Tantangan @nulisbuku #FF2in1

Selamat pagi, kembali lagi bersama saya, Adityar yang kian hari kian tampan saja. Baiklah, hari ini saya membawa sebuah kabar bahwa semalam, saya secara tidak sengaja mendapati tweet dari @nulisbuku, isinya tentang tantangan yang bertajuk, "#FF2in1". Apa itu? Sederhana, #FF2in1 adalah sebuah tantangan menulis dua buah flash fiction dalam satu jam, masing-masing flash fiction cuma punya deadline selama setengah jam. Iya, setengah jam. 30 menit. Ngomong-ngomong, flash fiction sendiri adalah sebuah cerita sangat pendek, biasanya terdiri dari kurang lima ratus kata.

Tentu saja, sebagai lelaki yang juga punya impian untuk jadi penulis, saya merasa tertantang. Bayangkan, kita diminta menuliskan sebuah cerita yang kita sendiri belum tahu temanya! Temana baru diumumkan pukul 21.00 WIB, dan harus selesai diposkan di blog pukul 21.30 WIB. Iya, sesingkat itu. Begitu sudah masuk pukul 21.30 WIB, tulisan tema pertama sudah harus masuk, bersamaan dengan itu juga, tema untuk tulisan kedua langsung diumumkan dan sudah dimulai di detik yang sama. Asem.

(By the way, dua menit sebelum tantangan dimulai, di rumah saya sempat mati lampu, untungnya cuma sebentar)

Seketika saya merasa seperti menjadi peserta Masterchef, saya merasa admin @nulisbuku tiba-tiba menjelma menjadi Chef Juna yang bertato. Saya merasakan pandangannya yang sinis, bergantian dengan Chef Marinka mengingatkan, "Lima belas menit lagi". Adrenalin meningkat. Tulis, edit, tuli, tulis, tulis, edit lagi. Tulisan pertama selesai.

Kalau saya belum bilang, tema dari tantangan #FF2in1 ini diambil dari lagu. Tema pertama diambil dari lagu Sheila on7 - Waktu yang Tepat 'tuk Berpisah. Lagunya bisa kita dengar di Youtube. Koneksi internet yang memang melambat kalau sudah malam menyebabkan saya tidak sempat untuk menunggu buffer. Untungnya, saya kenal lagu ini dan memang hafal sebagian liriknya. Tanpa pikir panjang, Wush... Keyboard saya permainkan sebegitu rupa. "Tuk-tik-tak-tik-tuk-tik-tak-tik-tuk-tik-tak-tik-tuk", begitu bunyinya. Serupa bunyi sepatu kuda.

Tema kedua justru lebih menantang lagi, saya tidak tahu lagu yang ditemakan sama sekali. Akhirnya, dengan cukup membaca tema dan membaca judul lagi, saya menulis. Saya menulis dan hampir tidak tahu apa yang sedang saya tulis. Pokoknya cuma menulis, idenya cuma tentang seorang yang ditinggalkan pacarnya. Satu kalimat, dua kalimat, jadi satu paragraf, jadi dua paragraf, tiga menit terakhir, jadi sebuah flash fiction. Saya kegirangan. Saya berhasil. Saya senang, senyum, kipas angin meniup-niup rambut saya.

Itu adalah satu jam paling singkat dalam hidup saya. Wow. Sebuah tantangan yang sebegitu menegangkan sekaligus menyenangkan.
Oh iya, dear Aliens yang mau baca flash fiction saya, bisa baca di:
Flash fiction tema 1, klik di sini
Flash fiction tema 2, klik di sini

Pada akhirnya, semoga kalian suka. Kalau mau ikut, sila cek timeline twitter @nulisbuku. Oh iya, flash fiction terbaik akan mendapatkan hadiah sebuah buku. Mohon doanya ya :) *cium follower satu-satu

Sebentar lagi Jum'atan.
Makassar, 7 September 2012

9 comments

  1. widih keren juga lo yar, bisa bikin itu cuma dalam waktu 30 menit. salut gue. Gue aja ga bisa.. :)

    semoga impiannya bisa terwujud :D

    ReplyDelete
  2. Penguasaan banyak diksi dan kemampuan meracik kalimatnya sangat terasa pastinya.. Saya pernah sekali menulis fiksi [satu-satunya fiksi di blog saya], karena ditantang salah seorang teman di bandung.. dan ternyata saya kerja ber jam-jam..

    ReplyDelete
  3. Hehehe. Makasih sudah baca, Teman-teman :)

    ReplyDelete
  4. semoga impiannya terwujud ya, flash fiction lo bagus bagus :)

    ReplyDelete
  5. Ke TKP Tyar, penasaran nih hasil 2 karya dalam sejam. :)

    ReplyDelete
  6. semoga menang ya! keren bisa nulis dengan waktu 30menit :)

    ReplyDelete
  7. aku kemaren smepet baca juga di TL tentang tantangan ini..
    biasanya aku suka kerajingan ikut iven FF. tp kmren lagi males.. hehe

    mau baca FF nya ah.. k TKP dulu

    ReplyDelete
  8. sumpah lu keren banget, gue suka deh ..
    keren bisa nulis cerita fiksi dlm waktu 30 menit ..

    ReplyDelete