Blogilicious Fun Makassar

Seperti orang tidak teladan dan tidak patut dicontoh lainnya, saya datang terlambat ke event IdBlogilicious: Blogilicious Fun Makassar tempo hari. Tapi jangan berpikir negatif dulu, Teman! Karena ini terlambat yang baik, terlambat yang beralasan. Saya terkambat soalnya saya menyempatkan diri ikutan seminar nasional dulu di kampus. Alasan yang InsyaAllah bisa diterima dan dimaafkan, Iya tidak? Tahukah bahwa Terlambat yang tidak baik adalah terlambat yang tidak beralasan? Tapi yang terbaik, tentu saja tidak terlambat.


Suasana ramai IdBlogilicious. Ruang PKP Unhas.
Jika belum tahu soal event IdBlogilicious ini, Jangan Galau! Karena saya adalah blogger yang baik hati dan cukup tampan, melalui postingan ini akan saya ceritakan sendikit mengenai event yang diadakan tanggal 21 - 22 Mei ini. Stay tune, Man!
Jadi, ini adalah sebuah event gathering sesama blogger yang bertempat di gedung PKP kampus Unhas kemarin. Sebuah acara kumpul-kumpul, kerennya sih acara tudang sipulung sesama blogger yang diselenggarakan oleh IdBlogNetwork bekerjasama dengan ad-positive, FLeXI, Berniaga.com, OSK188, C2, wonderful Indonesia, dan tidak ketinggalan Komunitas Blogger Makassar kebanggan kita bersama: Anging Mammiri *tepuktanganduludong*

Karena saya datang terlambat, saya memiliki kesempatan memilih tempat duduk yang tentu terbatas. Hampir seluruh tempat duduk yang strategis kini telah dihuni oleh pinggul-pinggul yang datang lebih awal. Akhirnya saya duduk di belakang dengan sudut pandang yang sangat terbatas dan turut pula didukung dengan postur tubuh yang ASIA (baca: mini) banget. Oh, Miris. Sebenarnya ada tempat duduk yang lebih strategis dan nyaman di depan sana, sudut pandang lebar didukung oleh sofa yang nyaman tepat di depan baliho event, namun niat saya memilihi tempat duduk itu saya urungkan saja karena ternyata itu adalah tempat duduk untuk pemateri di panggung.

Berbagai macam dan bentuk manusia yang menghadiri event ini. Ada yang kurus, ada juga yang kurus sekali. Ada yang tampan, ada juga yang tampan sekali (semoga saya termasuk ke dalam golongan yang kedua). Yang menarik, usia partisipan yang beragam, Yang masih sangat muda belia unyu-unyu yang baru lulus SMA ada, yang dewasa unyu-unyu yang sudah bertahun-tahun lulus SMA juga ada, mendominasi malah! Saya kagum juga melihat semangat mereka. Satu hal yang paling menarik, lebih dari ratusan orang dengan bentuknya masing-masing ini memiliki satu kesamaan pasti: Kami (baca: kita) semua blogger! Ratusan orang dengan latar belakang berbeda-beda namun menyimpan minat yang sama: Blogging. Iya, Blogging. Sekali lagi, Blogging! Blogging sampai Blogging!

Ada sebuah perasaan bahagia sendiri jika kita bertemu dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama dengan kita. Itu yang saya rasakan. Rasanya senang sekali berkumpul dengan orang-orang para penggiat web-blog di Makassar yang jumlahnya ternyata... Ratusan? Lebih!

Di sini, peserta dibekali materi seputaran Blogging yang InsyaAllah mencerahkan, tidak menyesatkan, terbukti dari pencapaian di dunia blogging oleh pematerinya langsung. Sekilas seperti kuliah dibumbui diskusi yang interaktif dan tentu menarik. Oke, melalui postingan ini akan saya ceritakan beberapa materi yang dibawakan (Judulnya saja yah! Kalau mau materi lengkapnya makanya datang dong! Bermanfaat dan seru sekali loh! *tepuktanganlagidong*). Nah, materinya itu ada social webblogging, etika nge-blog (jangan salah, blogging juga ada etikanya!), blog themes, SEO (yang sukses bikin otak mumet. Sudah lebih dua tahun blogging tapi jarang mempedulikan SEO), ada juga blogging security, dan lain-lain lah pokoknya.

