#KonsultanAntiMoveON Menjawab Curhat: Kenapa Mantanmu Tidak Bisa Move On?


Selamat datang di terbitan pertama Konsultan Anti Move ON Menjawab Curhat atau yang lebih gampang disingkat KAMOMC. Kasus yang akan dibedah kali ini adalah menanggapi pertanyaan, "Kenapa mantanmu tidak bisa move on?" dan bagaimana cara bijak menanggapinya.

Isi curhatannya kurang lebih kayak begini:

Halo, Kak Tyar tampan! Aku mau curhat nih. Aku sama mantan aku ceritanya lagi LDR nih (heh?), meskipun status kami sekarang adalah mantanan, kami masih berusaha untuk me-maintain komunikasi. Jadi gini, sekarang aku lagi jomblo, tapi jomblo-jomblo gini sebenernya aku banyak cowok yang PDKT-in (aku cewek by the way). Mantan aku juga katanya juga lagi deket sama seseorang. Kenapa aku bisa tau? Karena aku pernah masang alat penyadap suara dan kamera pengintai di jaketnya dia. Ihik, Becanda ding. Tadi aku bilang kalau kami masih sering komunikasi kan? Nah, aku tau kalau dia lagi deket sama gebetannya dari dia (mantanku) sendiri. Pokoknya, kalau dia punya gebetan baru, dia pasti kasih tau aku. Aku sih fine aja, menurut aku ga masalah toh itu haknya dia, kami udah ga ada hubungan apa-apa lagi. Masa' aku mau ngelarang dia deket sama cewek lain? Masalahnya, mantan aku tuh sering cerita kalau dia susah deket sama gebetannya yang sekarang karena masih sering kebayang sama aku. Gimana dong, Kak? Aku jadi bingung ambil sikap.

by Indah cewek paling manis (kata ibunya), 20 tahun, Makassar.

Dear Indah yang manis dan kawan-kawan pejuang cinta yang budiman, kalau kalian merasa senang mantan kalian susah move on dari kalian, lebih baik jangan baca tulisan ini. Isi tulisan ini tidak seindah yang kalian kira.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata "mantan" berarti bekas pemangku jabatan (kedudukan). Kalau dibawa ke ranah berpacaran, maka kata "mantan" akan berarti orang yang pernah memangku jabatan sebagai pacar kita. Dicatat: Pernah.

Konsultan Anti Move ON melihat dua kemungkinan mantan kamu tidak bisa move ON.

1. Dia sadar betapa istimewanya kamu
Kemungkinan yang pertama adalah dia telah sadar betapa istimewanya kamu setelah dia kehilangan kamu. Mungkin kamu juga berpikiran seperti ini, bahkan bisa jadi di dalam hati kalian sudah ketawa-ketawi sambil mengumpat, "Mampus lo, siapa suruh dulu nyia-nyiain cinta gue!". Dia sadar sekarang tidak akan bisa menemukan orang seperti kamu meskipun dia setiap hari sejak kalian putus, Adele sudah serak-serak parau gara-gara nyanyi Someone Like You setiap jam, setiap menit, setiap detik di playlist hapenya dia.

*Sumpah pas nulis ini, tiba-tiba kedengaran Adele - Someone Like You dari TV*

2. Dia sedang main aman
Kemungkinan yang ke dua, dia tidak benar-benar bisa move on dari kamu. Lebih tepatnya, dia belum mau move on dari kamu dengan berbagai alasan yang mungkin tidak pernah kamu pikirkan. Berbagai alasan yang mungkin dia punya adalah:

a. Gebetannya yang sekarang tidak suka sama dia - She doesn't love him back
Boleh jadi cewek yang dia suka sekarang ternyata tidak memiliki perasaan yang sama atau bahasa kerennya, cintanya bertepuk sebelah tangan.

b. Gebetannya yang sekarang susah didekati - She's not an easy one
Tenang, tenang. Konsultan Anti Move On tidak bilang kamu dulu gampang didekati. Maksudnya di sini adalah dia sedang kesusahan menarik perhatian gebetan dia yang sekarang salah satunya mungkin karena mereka terlalu banyak perbedaan atau mantan kamu merasa kesusahan memulai lagi dari awal. Boleh jadi mereka sebenarnya saling suka tapi gebetannya yang sekarang merasa belum yakin membuka hati karena mantan kamu belum menunjukkan keseriusannya.

c. Ada saingan - There's a rival
Mantan kamu bukan satu-satunya cowok yang sedang berusaha mendekati gebetannya yang sekarang.

