We Said Happy New Year!

Artwork by Fith

Saya tidak tahu dengan 2013 kalian, Aliens, tapi buat saya pribadi, tahun 2013 sudah resmi menjadi tahun yang cukup berat untuk diri saya pribadi. Pertama, di tahun ini, teman-teman angkatan di kampus graduate satu persatu dan yang bikin sedih adalah mereka graduate tanpa saya di dalamnya *PelukTiang*

Iya, rasanya aneh saja, rasanya baru kemarin kami ketemu di kampus sebagai mahasiswa baru yang polos dan penuh bekas jerawat sisa-sisa masa SMA. Sekarang, semuanya sudah fokus untuk masa depan yang lebih serius, untuk mimpi-mimpi yang semoga lebih dekat. Di manapun kalian nanti, anak-anak Komunikasi Unhas angkatan 2009, tolong jangan lupakan saya dan doakan semoga dilancarkan jalannya menyusul kalian pakai toga. *PelukTembok*
Tapi tidak apalah, bukankah kita memang sudah harus siap berpisah bahkan pada saat pertemuan baru saja kita alami? *KibasPoni*

Ke dua, tahun 2013, saya sudah dituntut untuk segera menyelesaikan studi di kampus. Iya, tidak resmi menuntut lewat jalan hukum juga sih. Tuntutan yang satu ini sifatnya informal, misalnya:
Ketika ketemu teman lama, pertanyaannya akan berbunyi, "Hei, Tyar. Bagaimana kuliahnya?"
Ketika ketemu teman baru, pertanyaannya akan berbunyi, "Oh, Tyar ini sudah semester akhir ya? Bagaimana skripsinya?"
Ketika bertemu dengan rumpun keluarga, "Wah, Tyar sudah besar. Sudah lulus kuliah ya?"
Ketika bertemu dengan guru, "Bagaimana skripsinya, Nak? Sudah selesai?"
Rasanya, seluruh dunia kompak untuk menuntutmu perihal yang satu ini.

Kalau sudah ditanya begini, biasanya Saya akan memasang wajah  cukup serius, saya pandang mata si penanya dalam-dalam, sembari saya katakan pada mereka, "Bro/Sis/Mbak/Mas/Pak/Dek/Sayang/Cinta/Madu/Honey/Mama/Bunda, sini saya kasih tips ketika bertanya".
Sambil tetap memandang si penanya dalam-dalam, saya melanjutkan.
"Tanyakanlah dulu kesehatanku"
"Lalu tanyakan kabarku"
"Lalu kau tanyakan hari-hariku"
"Baru setelah itu, Kau tanyakanlah skripsiku"
"Supaya", kata saya dalam-dalam
"Saya bisa menjawab dulu dengan tiga kali Alhamdulillah baru ditutup dengan Astagfirullah"
Lalu di penanya akan mafhum dan kalau mereka cukup baik, akan meminjamkan bahunya untuk disandari. Oke ini jijik.

By the way, banyak juga hal yang menyenangkan yang terjadi di tahun 2013 kemarin. Salah satunya saya dapat kesempatan jalan-jalan ke Semarang sama si Harda selama beberapa hari.

Saya yang pakai baju hitam, kalau kalian bingung
Di Makassar, tahun 2013 adalah tahunnya komunitas, Boi! Komunitas-komunitas tumbuh subur seperti rerumputan yang menjalar ke mana-mana. Ada komunitas pecinta jalan-jalan dan backpacking yang eksis jalan-jalan ke mana-mana, ada komunitas pecinta sosial media, ada komunitas pecinta blogging, ada komunitas pecinta berkebun, bahkan ada komunitas pecinta komunitas! Oke, yang terakhir ini ngarang.

Di tahun 2014 ini, rencananya saya akan menginisiasi pembentukan KPJ, Komunitas Peduli Jomblo. Sebuah komunitas yang berbasis dari hati dan kepedulian terhadap para tuna asmara. Ketika kopdar, kami akan menghadirkan para pemerhati jomblo dan bersama-sama mengumpulkan bahu lalu mendonasikannya kepada para jomblo ini. Mereka lebih butuh bahu ketimbang hal apapun di dunia, percayalah!

Fokus, initinya nanti di tahun 2014, mungkin akan ada lebih banyak perubahan. Iya, angkatan kami satu persatu akan menginjak usia 24 dan 25, yang seharusnya bisa lebih fokus sama depan. Statusku di kampus? Itu, mahasiswa stadium empat koma lima enam. Mati enggan, wisuda pun tak sanggup. Kalian mau tahu rasanya digantung yang sebenarnya? Itu adalah ketika kalian sudah diikutkan yudisium namun belum ditogai. Sarjana belum wisuda, pengangguran yang tertangguhkan statusnya.
PS: Bahkan sebenarnya saya sudah menyiapkan satu foto untuk nanti ditempel di ijazah. *PelukLuluTobing*


Oh iya, karena sebentar lagi diwisuda, which is a little bit sad, karena sebenarnya wisuda tidak pernah menjadi titik akhir melainkan awal. Berarti setelah itu seharusnya saya menghadapi hidup dengan lebih serius dan saya masih takut menghadapinya. Iya, kamu tahulah, kita akan selalu terjebak di pertanyaan, "Apa yang kamu lakukan untuk merasa hidup?" dan "Apa yang kamu lakukan untuk bertahan hidup".