Nah, Salah satu materi yang paling menarik bagi peserta adalah materi yang dibawakan oleh Pak Asri Tadda, owner AstaMedia Grup. Tentang Blog dan wirausaha. Bayangkan! Menggabungkan hobi blogging dengan berwirausaha yang profitable dan terbukti! Menggiurkan. Bayangkan lagi, Men! Lewat bisnis online, Pak Asri Tadda bisa mengeruk (kayak sumur saja dikeruk!) dollar dalam angka ribuan! Hayo, siapa di antara kalian yang tidak tergiur?! *sambilmengelapairliur*
Pak Asri Tadda dengan Materi Blogpreneur

Sebagian besar peserta yang menghadiri acara ini kayaknya memang berniat untuk belajar blogpreneur, dan kayaknya acara ini memang bertujuan ke arah situ. Yah, harapan saya IdBlogNetwork yang memprakarsai event ini dapat menjadi langkah awal untuk blogger-blogger baru maupun lama untuk terjun dalam dunia bisnis online. Kalau tadi saya bilang “blogger baru dan lama”, yap! IdBlogNetwork membuka kesempatan yang sangat besar loh untuk para blogger profesional maupun pemula tanpa pandang pagerank! Jangankan Pagerank 1, pagerank masih 0 (baca: Nol, Kosong, Sekali lagi: Nol) juga memiliki kesempatan yang sama untuk diterima sebagai member! Luar Biasa kan? Keuntungan jadi member? Salah satunya, kalau beruntung bisa dapat job-review, kita nge-review suatu produk dan #CHACING, masuklah rupiah ke rekening kita. Jadi tunggu apalagi? Segera bikin blog untuk yang belum punya, segera benahi blog bagi yang sudah punya, dan untuk yang sudah siap, tunggu apalagi?! Segera ke situs IdBlogNetwork sekarang!

Loh, kok masih di sini? Ayo ke situsnya dulu! Kalau alamatnya ribet klik saja di sini. Paling tidak liat-liat dulu lah! Kalau merasa cocok, silahkan daftar!

Selain blog monetizing-monetizing-an, SEO-SEO-an, dan materi lain yang kelihatannya agak berat itu (Makanya datang biar bisa tahu lebih banyak. *kabur ah sebelum digebukin*) yang sekaligus menggiurkan itu, Tahukah kalian apa yang paling menarik bagi saya sewaktu even ini? (backsound: bunyi drum gedipak-gedipak dum dum, cesss)

Saya akhirnya bertemu langsung dengan teman-teman yang saling kenal lewat blog.
Meskipun baru pertama kali bertemu di dunia nyata, kami layaknya kawan baik yang bertemu kembali setelah sekian lama. Betulan! Itu karena blog! Karena rajin saling baca update-an, kayaknya kami benar-benar sudah saling mengenal sedari dulu, padahal baru bertemu di event ini. Aneh tapi memang begitulah kenyataannya. Tidak ada rasa canggung-canggung lagi!

Mbak Rika dari IdBlogNetwork bagi-bagi job review
Beberapa dari mereka yang sempat hadir antara lain (kenapa langsung jadi kayak isi makalah ini kalimatnya?), kalau blogger senior itu ada Bang Amril, Mbak Ajengkol, Pak Asri Tadda, Bang Mustamar, Mas Gempur, ada juga Mbak Nanie, dan blogger-blogger lain yang kalau dituliskan bisa-bisa postingan ini kekurangan karakter (meski kalimat ini agak sengaja dibuat lebay, tapi serius, blogger yang datang memang banyak sekali).







