Ada Alien Ikut Wisuda?


Tidak banyak yang terjadi tahun 2013 kemarin, kecuali di dalamnya ada saya yang sedang galau. Sebenarnya, saya menargetkan untuk ikut wisuda bulan September, tetapi karena terlambat ujian proposal beberapa hari, saya jadi tidak memenuhi persyaratan minimal 2 bulan mengerjakan skripsi. Saya ikut ujian proposal tanggal 8 Juli 2013, yang kata salah seorang penguji yang sangat ketat dalam urusan peraturan kampus, kami tidak akan bisa wisuda bulan September. *bahu mana bahu?

Karena perkataan beliau, kami jadi galau dan sempat mengabaikan draft skripsi itu sampai sekian lama lamanya. Tidak begitu lama, tapi sudah berdebu dan sudah tumbuh lumut di mana-mana.

Keinginan saya untuk wisuda baru bisa dilanjutkan beberapa hari setelah ujian proposal. Kurang dari 70 hari kalau tidak salah *Hah? Hari? Ini sih sudah hitungan bulan, Tyar!

Oke, saya tidak ingin membahas persoalan skripsi ini dengan banyak kalimat. Cukup 1 kata: Ribet sekali. *1 kata? Ini sih 2, Tyar! *Tuh kan, dibilang juga ribet.

Yang jelas, perubahan paling besar setelah mengerjakan skripsi ini adalah skill saya dalam mengetik menjadi lebih tinggi dan sudah naik level seperti keripik pedas.

Semakin dekat hari ujian, semakin stress saya dibikinnya. Urusan bolak-balik nge-print, ketemu pembimbing, revisi lagi, print lagi, ketemu pembimbing lagi, "ini nggak usah, ganti dengan yang ini", "tambah ini lagi, masih kurang", print lagi, ketemu pembimbing lagi, revisi lagi. Perjuanganmu itu, baru akan terbayar ketika pembimbingmu membaca lembar demi lembar draft skripsimu, lalu dengan pelan memandang kedua matamu, disertai senyum dia bilang, "Silahkan daftar untuk ujian".



1. Jaga komunikasi; Komunikasi dengan pembimbing adalah cara paling ampuh dalam mempertahankan hubungan dengan pembimbing. Semakin intens dan kualitas pertemuan dan komunikasi dengan pembimbing, niscaya akan semakin lancar proses pengerjaan skripsi kita.

2. Jangan biasakan menuntut pembimbing dan berikan mereka waktu; Misalnya, draft skripsimu baru kamu kasih hari ini, besoknya kamu sudah meminta koreksi darinya. Berikan dia waktu untuk berpikir dulu. Kamu jangan jadi orang yang suka memaksa dalam satu hubungan.

3. Pujilah penampilannya ketika Kalian bertemu; Katakan betapa cantik/tampannya dia dengan baju yang dikenakannya. Pujilah tata rambutnya.

4. Berikan perhatian lebih;

Ikuti tips menghadapi pembimbing skripsi ini dan niscaya Kalian akan bisa jadian sama pembimbing. Hal yang paling menjengekelkan selama pengerjaan skripsi adalah proses mencetaknya. Karena saya tidak punya printer, saya harus bolak-balik ke om-om printer di kampus yang terkenal galaknya. Teman-teman saya tidak ada yang lolos dari kemarahannya, saya juga pernah dimarahi karena salah memilih printer. Iya. Salah memilih mesin printer. Padahal seharusnya dia mengerti bahwa memilih memang tidak pernah jadi perkara mudah.

Pernah juga pada suatu kali saya datang pagi-pagi ke kampus untuk nge-print draft skripsi yang sudah akan dibagi ke penguji besok harinya. Tentu saja saya datang pagi-pagi supaya tidak mengantri dan bisa cepat mengantarkan ke para penguji. Semua berjalan dengan sangat baik dan lancar. Satu demi satu kertas keluar dari mesin printer dan beres. Ketika sedang merapikan dengan tenangnya, salah satu mesin printer jatuh dengan indahnya dari rak. Tepat di atas lembar skripsi yang baru saja kucetak. Tentu saja skripsi saya tidak apa-apa, kecuali pada waktu itu tinta dari mesin printer itu tumpah - tepat di - skripsi saya.
Bisa ditebak, skripsi saya yang totalnya 90-an halaman itu basah dan hitam oleh tumpahan tinta dan harus di-print sekali lagi.

