Tips Menghadapi Sipenmaru. Eh, SNMPTN dari Planet Kertasium


(Gambar oleh Sepriadi)

Oke, postingan ini saya dedikasikan untuk adik-adik (ciyee, kentara tuanya kamu, Tyar!) yang sebentar lagi akan menghadapi SNMPTN (Baca: SeNaMPeTaNi. Hehe). Bagi kalian yang *keterlaluan* tidak tahu apa itu SNMPTN, seperti biasa akan saya berikan penjelasan singkat karena ingat, selain tampan, saya juga adalah blogger yang baik hati (Kalau ada yang ingin muntah, ember sudah disediakan oleh panitia di sumber suara)

Itu loh, seleksi penerimaan mahasiswa baru. Yup, SNMPTN adalah salah satu pintu masuk ke perguruan tinggi negeri. Mau tahu jalan lainnya apa? Ah, Kau malas sekali. Coba googling sendiri saja sana! Kalian itu kan calon mahasiswa! Harus mandiri dong! Hehe

Oke, daripada blog ini berisikan sepenuhnya hal yang menyesatkan, pada malam hari yang bersejarah ini akan saya bagikan tips-tips bagi kalian Aliens putih abu-abuan yang sebentar lagi berstatus mahasiswa (Diaminkan dong! Nah, gitu kan bagus! Ini doa loh!). Oke, kita mulai, matikan dulu TV mu, yang belum sikat gigi, sikat gigilah dulu. Oke, serius, kita mulai.

Soal pendaftarannya, kayaknya saya tidak bisa memberi tips 'toh ternyata sekarang sistemnya sudah on-line, beda sama zaman saya dulu tahun 2008, waktu itu telepon seluler bahkan belum ditemukan (ini sumpah ngarang!). Nah, berhubung sekarang sistemnya sudah on-line dan jauh lebih mudah, teman-teman punya waktu lebih banyak untuk mempertimbangkan jurusan mana yang akan Kalian pilih nantinya, dan yang pasti punya waktu lebih banyak meyiapkan otak untuk perang urat saraf di hari H nantinya.

Oke, bicara soal jurusan, saya sarankan kalian pilih sesuai hati nurani kayak waktu Pemilu (Tapi Jangan GOLPUT!)! Serius, paling tidak kita yang kuliah dengan PASSION pastilah punya minat kuliah yang lebih juga. Ini adalah sebuah hal yang kadang dilematis (bahasanya dong!), kadang-kadang hal ini justru bertolak belakang sama keinginan orangtua kita. Yah, bicarakan dengan orang tua, ceritakan cita-cita kalian pada ibu dan ayah, toh yang akan menjalani kuliah nanti itu kan kita juga?

PENTING:
PASTIKAN URUTAN PILIHAN JURUSAN SESUAI!
Misalhnya kalian lebih mengutamakan jurusan Komunikasi daripada jurusan Pendidikan dokter (ini contoh loh, bukan SARA), pastikan jurusan Komunikasi berada di urutan awal karena itu akan jadi perhitungan! Begitupun sebaliknya jika kalian lebih mengutamakan jurusan Pendidikan dokter

Bagaimana dengan ujiannya? Berikut adalah beberapa tips yang sudah saya kumpulkan dari mereka yang pernah menjalani tes ini juga:

BEBERAPA HARI SEBELUM UJIAN
Pastikan pendaftaran tes sudah rampung dan kartu ujian sudah di tangan. Jaga baik-baik kartu ujiannya, jangan tanya kenapa! Kalau sudah lulus, kartu ini akan diminta! Jadi jagalah kartu ini sebaik kamu menjaga diri kamu sendiri (Wah, malam ini postingan saya penuh bahasa keren dan kiasan! Luar biasa!)

Kedua, satu-satunya cara untuk pintar adalah belajar (Kalimat ini silahkan kalian artikan sendiri). Buka soal-soal latihan dan diskusikan dengan teman, karena salah satu proses belajar yang efektif itu dengan saling mengajari

Yang paling penting, KEYAKINAN! Ini jurus yang teman saya, Kelik Ismi (Lulus Pendidikan dokter SNMPTN 2009) berikan! Keyakinan dan afirmasi positif itu mutlak dan selalu ingat minta doa kepada teman-teman dan keluarga. Keyakinan akan menggeser sedikit demi sedikit keraguan dan membuka lebar kesempatan (Untuk yang satu ini, saya setuju dengan Mas Kelik)

SEHARI SEBELUM UJIAN
Lengkapi Alat Tulis dan kawan-kawannya! Jangan tanya buat apa!

Dua, cek lokasi ujian kalian di mana, pastikan ruangan dan meja sesuai yang tertera di kartu ujian. Ini penting untuk menghidari musibah nyasar di hari ujian

Tiga, istirahat karena besok adalah hari yang besar

HARI UJIAN
Kartu tes sudah lengkap, alat tulis sudah lengkap, lokasi ujian sudah tahu, berdoa sudah, minta restu orang tua sudah, nah apalagi? Kita sudah siap! Bangun pagi-pagi, kenakan pakaian terbaik karena sekali lagi, ini hari besar! Datanglah ke lokasi ujian kalau perlu setengah atau satu jam lebih awal, biar lebih mantap

Sebeum ujian, berdoa dan setting gelombang otak ke alpha lalu beta (yang nggak tahu soal ini, Googling!)

Mutlak: Percayai diri sendiri! Serius! Ingat, sekarang semua orang berjuang untuk dirinya sendiri! Jadi, kalau ada orang yang harus diharapkan, itu pastilah diri kita sendiri! Ini mutlak!

Kalau ada soal yang kalian ragu-ragu jawabannya apa, LEBIH BAIK DIKOSONGKAN! Ingat, Sipenmaru, eh SNMPTN pakai sistem minus, setiap jawaban yang salah akan menjadi pengurangan poin. Jawab soal yang kalian yakin dengan jawaban! Ini juga mutlak! Kalau saya waktu UMB Unhas, hanya mengisi 5 nomor soal matematika dan alhamdulillah lulus pilihan pertama

Oke, jika sudah tinggal menunggu hasilnya. Proses yang baik pasti akan memberikan hasil yang baik pula.
Oke, itu dulu tipsnya, semoga berguna bagi kalian semua. SUKSES SNMPTN untuk masa depan yang cerah! Ya'eeehhhh!
(Kalian juga bantu doa dong, supaya nilai final juga optimal, kalau perlu maksimal biar bisa merasakan IP 3,8! Atau 4,0 lah. Hehe)

Wassalam

2 comments

  1. Sipenmaru? Saya lebih setuju Odotijar ^^ kemudian Upekmandi (jangan tanya kenapa)

    oh ya, satu lagi tips :

    Jaga kesehatan, jangan konsumsi makanan berbahaya seperti : beling, nasi basi, atau sambel terasi sebelum ujian.

    ReplyDelete
  2. hahahhahaha....

    untung saya sudah lolos seleksi ini....

    salam kenal ya buat kamu...

    ReplyDelete