(Tips Blogging) Memilih Warna Blog

Dari mana datangnya cinta? Dari mata turun ke hati.

Sejak kecil, kita sudah akrab dengan warna favorit dari hal-hal yang sederhana. Misalnya waktu masih SD dulu, kalau anak-anak cowok biasanya punya Power Rangers favorit. Atau minimal - Anggota Teletubbies Favorit.

Mencoba Googling "Tubbies Rangers" - Tidak kecewa. Sumber
Hal yang sama juga berlaku buat cewek. Mereka juga sudah pasti akrab dengan yang namanya warna favorit. Tentu saja saya tidak bisa memberikan contoh seperti apa mainan cewek yang akrab dengan warna-warni karena saya cowok yang macho. Saya tidak tahu apa itu mainan bongkar pasang, yang berbentuk dua dimensi dicetak di atas kertas bergambar tokoh cewek atau cowok lengkap dengan baju-bajunya yang bisa diganti-ganti sesuka hati. Yang paling populer tokohnya tentu saja Barbie.

Nah, perihal warna favorit inilah yang biasanya diterapkan setiap blogger di blognya masing-masing. Bagi blogger, persoalan warna adalah persoalan sensitif. Warna bukan cuma menjadi pernyataan, "ini loh warna favorit aku", melainkan bisa jadi warna yang dipilih adalah representasi (perwakilan) dari kepribadian blogger itu sendiri.

Terutama bagi para blogger personal yang sudah menganggap blog sebagai kamarnya sendiri. Sebisa mungkin, tampilan blog disesuakan dengan personality masing-masing. Inilah salah satu hal yang membuat blog sebagai salah satu media sosial lebih menarik daripada media sosial seperti Facebook dan Twitter yang begitu-begitu saja. Maksimal ganti foto cover.

Sayangnya, tidak semua warna cocok menjadi warna tema blog. Ada beberapa warna yang alih-alih bikin blog jadi lebih cantik, yang ada malah bikin pengunjung sakit mata. Misalnya aja warna merah, jingga, kuning, atau hijau yang memang warna-warna ceria dan menyala.

Contoh Warna yang bikin sakit mata
Iya, sayangnya warna-warna yang tidak nyaman di mata itu adalah warna-warna yang justru populer. Namun sekarang ada kabar gembira untuk kita semua! Kulit manggis kini ada... Ah, sudahlah.

Sejak rilisnya windows 8 ke publik, terjadi tren yang cukup populer di kalangan desainer dan netizen yaitu populernya flat icon dan metro design. Apa itu metro design? Kalian bisa membacanya lebih lengkap di halaman wikipedia di sini.

User Interface Windows 8. Sumber: Wikipedia
Meskipun pada awal rilisnya Windows 8 mendapay kritik yang tidak menyenangkan, desain yang mereka hadirkan justru memengaruhi dunia desain, tidak terkecuali dunia desain web (dan blog). Lalu apa hubungannya desain gaya metro dengan tips memilih warna blog? Desain gaya metro ini prinsipnya adalah mengedepankan kontennya sendiri. Desain yang berwarna lembut dan eye catchy akan membuat konten menjadi lebih hidup.

Contoh penerapan warna (klik untuk lihat lebih jelas)
Dari tiga contoh gambar tersebut, teman-teman mungkin sudah dapat gambaran pilihan warna yang lebih nyaman di mata dan yang membuat tulisan lebih gampang dibaca. Untuk memberikan gambaran penerapan warna metro di tulisan, teman-teman bisa melihat contoh berikut:

(Kuning) Pada hari apa kuturut siapa ke mana. Naik apa istimewa kududuk di mana. Kududuk samping siapa yang sedang mengapa. Mengendali apa supaya baik apanya.

(Kuning Metro) Pada hari apa kuturut siapa ke mana. Naik apa istimewa kududuk di mana. Kududuk samping siapa yang sedang mengapa. Mengendali apa supaya baik apanya.

Nah, bagaimana? Sudah lebih jelas lagi kan perbedaannya?

Untuk mengaplikasikan warna-warna metro ini ke blog, kalian bisa mengunjungi web ini (sila atuh di klik). Tinggal pilih warna yang diinginkan, lalu ganti warna lama di blog kalian dengan kode HEX yang kalian dapati di web tadi ke kode HTML kalian.

Oke, segitu dulu, Aliens. Semoga tips singkat ini bisa membantu kalian dalam memilih tampilan blog dan tentu saja lebih semangat lagi di dunia blogging.

Terimakasih sudah membaca. Selamat menunaikan ibadah puasa :)

 Disclaimer: Gambar thumbnail diambil dari instagram @fith101 dengan izin. Klik http://instagram.com/fith101 untuk gambar-gambar keren lainnya.

18 comments

  1. Hehehehe, iya nih bang emang warna adalah ngebuat blog, tampilan menjadicerah atau semakin cakep blog kita, kalo warna terlalu mencolok, nggak enak dilihat bang, di mata sakit -_-.