LULUS!
Sebenarnya, saya dan beberapa teman-teman yang lain sudah lulus pada 11/12/13 tahun lalu. Sengaja ditulis pakai angka supaya kalian bisa melihat betapa cantiknya tanggal ujian saya. Sayangnya, karena lagi-lagi persyaratan administrasi, kami jadi tidak bisa ikut wisuda periode Desember. Waktu itu kuota wisuda sudah penuh. Jadilah kami menunggu untuk wisuda periode Maret 2014.

Akhirnya, nama dan NIM sudah ditempel di kursi gedung Baruga AP Pettarani Universitas Hasanuddin
Setelah menunggu berbulan-bulan lamanya, kami akhirnya ikut wisuda juga. *Manly tear

Sebenarnya, kemarin saya janjian sama teman-teman yang lain untuk masuk gedung bersama. Takut kesasar, namun karena sudah tradisi akan macet di jalan jika ada prosesi wisuda, kami jadi terlambat. Mace dan pace (ibu dan bapak) yang sebenarnya punya undangan sampai tidak kebagian kursi di dalam gedung. Mafhum, sekitar 1.250 lulusan Unhas akan diwisuda pada periode ini, apabila masing-masing lulusan membawa 2 orang pendamping dan suhu rata-rata di dalam gedung adalah 36 derajat celsius dan bumi bergerak mengelilingi matahari, maka jumlah pendamping yang hadir hampir mencapai 3.000 orang.

Salah satu hal yang paling saya takutkan adalah berada di tengah-tengah keramaian dan sendirian. Maka tentu saja yang saya lakukan pertama kali adalah menghubungi teman-teman lain, namun hasilnya nihil. Mungkin karena gedung terlamapau ramai, saya tidak bisa menghubungi satupun teman, bukan (hanya) karena pulsa saya tinggal sedikit.

Alien Tampan feat Tian Kids
Di antara keramaian dan kepenuhan itu, saya menemukan Tian sedang menggali-gali tanah menyembunyikan sesuatu. Jadilah Kami foto bareng.

Iya, iya. Saya tahu. Saya pendek dan toga saya kebesaran. Please Stop commenting that on the comment box!
*nangis di pundaknya Tian *nggak nyampe

Sebelumnya, saya dan Tian sudah mengatur rencana untuk membawa petasan tahun baru Cina untuk dibakar di dalam gedung, tapi karena takut dikejar satpam, rencana itu kami batalkan. Niat bawa Pylox dan spidol untuk corat-coret juga kami batalkan.

Anyway, saya belum sempat mengucapkan terima kasih kepada para pembaca blog ini. I know this will sound cheesy but, one of my motivation on finishing this study is You, Aliens. You guys are really special. Will You marry me? *eh

Makasih juga buat Anak Ilmu Komunikasi Unhas angkatan 2009 yang sebenarnya telah mendahului Kami wisuda dan masih meluangkan waktunya untuk menemani kami wisuda dan tentu saja foto-foto. Dan oh, meskipun sempat nyasar beberapa lamanya di kampus, Nunu Cumi dan Lhya yang datang membawakan bunga dan........ balon Ipin.

Klik untuk lihat foto-foto:

Cure_09 kesayangan aku banget
Tyar Fans Club
Filter ini perlu banget
Last but not least, I wanna say this to all of You :*

27 comments

  1. IH PENDEK DAN TOGANYA KEBESARAN. Hehehe. Selamat yar! Gue harus bisa nyusul juga (tanpa ketumpahan tinta printer tepatnya). :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke, Lo ngatain gue pendek dan toga gue kebesaran terus minta didoain cepat nyusul?
      Durhaka!

      Delete
  2. Ishh...Baca tulisan ini. Ada yang harus sya konfirmasi klo kita ketemu kak....hahahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayu ee... Malas na mamo sign in na gampang na ji -______-"
      Oke, konfirmasikan aku semau kamu ajah :D

      Delete
  3. selamat ya atas kelulusannya semoga dapet kerja sesuai keinginan dapet jodoh dan nikah,,sukses. btw kok loe kecil ya?? apa mata gue yg salah ?? sorry .. goodluck 4 you sob

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin... Amin... Thank You, Sob...
      Mata lo yang salah kali', coba diliat sekali lagi, kalau tetap kecil, coba tekan "CTRL +" di browser, kalau masih keliatan kecil, berarti browsernya yang salah.