Tahun 2014 sambil menunggu Wisuda bulan Maret, saya belum ada rencana besar kecuali memperbanyak waktu untuk memantaskan diri dan mengasah keterampilan. Saya berharap bisa punya kamera sendiri tahun ini. Mau belajar motret tapi tidak punya kamera rasanya kayak mau belajar menopang kerasnya kehidupan para jomblo sedangkan dia sendiri tidak pernah punya bahu. *Halah

Oke, saya juga berencana mau bikin channel di Youtube, semoga bisa kesampaian awal Januari ini. Saya selalu senang bikin video iseng sejak SMA pakai kamera HP yang ekstensinya *.3gp dan kualitas gambarnya SuperHD, Super Hancur Deh *Maksa. Apa isinya? Saya juga belum tahu.

Tapi yang paling penting di tahun 2014 ini, saya ingin mengucapkan terimakasih untuk kalian yang mampir ke blog ini. Dengan segala kerendahan hati, mari sama-sama kita berdoa agar tahun ini menjadi lebih baik daripada tahun-tahun sebelumnya. *Ucapannya Standar* Amin.

24 comments

  1. Hahahaha kita senasib, gue juga ditinggal wisuda sama temen2 tahun ini. Tapi lo mah udah yudisium tinggal tunggu pake toga doang, gue tinggal ujiannya doang yg belom -__-
    Hahaha... Berarti udah selangkah jadi pengangguran dong. Selamat ya.. :3

    Eh iya kyaknya baru pertama kali berkunjung di blog ini, salam kenal.. :)
    Kalo gue ada kegiatan organisasi di makasar, bikin kopdar lagi ya... Gue minta oleh2 jugak. Hahahaha xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahaha. *KetawaSetan*
      Selamat berjuang, Om. Kejar itu gelar!
      By the way sebentar lagi jadi pengangguran kok diselamatin -____-"
      Haha. Ditunggu kedatangannya di Makassar, nanti dikasih oleh-oleh Pantai Losari dibungkus kado deh. Haha.

      Delete
  2. Tiga bulan lagi wisuda ya? Haha, sama sih aku juga empat bulan lagi wisuda.
    harus siap melangkah ke depan. Menuju kerasnya dunia kerja, wkwkwk...
    Amin. Semoga penulis dan pembaca blog ini bisa jadi lebih baik lagi XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siapp... Semoga lancar, Om wisudaannya. Sudah harus siap-siap kita ini menuju kerasnya dunia.

      Delete
  3. Hahahaha. Asik kaan Maret Wisudaa. Gue menyusul! Dan semoga cepet jadi channel youtubenya yaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi, Om. Ane doain. Emang ente udah semester berapa?

      Delete
  4. Eh jadi ini yang kemarin ngasi Kukuh hadiah pas kopdar Makassar? aaahh jadi pengen jugaa.... ._.

    btw kak Tyar, aku tertarik sama channel Youtubenya, apalagi kalo entar isinya beneran 3gp, aku tertarik deh pokoknya buat liat ahaha

    ReplyDelete
  5. Hahaha, masih bekas-bekas jerawat katanya, tapi emeng bener sih, kalo semester satu ini gitu.

    Antusias banget sama resolusi 2014nya yang mau bikin KPJ, pasti banyak yang ikutan, dijamin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo, Bay. KPJ ini pasti jadi komunitas paling besar di Indonesia karena segmentasi jomblo di Indonesia ini kan begitu besarnya ~

      Delete
  6. Hahahaha pecah buat yang syukur tiga kali baru istighfar pas ditanyain skripsi. Tapi kan sudah tonji selesai skripsinya, tinggal tunggumi diwisuda. hahaha

    Semoga benar bahasa Makassar nya. X))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wets, Wawal jago tong mi bahasa Makassar
      (Wah, Wawal sudah jago Bahasa Makassar)-nya siapa yang ngajarin itu? Haha

      Delete
  7. Replies
    1. Kau jangan meko di KPJ. Di KJ meko. Komunitas Jomblo.

      Delete
  8. Hahaha itu serius kak mau bentuk komunitas pecinta jomblo... wuihh bleh dong gabung,,, saya kan jomblo *bukanpromo wkwkwk,, cieee yang etar lagi mau wisuda, #ehm selamat yaa kak di tunggu traktirannya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha. Zhie, saya ingatkan sebelum gabung di KPJ ini ya, tolong jangan ada motif pribadi. Ingat tugas utama kita adalah memberikan kepedulian pada jomblo dengan tulus hati, bukan yang lain. Ingat itu. By the way makasih ucapannya. Haha :D

      KPJ - Untuk Masa Depan Jomblo yang Lebih Baik.

      Delete
  9. itu kenapa matanya dikasih hitam2 gitu??? emmmmm
    wah jangan sedih, ditinggal temen2 wisuda harusnya membuatmu semakin giat utk menyelesaikan skripsimu?? bener ga??

    btw jadi keinget waktu aku pidato wisuda dl, "wisuda bukan akhir perjuangan, tapi awal utk menyongsong hidup baru"

    semangattt n salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pidatomu bagus dan ngena banget euy. Salam kenal :)

      Delete
  10. Waduh.. gue juga harus ikut nih dengan komunitas KPJ ini. biar para Jomblo gak terlantar kayak sekarang ini.. Lestarikan Jomblo.. Lestarikan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saat ini kami sedang membicarakan kerjasama dengan Taman Nasional Way Kambas. Semoga mereka bisa menyediakan cagar alam untuk melindungi dan melestarikan spesies Jombo ini.
      Terimakasih untuk dukungan anda.

      Delete