Beberapa Agang Blogger yang sempat foto bersama
Nah, kalau blogger-blogger muda belia itu ada Alvidha Septianingrum (Kalau yang ini mah setiap hari ketemunya, lha satu jurusan di kampus! Teman blogging yang paling sering me-mention saya di blognya nih. Bangga? Bangga dong!), ada juga Fahmy Ziddiq (Fahmy), Nur Rahmah Makmur (Nunuu Cummii'), Abdul Maghfir (Apphie’ Choepoe), nah kalau mereka bertiga ini junior saya di SMAN 5 Makassar, gaulnya sih Smunel. Tapi karena beda tiga angkatan, mereka ndak punya kesempatan emas lihat saya pakai seragam putih abu-abu. Hehe. Oh iya, sebagian postingan ini diketik pakai netbooknya Apphie’. Tenang, Appie', kamu akan kebagian bonus kalau saya dapat hadiah Samsung Galaxy Mini! Haha.
Masih ada lagi blogger lain, ada si Bizwud Fanani sang empunya blog Bizwud.com, ada juga Rahma Nazeer. Okeh, teruntuk seluruh blogger yang saya sebutkan namanya di sini, mohon maaf jika penulisan nama dan gelar tidak sesuai, maklum kita kan jarang ketemu, dan untuk blogger yang tidak sempat saya tuliskan namanya, mohon jangan tersinggung. Habis kalian banyak sekali!

Ternyata aslinya mereka lebih menyenangkan dan lebih cakep daripada fotonya. Mereka membuat saya kagum karena keunikan masing-masing yang menjadikan blogging memang sebagai hobi, konten yang unik dan original, aseli bukan kopi-paste-an dan yang pasti, bukan Auto Generated Content! Oh, bukan AGC! Melalui, postingan ini, Izinkan saya menyebut mereka sebagai HeartBlogger: Blogger-blogger yang blogging with love. Asyik.

Saya mewakili pribadi ingin berterimakasih kepada IdBlogNetwork yang memberikan kami kesempatan untuk merasakan pengalaman yang luar biasa ini. Untuk Mbak Rika, Mas Kukuh Tw, dan jajarannya di IdBlogNetwork, sukses terus untuk IBN. Semoga event Blogilicious Fun Makassar ini bisa jadi langkah awal untuk peserta yang berniat terjun ke dunia blogging dan kita doakan sama-sama semoga IdBlogNetwork bisa menjadi langkah awal namun besar untuk kemajuan blogger-blogger Indonesia yang berkualitas.

Tak lupa pula saya sampaikan terimakasih (kenapa langsung kayak bahasa pidato ini?) untuk seluruh panitia yang memberikan kami kesempatan untuk bertegursapa dan menjalin silaturrahmi dengan para blogger Makassar, komunitas-komunitas Blogger (yang melalui event ini juga saya baru tahu kalau ternyata komunitas blogger itu ndak Cuma lokalan, ternyata ada komunitas blogger ASEAN!). Benar-benar Delicious dan Fun! Senang sekali bisa menjalin hubungan yang erat secara emosional sesama blogger, event blogilicious telah memberikan kami kesempatan untuk berbagi tawa secara langsung tatap muka. Sesuatu yang tidak dapat diukur dengan google pagerank dan alexarank. Hehe. Terimakasih, event Blogilicious! Sampai jumpa lagi.


Bonus: Foto-foto Ekstra Event. Silahkan Klik Spoilernya!

5 comments

  1. mantap bro... semoga anak kosmik yang dapat ini lomba hehehe...

    ReplyDelete
  2. hehe tanggal 11-12 Juni bakalan ada di Jogja
    Fridi ikut ah, moga aja enggak jauh dari kost muahaha :)

    ps: makanannya enak enggak?

    ReplyDelete
  3. @Risman: Haha. Thanks, gan. Yo'i. Blogger Kosmik hebat-hebat ji.

    @Fridi: Musti datang, Sis :)
    Makanannya? Jangan ditanya!!
    Enak tidak meragukan.. Hahah

    ReplyDelete
  4. waaahhhhh....kemaren temen saya yang anak unhas ada yang sempet ngajakin buat ikutan, tapi saya ogahan, kalo tau rame kayak gitu mah, jadi nyesel kaga ikutan.. :(

    ReplyDelete
  5. @Opi: Wah, sayang sekali.
    Padahal rame dah! Dijamin nggak nyesel. MAkanannya enak dan banyak pula :D

    ReplyDelete