      Delete
  4. congrats ya udah wisuda...
    walaupun sempat nunda beberapa kali tapi akhrnya juga wsuda...
    cara menghadapi dosen pembimbing mungkin lebih efektif lagi kalo di dalem proposal dikasih selembaran duit seratus ribu...

    selamat menghadapi kerasnya dunia!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha. Makasih, Om.
      Btw itu tips seratus ribuan versi lo udah lo praktekin belum?

      Iya, selamat menghadapi kerasnya dunia *nangis di pojokan

      Delete
  5. Selamat udah diwisudaaa.... harusnya lo sebelum wisuda dan pke toga kudu direndem minyak tanah dulu biar muat dan lebih tinggi...mudah mudahan ampuuuh!

    Peace...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terus aja gitu, komen soal toga yang kebesaran dan aku yang kekecilan. Nggak apa-apa.
      AkuRapopo.

      Delete
  6. Weii wisuda? Selamat yaaa

    Ngeliat wisudaan gini, gue jadi mau merasakan masa kuliah nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih, Om. Masih anak sekolahan ya?

      Delete
  7. hai kak... selamat ya atas wisudanya...
    aku 2 tahun lagi lah ya pake toga kayak gitu hehe *amin
    aku followers baru kakak alien :p
    salam kenal ya kak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Nurul.
      Hehe. Iya, semangat ya kuliahnya biar cepet wisuda :D
      Selamat datang di planetku, salam kenal XD

      Delete
  8. Widih.... Wisuda yg kemarin yah kak... beh asik ehh...

    Komunikasi UNHAS ternyata....
    Ia Baruga emang panes banget haha..
    wah.. kasihan mace pace nda masuk di gedung...

    tapi sukses ki selalu...kanda...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha. Thank You, Oom.
      Sama-sama. Rajin rajinko kuliah. Nanti disuruh bayar kompen XD

      Delete
  9. Ehem udah wisuda. Congratulation yaa

    Gue jadi takut nih ngebayangin skripsi.segitu ribetkah ngerjain skripsi itu?
    Tapi kan kalo udah wisuda gitu, semua jerih payah lo selama ngerjain skripsi udah terbayar.

    Sukses terus yaa buat lo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha. Iya, Om.
      Nanti lo rasain sendiri deh kayak gimana skripsi itu. Gue doain lancar aja deh buat lo. Hahaha.

      Makasih, Om. Amin. Amin.

      Delete
  10. wah Tyar selamat yaaaa akhirnya lulus juga ... S.Sos :) cieeee
    akhirnya walau sempat gagal wisuda tahun lalu dan telat ujian proposalnya its oke yg penting tahun ini benar2 lulus dan wisuda bareng temen2
    but , itu foto kamu sama temen kamu kok tingginya beda ya hahahaa "maaf
    selamat yaaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha. Iya, Mei. Baca komen Kamu, aku jadi terharu sekaligus sedih banget. Apalagi komentar Kamu soal tinggi badan itu.

      Kalau ada yang nyari, aku di pojokan. Merenung.
      :((

      Delete
  11. wah kita wisuda barengan, hahahahah maret 2014. Senasib juga ga dapet wisuda desember karena lulusnya baru bulan des 2013. Sukses ya, hidup keras nih bagi para fresh graduate pencari kerja :))))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeeyyyy... Ternyata aku nggak sendiri. Ada yang senasib.
      Selamat juga dan tetap semangat ya buat kamu :)

      Delete
  12. Ciee yg udah wisuda, cieee~ Selamat ya kak :D Semoga cepet dapet kerja. Sukses ya! AMIN.

    Sudahlah kak, jangan galau gitu. Aku juga pendek kok. Iya. Beneran deh. Gak boong *kemudian ngumpet di kolong meja*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih, doanya, dek. Amin. Amin.

      Kompak. TOSS! Sesama orang pendek harus saling meninggikan. *pukpuk Lia*

      Delete
  13. Duh.. selamat ya udah wisuda aja, padahal umur lebih muda situ. Tapi biarlah..
    Salam buat nomor 66 ye \m/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaaahhhh.... Moduss detected. Hahaha.

      Delete
  14. cie yang udah punya gelar S.sos.selamat ya udah wisuda
    semangat terus kak :)

    ReplyDelete