adalah dengan mengecek melalui internet Banking sehingga tahu transaksi keluar

    ReplyDelete