Inti dari kemungkinan yang ke dua ini apapun alasannya adalah, ketika dia gagal mendekati gebetannya dia yang baru - dia bisa balik lagi ke kamu. Main aman. Dia bilang tidak bisa pindah dari kamu ke gebetannya yang sekarang untuk kasih tahu kamu kalau dia, yang sekarang sudah jadi mantanmu masih punya rasa sama kamu. Hasilnya kamu jadi simpati sama dia, dan lebih mudah untuk menerima dia kembali - ketika gagal mendapatkan gebetannya yang sekarang.

Dear Indah yang manis (kata ibunya), kamu adalah cewek yang baik dan kuat. Tidak semua orang yang pernah berpacaran masih bisa menjalin hubungan yang baik dengan mantannya. Jangan sampai kebaikan kamu malah dimanfaatkan sama dia. Mudah-mudahan ini tidak sedang terjadi sama kamu, mudah-mudahan mantan kamu tidak bisa move on dari kamu karena sadar betapa istimewanya kamu dan menyesal pernah menyia-nyiakan keberadaan kamu di sampingnya. Mudah-mudahan bukan karena dia tidak ingin kamu memberikan ruang bagi orang yang baru untuk kepentingan dia sendiri.

Baru-baru ini presiden republik Indonesia periode 2009-2014 telah turun jabatan. Orang yang baru telah muncul menggantikan beliau dengan niat untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan yang muncul di periode sebelumnya dan membawa negeri mencapai mimpi yang lebih indah lagi.

Seperti sebuah jabatan yang pernah diisi oleh seseorang yang cepat atau lambat akan digantikan oleh orang baru, barangkali sudah saatnya juga bagi kamu untuk membuka kembali ruang di hati kamu itu.

Atau kalau mau menjabat dua periode atau kamu mau fokus sekolah, kuliah, atau kerja dulu itu terserah kamu. Bukan urusan orang lain. Ahai, Pemirsa.
 ***
Mau curhatan kamu dibalas dengan semaunya oleh Konsultan Anti Move ON? Kirim email ke planetyar@gmail.com dengan subjek, "Konsultan Anti Move ON".

37 comments

  1. hahahahahaa.. bener tuh!
    btw, curhatan cuma ga bisa move on doang nih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Curhat semaunya aja, toh dijawab cuma semaunya :D

      Delete
  2. Bisa gini ya, keknya gue bakalan curhat jugalah. "Emang lu punya?"

    "Tapika........."

    ReplyDelete
  3. nah iya. mantan ku juga suka gitu. bilangnya belum bisa lupain. padahal gak tau kan yang sebenarnya gimana. kali aja cewek yang dia deketin malah gak ada yang suka sama dia. hahaha.
    tapi kadang ada benarnya kata orang bahwa seseorang kelihatan lebih berkilau ketika telah jadi mantan. ck.
    ya kalau gak mau jatuh ke lubang yang sama untuk kesekian kali lebih baik gak usah balikan. siapa tau nanti yang menggantikan akan lebih baik. tapi menjalin komunikasi sebagai sahabat lebih baik, daripada bermusuhan. :)

    ReplyDelete
  4. Jadi pengen curhat juga nih :D Agak nya manjur berkonsultasi dengan anda :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang saya dukun apa pake manjur-manjur -___-"

      Delete
  5. Sepertinya saya bakal nganjurin teman2 saya untuk berkonsultasi pada anda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Heru. Ajak teman-teman Anda. Bikin mereka sesat...

      Delete
  6. Ciee yang dibilang "tampan" :p
    Kalo soal banyak saingan, justru itu lebih bagus, kan? Kita jadi lebih termotivasi buat ngejar doi. Gak cuma ngolor doang dirumah. Tapi, itu motivasi gak bakalan muncul kalo saingan kita itu orang kaya, dan doi kita matre. *nangis*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha, kalau saingan kita kaya dan dia matre itu sudah tidak ada harapan lagi :|

      Delete
  7. Kalau gue punya Mantan yang gak bisa move on? Emang gue pikirin, peduli amat deh, toh gue udah move on, kan dia cuman mantan, ngapain juga di peduliin. #kejam-mode-on

    iya setuju, dia gak bisa move on bukan berarti kita istimewa, jadi gak usah sok kecantikan/kecakepan deh.