    Apalagi tu warna merah terang banget, uhh di mata sakit banget tu, jadi males gue baca nya.
    Wahh si abang, ngasih tips juga, yah memilih warna buat. blog, kalo gue sih bang suka warna ,biru, hijo, hitam, putih. nahh itu ajalah, BTW makasih udah ngasih tips nya.

    ReplyDelete
  2. nah, warna yang ngejreng-ngejreng banget kayak merah, apalagi kuning kayaknya susah banget diajak kompromi sama mata kita.. kalo yang metro masih enak buat dilihat. kalo blog ku kira2 udah nyaman dimata pembaca belum ya? soalnya aku ngga pinter2 banget memadukan warna2 atau bikin desain template yang bagus.. hehe

    kalo mau cari kode hex pake software tertentu kira2 ada apa engga ya?


    ReplyDelete
  3. itu foto pertamanya lucu banget. teletubis ranger hahaha

    iya kadang kita jadi nggak nyaman kalau kalau ngeliat blog kayak ss itu.. itu blog siapa sih??
    sering baca tentang metro UI. perpaduan warnanya memang bagus banget. nggak terlalu mencolok..

    ReplyDelete
  4. Komen kedua, Citrio error dan menghilangkan komen sebelumnya. Di tahun 2003/2004, kala pertama kali menyambangi blog teman yang tampilannya hitam. Jadi sakit mata saking gelapnya, belum lagi tipografi huruf kecil. Otot mata dipaksa kerja keras untuk memahami tulisannya. Dan berpikir, apa yang bikin enggak tersiksa bacanya? Haha.
    Warna jreng itu terlalu memantulkan cahaya, beda dengan warna lembut dan meneduhkan mata. Ya, kita harus jeli mendesain blog dan memilih warna agar tak ditinggal kabur calon pengunjung blog kita.
    Mas Tyar, tolong bikin panduan cara desain tampilan blog harus gimana. Bingung. Kayak label yang berada di atas postingan. Seperti HOME, dan lainnya. Makasih tipsnya. Aku belum ngapa-ngapain blog.

    ReplyDelete
  5. kalo mainan cewek yang dari kertas bajunya bisa di ganti-ganti waktu jaman aku namanya bepe-bepe-an kak hihihi
    Bener banget, warna di setiap blog itu menggambarkan pribadi, dan kalo warna blognya sesuai dengan keinginan kita, biasanya bisa buat penuslisnya juga semangat ngisi blognya hihihi
    Kali aku jadi suka warna metro, lebih enak di pandang mata sepertinya hehee. Kayaknya kk jago bgt ya edit-edit blog :D

    ReplyDelete
  6. Katanya cowok maho eh gak tahunya tau juga permainan cewek ujung-ujungnya. Haha

    Setuju banget, dari gambar itu warna metro jauh lebih ramah dari warna yang aslinya, bikin mata jadi bersahabat banget.

    ReplyDelete
  7. Thanks banget tips nya bro,,,

    Ada referensi... karena gue berencana mendesain ulang blog gue.. thanks before..

    ReplyDelete
  8. Tampilan lama dulu kuning, sekarang kuning metro :D

    ReplyDelete
  9. Hmm iya itu lagi nge-hits sih. Gue malah sempet kepikiran ganti template jadi yang flat/metro gitu. :))

    ReplyDelete
  10. waah... pasti sepi pengunjung tuh blog merah2 ;3
    eh tapi aku gk suka main2 warna di blog kok.. gak tau soalnya belum pernah ngatur2 warna gituan

    ReplyDelete
  11. blogku dominan item, kepbridianku surem brarti yak? wkwk XD

    ReplyDelete
  12. saya juga lagi kepengen ganti tampilan blog nih.. selama ini cuma header nya doang yang diganti

    ReplyDelete
  13. waaah gue masih nyaman dengan tampilan blog yang sekarang... belum minat ganti2 warna blog .. kalo suatu saat pengen kayaknya bisa kesini deh ya~

    ReplyDelete
  14. warna yang kuning metro kayaknya bagus tuh *brb ganti tema blog* *tapi gak jadi* *gak ada koneksi*

    ReplyDelete
  15. deh baru ka' liat banyaknya yg comment.. deh selebblog mko ini kayaknya nah tyar hahahaha

    ReplyDelete
  16. Kak Adityar, dulu pingin banget punya blog warna hitam dan merah - biar kesannya GHOTIC! Tapi kok malah mirip seperti goyang itik, akhirnya lebih enak putih. Dan pengalaman saya sempat beribu kali merubah warna template dan efek positif nya, saya jadi belajar HTML dan sebangsanya hehehe

    SALAM KENAL YA

    ReplyDelete
  17. Omong-omong tentang warna blog, warna blogku sekarang hitam... dan itu sebenarnya bukan warna favorit aku... jadinya tampilan blogku juga gak aku banget, tapi... berhubung udah 2 tahun lebih masih aja belum menemukan template yang pas, (aku sukanya pink, berbau luar angkasa, science dan alien-alien gitu) jadinya pakai yg hitam ini,ahaha... nebeng curcol ya bang :)

    ReplyDelete
  18. iya lebih ramah warna metro jadi enak di pandang :)

    ReplyDelete