    Sapa tahu dia lagi maen aman. Punya gebetan tapi belum deal (?) dan kita cuman di jadiin cadangan buat di ajak balikan hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, komentar Priest ini perlu lebih banyak likes haha.

      Delete
  8. ~ulala... ini selalu jadi urusan dilematis buat cewek yang ndak tegaan... huft!

    ReplyDelete
  9. Yo, yang gagal move on merapat. Pada baca tulisan ini biar pada tahu gimana caranya move on dengan baik:D

    Kadang, memang move on itu menjadi sebuah pilihan yang rumit. Apalagi buat seseorang yang terlanjur sayang sama some one yang pernah ada di hatinya. Buat melupakan susah. Cara terbaik ya tetap menerima ia sebagai bagian kenangan kita. Dan segera menatap masa depan dan menata langkah mencari pasangan yang baik dan takkan pernah meninggalkan lagi:)

    ReplyDelete
  10. cie jawabannya bijak sekali nih,,emang iya sih siapa tau dia bilang kayak gitu "susah move on dari kamu" padahal dia lagi cari aman :),mesti waspada nih sama mantan yang bilang kayak gini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu satu-satunya yang bilang saran ini bijak... Bagus...

      Delete
  11. intinya adalah, UDAH NGGAK USAH BALIKAN LAGI! hahaha..tapi itu juga bisa diliat dari penyebab dulu putus loh..kalo misal putusnya krena si cowok ketahuan selingkuh, udah dah nggak usah lagi. tapi kalo putusnya karena yang lain ya...gimana ya, ane juga bingung. cinta memang membingungkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. "intinya adalah, UDAH NGGAK USAH BALIKAN LAGI!", Hidup MEYKKE!!

      Delete
  12. Hahaha itu yang ngomong dalem hati bener banget tuh. Biasa banget orang-orang kayak gitu. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Di. Lo sendiri udah bisa move on belum? Ayo konsul sini ngahaha.

      Delete
    2. Move on dari mana? gue kan udah punya pacar. *kibas poni*

      Delete
    3. Tapi pacar lo belum pasti manusia kan? *kipas bulu hidung*

      Delete
    4. Weits, jangan salah. Jelas bukan. *bakar bulu idung lo*

      Delete
  13. Sungguh pilihan yang dilematis sekali untuk si indah cewek paling manis kata ibunya itu. Setuju nih sama saran-sarannya, kalo udah pergi ya pergi aja kali. Hahaha. Oh iya, salam kenal ya mas adityar \:D/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dilematis :D
      Haha. Salam kenal juga, Deva...

      Delete
    2. Btw Deva, aku ga bisa komen balik ke blog kamu soalnya comment box kamu pakai sistem Google+, aku ga pakai Google+.

      Delete
  14. Buka klinik beginian juga nih :D

    Persoalan mantan yang gak bisa move on dari kita itu sebenernya bukan persoalan serius.. akan jadi serius kalo kita yang enggak bisa move in dari mantan..

    Btw.. analisisnya jos! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul itu, Boi. Seburuk-buruknya mantan yang tidak bisa move on dari kita, lebih buruk lagi kita yang nggak bisa move on dari mantan...

      Analisanya memang pake ekstra joss *bukan postingan berbayar*

      Delete
  15. gue bisa curhat juga

    Mantan ga bsa move on,, atau penulis yang gagal move on
    hehe

    salam kenal ya baru pertama kali kesini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha. Move on itu cuma mitos :D
      Salam kenal juga, Bro. Terimakasih sudah mampir.

      Delete
  16. Anjir hahaha nomor satunya bikin melayang, nomor duanya kampret banget!

    Ini pas buat gue yang lagi dikejar mantan. *kibas jilbab*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha, memang begitu kan kenyataannya?

      Itu mantan apa satpam, Wi pake ngejar-ngejar segala?

      Delete